Sukses

3 Fenomena Alam Aneh yang Pernah Terjadi di Langit Amerika Serikat, Ada Hujan Katak

Berbagai fenomena alam pernah terjadi di Amerika Serikat (AS), mulai dari hujan katak hingga ikan.

Liputan6.com, Washington - Turunnya hujan atau salju mungkin merupakan fenomena alam yang wajar terjadi, tergantung pada musim yang sedang berlangsung pada situasi tertentu.

Namun, keadaan atmosfer yang sebenarnya terkadang dapat menyebabkan fenomena alam atau kejadian iklim yang aneh. Penyebab terjadinya kondisi itu pun bisa karena beberapa faktor, misalnya krisis iklim maupun pemanasan global.

Indonesia sendiri pernah mengalami sejumlah fenomena alam yang tak biasa. Misalnya, hujan es yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Oktober 2023. Akibatnya, sebanyak 137 rumah mengalami rusak ringan dan dua rumah mengalami rusak berat.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) tampaknya mengalami fenomena alam yang jauh lebih aneh dan unik.

Dilansir dari laman Fox News, Jumat (16/2/2024), berikut adalah sejumlah fenomena alam aneh yang pernah terjadi di AS:

1. Pelangi Hantu

Tidak seperti pelangi pada umumnya yang memiliki unsur sejumlah warna yang berbeda, pelangi hantu atau juga disebut busur kabut memiliki warna yang lebih suram. Namun, unsur terjadinya pelangi hantu tetaplah sinar matahari dan tetesan air.

Situs yang mengawasi perkiraan cuaca, Farmer's Almanac, menyebut bahwa fenomena pelangi hantu terjadi ketika matahari berada pada sudut yang rendah terhadap kabut di atmosfer.

Kejadian cuaca tersebut umumnya terlihat pada pagi dan sore hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tornado Api

Pada tahun 2018, tornado api terbentuk di Redding California, Amerika Serikat, dengan kecepatan mencapai 143 mph.

Pusaran api bahkan dapat menumbangkan pohon setinggi 49 kaki.

Tornado api sering kali terbentuk selama kebakaran hutan yang hebat dan dapat memuntahkan bara api setinggi ribuan kaki ke udara.

3 dari 3 halaman

3. Hujan Katak

Fenomena misterius "hujan katak" dan makhluk air lainnya mungkin terdengar mustahil, namun dilaporkan pernah terjadi di Amerika Serikat.

Fenomena hujan katak yang pertama kali didokumentasikan terjadi di Kansas City pada tahun 1873. Laporan Scientific American menyebutkan adanya tornado atau kemungkinan puting beliung sebagai penyebab momen aneh tersebut.

Sementara di Texarkana, Texas, fenomena alam yang lebih aneh terjadi adalah hujan ikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini