Sukses

Unik, Luapkan Emosi dengan Memberi Nama Kecoak

Liputan6.com, Washington, DC - Masih kesal terhadap mantan kekasih? Kebun Binatang Bronx dapat menyalurkan perasaan kesal tersebut lewat sebuah program penggalangan dana yang unik menjelang Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day tahun ini.

"Hanya dengan USD 15, siapa saja dapat memberi nama kecoak Madagaskar yang mendesis di Kebun Binatang Bronx pada Hari Kasih Sayang sebagai ungkapan cinta atau bisa juga benci," kata Debbie Schneiderman, direktur eksekutif keanggotaan dan digital di Wildlife Conservation Society di Kebun Binatang Bronx di New York, seperti dilansir VOA Indonesia, Sabtu (10/2/2024).

"Tentu saja, orang dapat menamai kecoak itu dengan nama mantannya atau memberikan dukungan bagi seseorang yang baru putus cinta dengan menamainya sesuai nama mantan orang tersebut. Namun, sejauh ini kecoak-kecoak tersebut mendapat nama dengan cara yang penuh kasih sayang, seperti halnya untuk manusia, seperti tanda cinta, tanda persahabatan."

Misalnya, orang tua menamai kecoak tersebut sesuai nama anaknya karena anaknya menyukai serangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak yang Benci, tapi Juga Banyak yang Suka

Masyarakat, kata Schneiderman, memberikan reaksi yang keras terhadap inisiatif ini.

"Kami menerima banyak email yang mengatakan bahwa mereka membenci hal itu. Namun, kami juga menerima email dengan jumlah yang sama atau bahkan lebih, yang menyukainya," ungkapnya.

Sekitar 10 tahun lalu, the Wildlife Conservation Society, yaitu organisasi perlindungan satwa liar dan Kebun Binatang Bronx memutuskan mengakhiri progam tersebut. Walaupun program tersebut tidak diiklankan, mereka menerima 450 donasi untuk menamai kecoak tersebut dan mengirim sertifikat nama setelah Hari Kasih Sayang.

"Kemudian kami berpikir, oh, kita akan lakukan ini setiap tahun," tutur Scneiderman.

3 dari 3 halaman

Lebih Tahan Lama Dibanding Cokelat dan Bunga

Sejak program tersebut dilakukan pada tahun 2011, lebih dari 54.000 kecoak Madagaskar telah mendapat nama baru dan menggalang dana lebih dari 1,1 juta dolar bagi the Wildlife Conservation Society dan Kebun Binatang Bronx.

Schneiderman menambahkan, "Kami sering mengatakan, bunga akan layu, cokelat akan meleleh sedangkan hal ini akan bertahan selamanya. Jadi, Anda memberi nama kecoak secara simbolis untuk selamanya di Kebun Binatang Bronx."

Selain itu, bagi Schneiderman, program ini menggambarkan Kota New York yang ikonik, yaitu memberi nama kecoak pada Hari Kasih Sayang.

Selain mendapat sertifikat digital, mereka juga dapat memilih hadiah lain berupa pertemuan virtual dengan kecoak Madagaskar, sepasang kaus kaki bergambar kecoak dan sebuah boneka, yang tentunya berbentuk kecoak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.