Sukses

Ilmuwan Korea Selatan Ciptakan Beras Sehat Mengandung Protein Sapi

Para ilmuwan di Universitas Yonsei Korea Selatan telah menciptakan jenis beras hibrida baru yang tidak hanya sehat, tapi juga mengandung protein daging sapi dan sel lemak.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan di Universitas Yonsei Korea Selatan telah menciptakan jenis beras hibrida baru yang tidak hanya sehat, tapi juga mengandung protein daging sapi dan sel lemak.

Beras sudah menjadi salah satu makanan paling bergizi yang tersedia di alam, namun berkat kerja ilmiah, beras bisa menjadi alternatif daging yang layak dan bisa dikonsumsi secara berkelanjutan.

Sebuah tim peneliti di Universitas Yonsei Seoul, Korea Selatan, berhasil menciptakan beras hibrida yang dicampur dengan protein daging sapi dan sel lemak.

Beras dengan warna merah muda ini memiliki 8 persen lebih banyak protein dan 7 persen lebih banyak lemak dibandingkan nasi biasa, dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (21/2/2024).

Meskipun rasanya belum seperti daging sapi, nasi ini memiliki “perpaduan aroma yang unik, termasuk sedikit rasa pedas dan umami yang merupakan ciri khas daging.”.

Berkat sel-sel hewan yang terintegrasi, beras merah muda ini suatu hari nanti diharapkan bisa menjadi makanan lengkap, memastikan pasokan pangan yang cukup dan berkelanjutan untuk seluruh dunia.

“Bayangkan memperoleh semua nutrisi yang kita butuhkan dari beras protein hasil kultur sel,” kata Park So-hyeon, salah satu penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Matter.

Beras sudah memiliki tingkat nutrisi yang tinggi, namun menambahkan sel dari ternak dapat meningkatkannya lebih lanjut.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik Menempelkan Sel Daging ke Beras

Untuk membantu sel daging menempel pada butiran beras, butiran beras dilapisi dengan gelatin ikan.

Untuk percobaan pertama mereka, para ilmuwan menggunakan sel dari sapi hanwoo yang disembelih di rumah potong hewan setempat, namun di masa depan, mereka berencana untuk menggunakan pasokan sel berkelanjutan yang dapat dipertahankan di laboratorium.

Mereka juga menjajaki kemungkinan untuk memadukan nasi dengan jenis daging atau ikan lain, untuk memenuhi selera yang berbeda.

3 dari 3 halaman

Restoran di Jepang Buat Sushi Terkecil di Dunia, Terbuat dari Satu Butir Nasi

Bicara soal nasi, ada sebuah restoran di Tokyo, Jepang yang kini terkenal karena gimmick yang dibuatnya. Restoran tersebut membuat sushi terkecil di dunia dan terbuat hanya dengan sebutir nasi.

Restoran bernama Sushiya no Nohachi yang terletak di wilayah Asakusa meluncurkan sushi terkecil yang terdiri dari sebutir nasi dan potongan topping kecil dengan nori sangat tipis.

Koki yang membuat sushi tersebut, Hironori Ikeno, mengemukakan idenya pada tahun 2002 ketika seorang klien bertanya kepadanya, seberapa kecil dia bisa membuat sushi.

"Sekecil sebutir beras," ujar Ikeno, seperti dikutip dari laman Oddity Central.

Meskipun ukurannya tak biasa, pembuatan sushi terkecil di dunia ini justru membutuhkan waktu yang lebih lama karena diperlukan ketelitian dan konsentrasi yang lebih. Itulah alasan mengapa menu ini disajikan hanya beberapa kali seminggu, meski terkadang ada pengecualian bagi pengunjung asing yang datang ke restoran tersebut.

"Saya mendapat klien dari Swedia yang datang hanya untuk melihat sushi kecil saya dan saat dia melihatnya, dia benar-benar menangis kegirangan," tambah Ikeno.

Menariknya lagi, tidak sembarang orang bisa memesan menu ini begitu saja. Menu ini justru diberikan secara gratis bagi pelanggan yang memesan menu ukuran biasa seharga USD50 atau sekitar Rp770 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.