Sukses

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Putin, Begini Harapannya untuk Hubungan Rusia-Indonesia

Putin menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut seluruh kerja sama Rusia-Indonesia.

Liputan6.com, Moskow - Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024. Demikian menurut teks telegram ucapan selamat yang dipublikasikan di situs Kremlin.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilu presiden. Hubungan Indonesia-Rusia dilandasi oleh tradisi persahabatan yang baik dan saling menghormati serta berhasil berkembang di berbagai bidang," ungkap presiden Rusia itu, seperti dilansir kantor berita Rusia, TASS, Sabtu (17/2/2024).

Putin menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut seluruh kerja sama Rusia-Indonesia demi kepentingan warga kedua negara dan demi kepentingan memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

"Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu aktual dalam agenda bilateral dan internasional," tutup pernyataan Putin, mendoakan presiden terpilih Indonesia sukses, sehat, dan sejahtera.

Sejauh ini, pasangan capres Prabowo-Gibran unggul dalam quick count Pilpres 2024 disusul dengan pasangan capres Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari PM Belanda dan PM Ceko

Sebelumnya, Prabowo telah mendapat ucapan selamat dari kepala negara lainnya. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte via platform X alias Twitter pada 15 Februari menuturkan, "Saya baru saja mengucapkan selamat kepada @Prabowo Subianto menyusul proyeksi hasil pemilu di Indonesia kemarin. Saya berharap dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita."

Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala turut menyampaikan selamat kepada Prabowo via X.

"Selamat kepada H.E. @prabowo Subianto karena memenangkan Pilpres Indonesia 2024.

Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun yang lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," tulis Fiala.

3 dari 3 halaman

Prabowo Ditelepon Pemimpin Negara Sahabat

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin tidak ketinggalan mengucapkan selamat kepada Prabowo.

"Selamat kepada Letjen Prabowo Subianto dari Indonesia @prabowo atas kemenangan Anda dalam pilpres. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat hubungan dan kerja sama antara Thailand dan Indonesia. Selamat juga kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilu," tulis Srettha via X.

Melalui akun Instagram-nya, Prabowo mengungkapkan bahwa sejumlah kepala negara telah meneleponnya untuk mengucapkan selamat.

"Pada pagi hari ini (Kamis 15 Februari) mendapat sambungan telfon berisi ucapan Selamat atas penghitungan hasil Pemilu yang masih berlangsung dari 5 pimpinan negara, Perdana Menteri Australia, PM @albomp, Wakil Perdana Menteri Australia, Richard Marles, Perdana Menteri Singapore, PM @leehsienloong, Perdana Menteri Malaysia, PM @anwaribrahim_my, Presiden Srilanka, Ranil Wickremesinghe," demikian bunyi unggahan @prabowo.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini