Sukses

Israel Lancarkan Serangan Udara di dekat Kota Damaskus Suriah

Israel melancarkan serangan pada Rabu (28/2) di dekat Damaskus, ibu kota Suriah.

Liputan6.com, Damaskus - Israel melancarkan serangan pada Rabu (28/2) di dekat Damaskus, ibu kota Suriah. Ini adalah serangan terbaru yang dilaporkan di tengah meningkatnya ketegangan sejak dimulainya perang Israel-Hamas di Gaza.

Televisi Lebanon al-Maydeen mengatakan, ledakan besar terdengar di lingkungan Sayeda Zainab di ibu kota Suriah, Damaskus, dikutip dari laman alarabiya, Kamis (29/2/2024).

“Pertahanan udara kami menanggapi agresi Israel di sekitar Damaskus dan menembak jatuh sebagian besar rudal tersebut,” kata televisi pemerintah Suriah.

Seorang koresponden AFP di ibu kota Suriah mendengar ledakan yang diikuti oleh sirene ambulans.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang memantau perang mengatakan, serangan Israel menargetkan “situs di mana kelompok yang didukung Iran termasuk Hizbullah Lebanon bermarkas” di dua lokasi dekat Damaskus.

Ketika ditanya tentang serangan tersebut, tentara Israel mengatakan kepada AFP: “Kami tidak mengomentari laporan di media asing.”

Sejak perang saudara Suriah dimulai pada tahun 2011, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap tetangganya di utara, terutama menargetkan pasukan pro-Iran, di antaranya adalah sekutu Hamas Lebanon, Hizbullah, dan tentara Suriah.

Serangan tersebut meningkat berkali-kali lipat selama perang hampir lima bulan antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.

Israel jarang mengomentari serangan individu namun berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan Iran memperluas kehadirannya di Suriah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PM Israel Benjamin Netanyahu Ungkap Rencana Pascaperang Gaza, Ini Isinya

Sementara itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dikabarkan menyampaikan rencana pascaperang kepada kabinet, yang bertujuan agar ‘pejabat lokal’ memerintah Gaza.

Situs Times of Israel yang dikutip Sabtu (24/2/2024) menyebut Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memberikan kepada kabinet keamanan sebuah dokumen prinsip-prinsip mengenai pengelolaan Gaza setelah perang pada Kamis (22/2) malam, yang bertujuan untuk mengangkat "pejabat lokal" yang tidak terafiliasi dengan terorisme untuk mengelola layanan di Jalur Gaza, bukan dari Hamas.

Dokumen satu halaman berjudul "The Day After Hamas" yang kemudian dipublikasikan, dirilis Jumat (23/2) malam di Israel, sebagian besar merupakan kumpulan prinsip-prinsip yang telah disuarakan oleh PM Netanyahu sejak awal perang, namun ini adalah pertama kalinya prinsip-prinsip tersebut dipresentasikan secara resmi kepada kabinet untuk disetujui.

3 dari 3 halaman

Tunda Diskusi Kabinet

Selama lebih dari empat bulan, PM Netanyahu telah menunda diskusi kabinet keamanan mengenai apa yang disebut "day after the war" (hari setelah perang), karena khawatir hal ini dapat menyebabkan keretakan dalam koalisi sayap kanannya. Beberapa menteri sayap kanannya bermaksud menggunakan pertemuan tersebut untuk mendorong pembangunan kembali permukiman Israel di Gaza dan kendali permanen Israel atas Jalur Gaza – kebijakan yang menurut perdana menteri ditentangnya dan pasti akan menyebabkan hilangnya sisa dukungan Israel di barat.

Netanyahu mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan Otoritas Palestina kembali memerintah Gaza. Dia terkadang membenarkan pernyataan ini dengan mengatakan bahwa Israel tidak akan membiarkan Palestinian National Authority (PA) dalam bentuk yang sekarang untuk kembali ke daerah kantong Palestina, yang menunjukkan bahwa Israel dapat hidup dengan PA yang direformasi seperti yang didorong oleh pemerintahan Biden.

Namun di lain waktu, Netanyahu memberikan penolakan yang lebih menyeluruh terhadap izin Gaza menjadi “Fatahstan” – mengacu pada partai politik yang dipimpin oleh Presiden PA Mahmoud Abbas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.