Sukses

Badan Antariksa Eropa Puji Pencapaian Misi Ruang Angkasa India ke Bulan

Pencapaian India di bidang ruang angkasa dan khususnya dalam eksplorasi Bulan dipuji oleh ESA.

Liputan6.com, Paris - Direktur Jenderal Badan Antariksa Eropa (ESA), Josef Aschbacher, memuji Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (ISRO) atas keberhasilan peluncurannya baru-baru ini.

Pihaknya mengatakan bahwa pencapaian India di bidang ruang angkasa dan khususnya dalam eksplorasi Bulan sungguh 'menakjubkan', dikutip dari laman Dailyhunt, Selasa (2/4/2024).

Aschbacher memposting postingan apresiasi di X, setelah ESA menjadi tuan rumah pertemuan Dewan ke-323 di Paris yang dihadiri oleh Ketua ISRO, S Somanath.

Negara-negara Anggota ESA bertemu di Paris, Prancis, untuk sesi ke-323 Dewan ESA pada tanggal 26 dan 27 Maret 2024.

Ilmuwan Eropa ini juga menggarisbawahi bahwa pentingnya memperkuat hubungan dan memperdalam kerja sama dengan mitra internasional tidak bisa dianggap remeh.

“Apa yang dicapai India di bidang luar angkasa, terutama dalam eksplorasi Bulan sungguh menakjubkan. Kami menjamu Ketua ISRO, Dr. S. Somanath di Dewan ESA hari ini. Ini merupakan peristiwa penting bagi para delegasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang rencana ESA-ISRO saat ini dan di masa depan," tulisnya di X.

“Pentingnya strategis memperkuat hubungan dan memperdalam kerja sama dengan mitra internasional tidak dapat diremehkan,” tambahnya.

Selain itu, Astronot Thomas Pesquet juga bercerita tentang pertemuan dengan ketua ISRO dan Direktur ESA.

Ia mengatakan bahwa mereka menyaksikan pertukaran antusias antara kedua pemimpin.

"Sangat bangga menyambut ketua ISRO Shri. S. Somanath di Kantor Pusat ESA di Paris kemarin, bersama direktur kami Josef Aschbacher. Pertukaran dan peluang kerja sama antara kedua organisasi. Mari kita melakukan perjalanan bersama ke ruang angkasa bersama!," katanya di X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesuksesan Pendaratan Lunak Chandrayaan-3

India melonjak ke level baru pada tahun 2023 dengan keberhasilan pendaratan lunak Chandrayaan-3 di Kutub Selatan Bulan dan peluncuran Aditya-L1, misi surya pertama India.

Pencapaian-pencapaian ini tidak hanya mengukuhkan posisi India dalam perekonomian antariksa global namun juga menggerakkan sektor antariksa swasta di India.

Pada tanggal 23 Agustus 2023, misi Chandrayaan-3 menciptakan sejarah dengan keberhasilan pendaratan lunak di permukaan Bulan.

India kini menjadi negara pertama yang mencapai Kutub Selatan Bulan yang belum dijelajahi dan termasuk di antara empat negara teratas yang melakukan pendaratan lunak di permukaan Bulan.

 

3 dari 3 halaman

Misi Chandrayaan-3

Chandrayaan-3 adalah misi bulan ketiga India dan upaya kedua untuk mendarat dengan lembut di permukaan bulan.

Ini adalah bagian dari program Chandrayaan, serangkaian misi yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) untuk menjelajahi bulan.

Misi tersebut terdiri dari pendarat bulan Vikram, penjelajah bulan Pragyan, dan modul propulsi yang membawa pesawat ruang angkasa dari orbit Bumi ke orbit bulan.

Selain itu, dalam tonggak sejarah besarnya, India menempatkan misi surya khusus pertamanya, pesawat ruang angkasa Aditya-L1.

Negara ini terkagum-kagum atas pencapaian bersejarah tersebut, terutama karena misi ini dilakukan bersamaan dengan pendaratan India di Bulan, misi Chandrayaan-3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.