Sukses

Wanita Korea Ini Viral Lagi, Hemat Rp1,1 Miliar Berkat Hidup Frugal Ekstrem

Seorang wanita Korea Selatan berusia 25 tahun telah mencuri perhatian karena komitmennya untuk menghemat gajinya dengan mengeluarkan uang sesedikit mungkin.

Liputan6.com, Seoul - Seorang wanita Korea Selatan berusia 25 tahun telah mencuri perhatian karena komitmennya untuk menghemat gaji dengan mengeluarkan uang sesedikit mungkin. Menerapkan gaya hidup Extremely Frugal (frugal ekstrem).

Ji-Hyeon Kwak, menjadi viral pada 2022 lalu ketika dia pertama kali menjadi berita utama di negara asalnya Korea Selatan setelah tampil di program televisi populer SBS 'Master of Living'.

Pada saat itu, ia menjadi orang termuda di Korea Selatan yang memenangkan langganan apartemen, suatu prestasi yang cukup besar mengingat peluang yang biasanya dihadapi kaum muda disebabkan oleh cara kerja sistem tersebut, mengutip dari Odditycentral.com, Senin (18/3/2024). 

Masyarakat Korea Selatan didorong untuk menyimpan uang di rekening tabungan untuk meningkatkan peluang mereka, dan sebagian besar masyarakat berusia 24 tahun tidak memiliki tabungan yang signifikan.

Tapi Ji-Hyeon Kwak bukanlah wanita biasa. Dia berhasil menghemat 100 juta won ($75.000) atau sekitar Rp 1,1 miliar dalam empat tahun, dengan gaji rata-rata 2,2 juta won atau Rp 25 juta per bulan.

Ji-Hyeon Kwak kembali menjadi viral beberapa minggu lalu, setelah mengumumkan bahwa dia telah menabung 100 juta won atau sekitar Rp 1,1 miliar lagi dalam dua tahun terakhir dan memposting tangkapan layar rekening tabungannya yang menunjukkan lebih dari 200 juta won yang jika dirupiahkan sebesar Rp2,3 miliar. 

Setelah melakukan teknik penghematan uang secara ekstrem, dia mampu menghemat jumlah uang yang sama seperti yang dia lakukan dalam empat tahun hanya dalam separuh waktu.

Wanita asal Korea Selatan ini mengatakan kepada pengikut media sosialnya bahwa mengetahui betapa kerasnya dia harus bekerja untuk menabung 100 juta won pertama dalam 4 tahun, dia khawatir tentang upaya yang diperlukan untuk melipatgandakan tabungannya, namun ia mengungkapkan bahwa hal itu ternyata lebih mudah daripada yang dia pikirkan.

"Setelah mencapai 100 juta won, saya merasa kecepatan penggalangan dana semakin cepat," kata Ji-Hyeon Kwak.

Ia juga menambahkan keinginannya, "mendapatkan lebih banyak dan membelanjakan lebih sedikit serta segera menyampaikan berita tentang pencapaian 300 juta won," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya Menabung Uang Hasil Gaji

Ji-Hyeon Kwak sekarang memiliki komunitas online yang berkembang pesat mengikuti perjalanannya menghemat uang dan menggunakan tekniknya.

Dia punya 20.000 penggemar di YouTube saja, tapi berapa pun uang yang dia hasilkan melalui media sosial tidak akan digunakan untuk tabungannya. Dia hanya menghitung uang yang dia tabung dari gajinya.

Meskipun tabungannya mungkin tidak terlalu mengesankan bagi seseorang dengan pekerjaan bergaji tinggi atau sumber penghasilan tambahan, bagi rata-rata orang yang berpenghasilan rendah, tabungan tersebut adalah uang yang mengubah hidup.

Mengenai bagaimana dia berhasil menghemat hingga 90% dari gaji bulanannya, Kwak mengatakan bahwa dia sering menghabiskan sedikitnya 8.400 won ($6,7) atau sekitar Rp98.795 untuk makanan per bulan, mengandalkan kupon diskon dan penawaran menarik, merebus air keran daripada membeli minuman. Dan memotong rambutnya sendiri.

Ratu hemat berusia 25 tahun ini memiliki blog Naver, tempat dia berbagi tips dan teknik menabung dengan orang-orang yang berpikiran sama.

Dia membagikan pengeluaran bulanannya sebagai bukti bahwa dia mengamalkan apa yang dia khotbahkan.

Misalnya, pada bulan Januari, dia hanya menghabiskan 500.000 won ($375) atau sekitar Rp 5 juta, termasuk biaya makanan dan transportasi serta asuransi.

 

3 dari 4 halaman

Jurus Hemat Ala Kupon dan Survei

Wanita berusia 25 tahun itu mengatakan bahwa dia menggunakan berbagai aplikasi dan survei untuk menerima poin dan kode kupon yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai produk.

Dia memindai tanda terima dari pembelian apa pun yang dia lakukan dan menghasilkan beberapa ratus won setiap kali. Kedengarannya seperti membuang-buang waktu dan data pribadi, tetapi ketika Anda mencoba menghemat uang sebanyak mungkin, setiap hal kecil sangat berarti.

Salah satu faktor utama di mana langganan rumah diberikan di Korea Selatan adalah rekening tabungan langganan. Ini adalah sistem unik yang bertindak sebagai insentif kuat bagi kandidat untuk menghemat uang guna mendapatkan rumah dan membayarnya.

Beberapa orang menghabiskan sebagian besar hidup mereka berharap untuk dipilih untuk berlangganan, tetapi Ji-hyeon Kwak berhasil hanya dalam empat tahun.

4 dari 4 halaman

Rela Jalan Kaki

Mengandalkan aplikasi dan kode kupon saja tidak cukup untuk ratu barang bekas muda Korea Selatan.

Demi memotong pengeluarannya seminimal mungkin, dia berjalan sekitar 2 jam sehari, sehingga tidak menghabiskan apa pun untuk transportasi, hanya minum air keran dan teh buatan sendiri. Pada dasarnya ia makan apa pun yang bisa dia beli dengan harga sangat murah atau menang melalui aplikasinya.

Jika ia memenangkan air kemasan, maka dia akan menjualnya secara online dan menghemat uang, karena dia minum air keran gratis.

Dalam empat tahun sejak dia memulai perjalanan hematnya, Ji-hyeon Kwak telah belajar banyak cara untuk menghemat uang sambil mempertahankan diet seimbang. Dia sekarang berbagi trik ini dengan dunia melalui YouTube dan Instagram.

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.