Sukses

Hari Piano Sedunia 28 Maret, Simak Sejarah Terciptanya Alunan Musik di Sini

Hari Piano Sedunia diperingati pada tanggal 28 Maret. Yuk, simak sejarahnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - World Piano Day atau Hari Piano Sedunia diperingati pada hari ke 88 setiap tahun, jumlah yang sama dengan tuts piano.

Menurut sejarah Hari Piano, momen ini diperingati pada tanggal 28 Maret dan didirikan oleh sekelompok orang yang berpikiran sama yang bertujuan untuk menciptakan platform bagi proyek-proyek terkait piano untuk mempromosikan perkembangan musik dan berbagi kegembiraan bermain piano.

Mengutip situs nationaltoday, alasan paling utama momen ini diperingati adalah untuk merayakan segala sesuatu yang berhubungan dengan piano seperti pemain, komposer, pendengar, dan sebagainya.

World Piano Day dipelopori oleh Nils Frahm, seorang komposer Jerman dan pertama kali dirayakan pada tahun 2015.

Ide di baliknya adalah untuk merayakan piano di seluruh dunia dengan mengadakan acara, pertunjukan, dan kelas master.

Sejak pertama kali dirayakan, Hari Piano Sedunia telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dengan partisipasi dari para pianis, promotor, penyelenggara, distributor, teknisi, penggemar piano, dan pada dasarnya siapa pun yang terkait dengan instrumen ini.

Sementara itu, Hammered Dulcimers adalah alat musik dawai pertama yang digunakan sejak abad pertengahan di Eropa. 

Setelah beberapa kali mencoba membuat instrumen keyboard berdawai, mekanisme clavichord dan harpsichord dikembangkan pada abad ke-17.

Ketika piano era Mozart mengalami perubahan dari tahun 1790 hingga 1860, struktur instrumen modern pun muncul.

Perubahan ini merupakan hasil dari preferensi komposer dan pianis yang menginginkan suara yang lebih bertenaga dan berkelanjutan.

Seiring berjalannya waktu, rentang nada piano juga ditingkatkan dari lima menjadi tujuh oktaf yang dapat ditemukan pada piano modern.

Hari Piano Sedunia adalah perayaan piano dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Hari ini merayakan musik masa lalu dan mempromosikan evolusinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Hari Piano Sedunia

1700an: Piano Diciptakan

Bartolomeo Cristofori dari Italia menemukan piano pada masanya.

1821: Piano Berkembang

Sébastien Érard menciptakan aksi escapement ganda, yang membuatnya lebih mudah untuk memainkan dan mengulang nada dengan cepat.

2015: Grand Piano Konser Vertikal

Tim Hari Piano Sedunia mengumumkan pembuatan Klavins M450.

2018: Buku Piano

Christian Henson dari Spitfire Audio meluncurkan situs web, 'pianobook.co.uk' yang didedikasikan untuk membuat dan berbagi sampel instrumen secara gratis.

Piano telah ada sejak tahun 1700-an dan menciptakan musik yang indah selama ratusan tahun.

Alat musik rumit ini memiliki jangkauan nada terluas dan dapat memainkan pengiring dan melodi pada saat yang bersamaan dan menjadikannya sebagai alat musik yang lengkap dan mandiri, dan membuat piano mendapat gelar “raja alat musik”.

Penelitian menunjukkan bahwa bermain piano meningkatkan kesehatan mental dan orang yang bermain piano cenderung mengalami lebih sedikit kecemasan dan depresi.

Bermain piano beberapa menit juga dapat meningkatkan harga diri dan membuat Anda merasa lebih positif juga.

3 dari 4 halaman

Hal yang Bisa Dilakukan saat Hari Piano

Hari ini tidak hanya merayakan piano dan pianis. Hal ini memberikan kapresiasi atas kontribusi yang diberikan para komposer terhadap dunia musik dan produsen instrumen, yang merupakan bagian dari evolusi instrumen.

Pada hari ini, para pianis dapat merayakannya dengan memainkan karya indah di piano mereka.

Tidak ada alasan untuk tidak mulai mempelajari karya baru yang sudah lama diidam-idamkan.

Jika kamu adalah seseorang yang selalu bermimpi bermain piano tetapi belum pernah memiliki kesempatan untuk melakukannya, inilah kesempatan kamu untuk mempelajari piano.

Berkomitmenlah untuk mempelajari cara bermain piano dengan memulai pelajaran pemula di internet dan, jika minat berkembang, coba daftar di kelas piano profesional.

Selain itu, untuk merayakan hari piano ini kamu bisa meluangkan waktu untuk menikmati musik klasik.

Kamu bahkan dapat menghadiri konser dan mengundang teman dan keluarga Anda untuk ikut serta dalam perayaan tersebut.

4 dari 4 halaman

5 Fakta Tentang Piano

1. Instrumen lembut dan keras

Piano pertama kali disebut 'gravicembalo col piano e forte', yang diterjemahkan menjadi “harpsichord yang lembut dan keras”.

2. C tengah bukanlah tengah

Tepatnya bagian tengah keyboard piano bukanlah bagian tengah C, melainkan jarak antara E dan F di atas bagian tengah C.

3. Mesin yang rumit

Ada 12.000 bagian yang membentuk sebuah piano dan 10.000 di antaranya bergerak.

4. Piano termahal

Penghargaan ini diberikan kepada piano galaxy yang dibandrol dengan harga 1,36 juta dollar atau sekitar Rp 21 miliar, karena bodynya terbuat dari emas 24 karat.

5. Begitu banyak tegangan

Setiap senar pada piano biasanya memiliki tegangan sekitar 168 pon atau sekitar 76 kg dan sebagian besar piano memiliki tegangan total sekitar 18-20 ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.