Sukses

Rekor Orang Tercepat di Dunia, Pelari 100 Meter hingga Pemain Kubus Rubik

Mendapatkan rekor tercepat dalam berbagai bidang olahraga tentu saja bukan hal yang mudah, diperlukan banyak latihan untuk mendapatkan prestasi-prestasi dalam bidang olahraga. Ini dia, atlet-atlet yang pernah mendapat atlet tercepat di bidangnya

Liputan6.com, Missouri - Memegang rekor sebagai orang tercepat dalam suatu bidang, baik dalam olahraga maupun keterampilan, adalah pencapaian luar biasa.

Tidak sembarang orang dapat meraih gelar tersebut. Para pemegang rekor harus melewati banyak perjuangan dan latihan berkelanjutan untuk mencapai status ‘orang tercepat’ dalam bidang tertentu.

Dengan usaha yang keras dan latihan terus menerus akan mendekatkan atlet menuju kemenangan yang diinginkan.

Berikut beberapa individu hebat yang berhasil meraih gelar tercepat dalam berbagai disiplin olahraga, melansir dari beragam sumber, Selasa (19/3/2024):

1.  Usain Bolt, Rekor Orang Tercepat Berlari 100 meter

Usain Bolt menari bersama wanita-wanita cantik usai menjuarai kejuaraan atletik lari 100m Diamond League di Stadium Louis II, Monaco, (21/7). Usain Bolt mencatat waktu 9,95 detik dalam kejuaraan tersebut. (AFP Photo/Yann Coatsaliou)

Usain Bolt, atlet lari cepat asal Jamaika, telah memenangkan medali emas dalam lomba 100 meter dan 200 meter dalam tiga olimpiade berturut-turut, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ia secara luas dianggap sebagai sprinter terhebat sepanjang masa. Bolt mencatat banyak rekor dunia, termasuk memenangkan kejuaraan dunia 100 meter pada tahun 2009 dengan waktu 9,58 detik

Bolt lahir pada tanggal 21 Agustus 1986 di Sherwood Content, Jamaika. Dia tumbuh sebagai anak yang terobsesi dengan olahraga, mahir dalam sepak bola dan kriket.

Dilansir dari Olympics.com, di sekolah menengah, pelatih kriketnya mendorongnya untuk mencoba atletik dengan serius. Itu adalah saran yang tepat baginya. Pada usia 16 tahun, di  tahun 2002, dia menjadi juara dunia junior.

Pada tahun 2007, Usain Bolt menjadi orang tercepat dalam sejarah, mencetak rekor dunia 100m pertamanya, dan setahun kemudian, di Olimpiade Beijing 2008, ia menjadi bintang internasional.

Di Tiongkok, Bolt meraih kemenangan di nomor sprint 100m putra, dan kemudian menambah gelar juara 200m dan 4x100m untuk mengamankan triple legendaris. Dia memecahkan rekor dunia di ketiga acara tersebut.

"Saya berhenti mengkhawatirkan awalnya. Yang penting adalah akhir.” jelasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cesar Cielo Filho, Rekor Orang Tercepat Renang 50 Meter Gaya Bebas

Setelah pindah ke Amerika Serikat pada usia 18 tahun untuk berlatih di Auburn University, César Cielo Filho dengan cepat menjadi sprinter gaya bebas tercepat di dunia.

Meskipun tidak berhasil meraih podium di Kejuaraan Dunia 2007, ia mencatat prestasi di Olimpiade Beijing. Pertama, ia finish ketiga dalam lomba 100 meter gaya bebas (dalam hasil imbang dengan Jason Lezak), sebelum akhirnya memenangkan lomba 50 meter gaya bebas dengan waktu yang hampir mencatat rekor dunia.

Pada Kejuaraan Dunia 2009 di Roma, Cielo berhasil meraih double sprint (50 dan 100 meter), dan mencatat rekor dunia dalam lomba 100 meter.

Dilansir dari Olympics.com, Senin (18/3) waktu 46,91 detik yang dicatat oleh Cielo menjadi waktu resmi pertama di bawah 47 detik, karena waktu 46,94 detik milik Alain Bernard sebelumnya tidak diakui.

Pada tahun yang sama, sebelum pakaian renang super cepat berbahan poliuretan dilarang, Cielo juga memperbaiki rekor dunia 50 meter gaya bebas menjadi 20,91 detik.

Setelah meraih dua gelar lagi di Kejuaraan Pendek 2010, Cielo menjadi berita utama pada tahun 2011 karena gagal dalam tes doping.

Pada Mei 2011, ia dinyatakan menggunakan furosemide (diuretik dan agen penyamar potensial). Cielo membantah menggunakan zat tersebut untuk meningkatkan performa, dengan alasan kontaminasi silang dari suplemen kafein.

Penjelasan ini, sesuai dengan peraturan FINA, mengakibatkan peringatan, dan hal ini dikonfirmasi dalam putusan Pengadilan Arbitrase Olahraga, meskipun banyak kebingungan dan kemarahan dari pesaing lainnya.

Tanpa terpengaruh, Cielo melanjutkan untuk mempertahankan gelar 50 meter gaya bebas di Kejuaraan Dunia 2011, dan juga memenangkan lomba 50 meter gaya kupu-kupu.

Pada akhir tahun, ia menambah empat medali emas ke koleksi medali Pan American Games-nya, yang sebelumnya sudah memiliki tiga emas dan satu perak dari tahun 2007.

3 dari 4 halaman

3. Victor Campenaerts, Rekor Orang Tercepat Bersepeda Dalam Satu Jam

Union Cycliste Internationale (UCI) mengucapkan selamat kepada Victor Campenaerts atas Rekor Jam UCI barunya yang luar biasa yang dicatatkan oleh Tissot sejauh 55.089 km, yang ia cetak di Velodromo Bicentenario di Aguascalientes (Meksiko), yang terletak 1.800 meter di atas permukaan laut.

Pembalap Belgia, yang membalap untuk tim Lotto-Soudal UCI WorldTour, mencapai total 563 meter lebih banyak dari yang berhasil dicapai Bradley Wiggins dalam mencatat rekor sebelumnya yaitu 54.526 km di Lee Valley Velo Park di London (Inggris) pada 7 Juni 2015.

Dengan pencapaian terbaru ini, pebalap yang kala itu berusia 27 tahun, mengukuhkan statusnya sebagai salah satu eksponen terdepan di dunia dalam balapan melawan waktu. Seperti yang dilansir dari UCI.

Peraih medali perunggu time-trial Elite Putra di belakang Rohan Dennis (AUS) dan Tom Dumoulin (NED) pada Kejuaraan Dunia Jalan UCI tahun lalu di Innsbruck, Austria, Campenaerts adalah eksponen terkemuka Eropa dalam acara tersebut, setelah memenangkan gelar kontinental berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018.

Sejak tampil di Innsbruck, juara bertahan Belgia ini memfokuskan upayanya untuk mempersiapkan UCI Hour Record yang diatur waktunya oleh Tissot.

Setelah uji coba di Vélodrome Suisse di Granges, Swiss, ia melakukan perjalanan ke Namibia selama dua bulan untuk pelatihan ketinggian. Dia kemudian mengambil bagian dalam Tirreno-Adriatico pada 13-19 Maret, satu-satunya balapan awal musim dan acara UCI World Tour yang terdiri dari time trial tim pada hari pembukaan dan time trial individu pada hari terakhir. 

4 dari 4 halaman

4. Max Park, Rekor Orang Tercepat dalam Menyelesaikan Kubus Rubik 3x3x3

Saat masih remaja, Max Park tidak bisa membuka tutup botol air, apalagi mencoba memecahkan kubus Rubik.

Dia tidak memiliki keterampilan motorik halus, salah satu gejala autismenya.

Kini, pada usia 21 tahun, Max bisa menyelesaikan kubus Rubik dalam waktu lebih singkat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca kalimat ini.

Dilansir dari npr, penduduk asli Cerritos, California ini mencetak rekor dunia baru untuk waktu kubus Rubik 3x3x3 tercepat, dengan waktu 3,13 detik, pada 11 Juni 2023 di sebuah kompetisi di California Selatan.

Dia mengejutkan komunitas speedcubing, mereka yang bersaing untuk memecahkan teka-teki yang berbelit-belit dengan cepat.

“Ini adalah rekor fantastis,” kata Matthew Dickman, delegasi senior untuk Amerika Serikat dan Kanada di World Cube Association, badan pengatur yang mengawasi kompetisi speedcubing resmi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini