Sukses

PM Benjamin Netanyahu Tolak Permohonan Joe Biden Agar Israel Tak Serang Rafah, Bertekad Musnahkan Batalion Hamas

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak permohonan Joe Biden untuk membatalkan rencana serangan darat ke Rafah. Ini alasannya.

Liputan6.com, Gaza - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak permohonan Joe Biden untuk membatalkan rencana serangan darat ke Rafah, tempat perlindungan terakhir di Gaza bagi lebih dari satu juta pengungsi, di mana Israel yakin militan Hamas bersembunyi.

PM Benjamin Netanyahu mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Selasa (19/3/2024) bahwa ia telah menyatakan dengan “sangat jelas” kepada presiden AS "bahwa kami bertekad untuk menyelesaikan pemusnahan batalion-batalion ini di Rafah, dan tidak ada cara untuk melakukan itu kecuali dengan melakukan operasi militer darat".

Kedua pemimpin negara Israel-AS itu berbicara melalui telepon pada hari Senin (18/3). Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan Washington percaya bahwa penyerbuan Rafah akan menjadi sebuah "kesalahan" dan bahwa Israel dapat mencapai tujuan militernya dengan cara lain.

Pejabat AS dan Israel kemungkinan akan bertemu awal pekan depan di Washington untuk membahas operasi militer Israel di Rafah, kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada hari Selasa (19/3), mengutip kekhawatiran mendalam tentang laporan kelaparan yang akan segera terjadi di Gaza.

Jean-Pierre mengatakan Joe Biden telah meminta Netanyahu untuk mengirim tim senior yang terdiri dari pejabat militer, intelijen, dan kemanusiaan ke Washington untuk diskusi komprehensif dalam beberapa hari mendatang.

Washington telah meluncurkan dorongan diplomatik baru untuk melakukan gencatan senjata dalam perang yang telah berlangsung hampir enam bulan, untuk membebaskan sandera dan memberikan bantuan pangan guna menangkal kelaparan di daerah kantong Palestina.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengumumkan perjalanan ke Timur Tengah di mana ia akan bertemu dengan para pemimpin senior Mesir dan Arab Saudi untuk “membahas arsitektur yang tepat untuk perdamaian abadi”. Tidak seperti biasanya, Blinken tidak menyebutkan kunjungannya ke Israel, dan Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan pihaknya belum menerima pemberitahuan untuk mempersiapkan kunjungan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Memprihatinkan Gaza dan Serangan Israel

Pada Selasa (19/3) malam, serangan udara Israel di sebuah bundaran besar menewaskan 30 orang dari kelompok yang dibentuk oleh klan lokal untuk mengamankan masuknya truk bantuan ke Kota Gaza, kata media Hamas. Hamas mengecam serangan terhadap kelompok yang melindungi truk bantuan sebagai upaya untuk "menyebarkan kekacauan dan anarki keamanan".

Sementara di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah, serangan udara Israel yang menargetkan bangunan tempat tinggal tiga lantai menewaskan sedikitnya 15 orang, dan beberapa diyakini terjebak di bawah reruntuhan, kata pejabat kesehatan Palestina.

Pasukan Pertahanan Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai serangan udara tersebut.

Di Rafah, para penyintas yang kebingungan berjalan melewati reruntuhan sebuah rumah pada Selasa pagi, salah satu dari beberapa bangunan yang terkena serangan udara Israel semalam yang menewaskan 14 orang di kota tersebut, di mana lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk Gaza terpaksa mengungsi ke wilayah selatan pagar perbatasan dengan Mesir.

Di kamar mayat rumah sakit terdekat, para kerabat meratap di samping mayat-mayat yang tergeletak di jalan berbatu. Seorang wanita membuka kain kafan kecil yang berlumuran darah untuk memperlihatkan wajah seorang anak laki-laki, sambil mengayun-ayunkannya ke depan dan ke belakang dalam pelukannya.

"Ada dukungan AS, dukungan Eropa, dan dukungan seluruh dunia untuk Israel, mereka mendukung mereka dengan senjata dan pesawat," kata salah satu pelayat, Ibrahim Hasouna.

“Mereka mengejek kami dan mengirimkan empat atau lima tetes (bantuan) hanya untuk menyelamatkan muka mereka.”

Perang tersebut dipicu ketika pejuang Hamas menyeberang ke Israel dan mengamuk pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang, menurut penghitungan Israel.

Hampir 32.000 orang dipastikan tewas dalam serangan balasan Israel, menurut pejabat kesehatan Palestina, dan ribuan lainnya dikhawatirkan hilang di bawah reruntuhan.

 

3 dari 4 halaman

Kekurangan Pangan di Gaza Telah Jauh Melampaui Tingkat Kelaparan

Pemantau kelaparan internasional IPC, yang diandalkan oleh PBB, mengatakan pada hari Senin (18/3) bahwa kekurangan pangan di Gaza telah jauh melampaui tingkat kelaparan, dan warga Gaza akan segera mati kelaparan pada tingkat kelaparan tanpa adanya gencatan senjata.

Israel, yang pada awalnya hanya mengizinkan bantuan melalui dua pos pemeriksaan di tepi selatan Gaza, membantah bersalah atas kelaparan di wilayah tersebut dan mengatakan pihaknya sudah membuka rute baru melalui darat, laut, dan udara.

Dikatakan bahwa PBB dan lembaga bantuan lainnya harus berbuat lebih banyak untuk mendatangkan makanan dan mendistribusikannya. PBB mengatakan hal ini tidak mungkin terjadi tanpa akses dan keamanan yang lebih baik, yang keduanya merupakan tanggung jawab Israel.

"Besarnya pembatasan yang dilakukan Israel terhadap masuknya bantuan ke Gaza, dan cara Israel terus melakukan permusuhan, mungkin sama saja dengan menggunakan kelaparan sebagai senjata perang, yang merupakan kejahatan perang,” kata Juru bicara kantor Hak Asasi Manusia PBB Jeremy Laurence.

4 dari 4 halaman

Pembicaraan Damai Berlanjut di Qatar

Adapun perundingan gencatan senjata dilanjutkan minggu ini di Qatar setelah Israel menolak usulan balasan Hamas minggu lalu. Delegasi Israel yang dipimpin oleh kepala mata-mata negara itu melakukan perjalanan ke Qatar pada hari Senin, meskipun seorang pejabat Israel mengatakan Israel yakin perjanjian apa pun akan memakan waktu setidaknya dua minggu untuk dipatahkan.

Kedua belah pihak telah membahas gencatan senjata selama enam minggu yang akan membebaskan sekitar 40 sandera Israel sebagai imbalan atas ratusan tahanan Palestina dan bantuan akan disalurkan ke Jalur Gaza.

Namun mereka belum mempersempit perbedaan mengenai apa yang akan terjadi setelah gencatan senjata tersebut, dengan Israel mengatakan bahwa pihaknya hanya akan melakukan negosiasi untuk menghentikan sementara pertempuran, dan Hamas mengatakan bahwa pihaknya tidak akan melepaskan sandera tanpa rencana yang lebih luas untuk mengakhiri perang.

Seorang pejabat Palestina yang dekat dengan perundingan mediasi mengatakan kepada Reuters bahwa babak baru di Qatar diperkirakan akan berlangsung "sangat sulit", dan menuduh Israel sengaja mengulur waktu.

Hamas mengatakan seorang komandan senior polisi tewas di Distrik Jabalia di Gaza utara, bersama istri dan anak-anaknya, dalam serangan udara semalam, pejabat senior polisi kedua tewas dalam dua hari setelah seorang lainnya tewas dalam serangan Israel di RS Al-Shifa Kota Gaza.

Kepala polisi ketiga tewas dalam serangan udara Israel terhadap sebuah mobil di Al-Nuseirat, Gaza tengah pada Selasa (19/3) malam, media Hamas melaporkan. Lima orang tewas dalam serangan itu, termasuk anak-anak, kata pejabat kesehatan Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.