Sukses

Menlu Inggris: Selamat kepada Presiden Terpilih Indonesia Prabowo

Dengan perolehan suara 96.214.691 dari total keseluruhan suara sah sebanyak 164.227.475, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sah ditetapkan sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris David Cameron mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024.

"Selamat kepada presiden terpilih @Prabowo atas kemenangan Anda dalam Pemilu Presiden Indonesia. Hubungan Inggris/Indonesia merayakan hari jadinya ke-75 tahun ini dan kami berharap dapat mengembangkan kemitraan strategis sejati pada tahun-tahun mendatang," tulis Menlu Cameron di platform X alias Twitter pada Kamis (21/3).

Ucapan selamat kepada Prabowo juga disampaikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey.

Melalui video singkat yang diterima Liputan6.com, Dubes Dominic mengatakan, "Menyusul pengumuman KPU (Komisi Pemilihan Umum), Saya ucapkan selamat kepada presiden terpilih Bapak Prabowo yang telah memenangkan pemilu 2024. Sebagaimana yang disampaikan Perdana Menteri Rishi Sunak dalam surat ucapan selamatnya, kami siap meningkatkan kemitraan Indonesia dan Inggris di tahun-tahun mendatang."

Selain itu Dubes Dominic juga mengucapkan selamat kepada para calon legislatif (caleg) yang terpilih.

"Selamat menjalani tugas, melayani rakyat Indonesia secara profesional dan penuh integritas," ujarnya.

"Inggris berdiri bersama Indonesia untuk membela nilai-nilai demokrasi kita."

Dengan perolehan suara 96.214.691 dari total keseluruhan suara sah sebanyak 164.227.475, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sah ditetapkan sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pilpres 2024. Hal tersebut diumumkan KPU RI setelah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara pada Rabu (20/3) malam.

Adapun, pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ditetapkan KPU meraih 40.971.906 suara. Sementara itu, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Xi Jinping atas Kemenangan Prabowo

Presiden China Xi Jinping turut merespons kemenangan Prabowo-Gibran dengan ucapan selamat pada Rabu.

"Menggarisbawahi China dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat secara tradisional, Xi Jinping mengatakan bahwa dengan upaya bersama kedua belah pihak, perkembangan hubungan bilateral telah berada pada jalur cepat dengan semakin terkonsolidasinya rasa saling percaya, sinergi strategi pembangunan yang semakin mendalam, dan kerja sama saling menguntungkan," ungkap laporan kantor berita Xinhua mengutip pernyataan Xi Jinping.

"Kedua belah pihak telah membuka babak baru dalam membangun komunikas China-Indonesia dengan masa depan bersama."

Presiden Xi Jinping menambahkan bahwa dia sangat mementingkan perkembangan hubungan China-Indonesia dan berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih Prabowo untuk mencapai prestasi yang lebih besar dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama dan memberikan contoh solidaritas dan koordinasi untuk pembangunan bersama di antara negara-negara berkembang besar, sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan memberikan dorongan yang kuat bagi kemakmuran dan stabilitas regional dan global.

3 dari 3 halaman

AS Menantikan Kemitraan Erat dengan Pemerintahan Prabowo

Ucapan selamat juga datang dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Rabu.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum," sebut Menlu Blinken dalam pernyataan tertulisnya yang dirilis Kedutaan Besar AS di Jakarta seperti diterima Liputan6.com pada Rabu malam.

Menlu Blinken menambahkan, "AS dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme. Sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, kita bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita."

"Kami menantikan untuk bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini