Sukses

5,5 Ton Air Radiaktif PLTN Fukushima Jepang Bocor, Operator Klaim Tak Ada Kontaminasi di Luar

Diperkirakan 5.500 liter air radioaktif bocor dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di Jepang, namun tidak ada tanda-tanda kontaminasi yang terdeteksi di luar fasilitas tersebut, kata operator PLTN.

Liputan6.com, Tokyo - Diperkirakan 5.500 liter air radioaktif bocor dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di Jepang, namun tidak ada tanda-tanda kontaminasi yang terdeteksi di luar fasilitas tersebut, kata operatornya, Kamis (8/2/2024).

Juru bicara Tokyo Electric Power Co (TEPCO) mengatakan kepada AFP bahwa kebocoran air radioaktif terdeteksi di bagian pabrik yang memproses air yang terkontaminasi.

"Kami memperkirakan sekitar 5,5 ton (5.500 liter) air bocor pada Rabu (7/2) pagi, namun tidak ada perubahan signifikan di pos-pos pemantauan radioaktivitas di sekitar pembangkit listrik," kata operator TEPCO seperti dikutip dari AFP.

Meski begitu, TEPCO berencana untuk menghilangkan tanah di sekitar area yang mungkin telah terkontaminasi, kata juru bicara tersebut, tanpa memberikan rincian spesifik mengenai lokasi kebocoran air.

PLTN Fukushima hancur akibat gempa bumi besar dan tsunami pada tahun 2011 yang menewaskan 18.000 orang. Itu adalah salah satu bencana nuklir terburuk dalam sejarah.

Operasi pembersihan diperkirakan akan memakan waktu puluhan tahun, dan bagian yang paling berbahaya – menghilangkan bahan bakar radioaktif dan puing-puing dari tiga reaktor yang rusak – belum dimulai.

Pada Agustus 2023, Jepang mulai secara bertahap melepaskan 1,34 juta ton air limbah olahan yang dikumpulkan sejak bencana ke Samudera Pasifik, dengan mengatakan bahwa air tersebut tidak berbahaya dan sangat encer dengan air laut.

Pandangan ini didukung oleh pengawas atom PBB, namun Tiongkok dan Rusia mengkritik pelepasan tersebut dan melarang impor makanan laut Jepang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebocoran Diketahui Saat Pembersihan Ventilasi

Kebocoran pada hari Rabu (7/2) terjadi di fasilitas yang memproses air sebelum sebagian besar unsur radioaktif disaring di fasilitas canggih berbeda yang dikenal sebagai ALPS.

TEPCO mengatakan kebocoran dari ventilasi diketahui oleh seorang pekerja yang sedang membersihkan ventilasi sebelum mengoperasikan fasilitas tersebut.

"Ventilasi seharusnya ditutup selama pembersihan, tapi kali ini terbuka," kata juru bicara tersebut.

3 dari 4 halaman

Insiden di PLTN Tsuruga

Dalam insiden terpisah, asap dan percikan api terdeteksi pada hari Kamis (8/2) di pembangkit listrik tenaga nuklir Tsuruga, yang sedang dalam proses dekomisioning.

"Situasi segera teratasi tanpa ada cedera atau kebocoran bahan radioaktif," kata juru bicara operator Japan Atomic Power kepada AFP.

4 dari 4 halaman

Jepang Klaim Pembuangan ke-3 Air Olahan dari PLTN Fukushima Berlangsung Aman

Sebelumnya, Jepang klaim pembuangan gelombang ketiga air limbah radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima berjalan dengan aman sesuai rencana.

Hal ini diungkapkan oleh pihak operator yang menjalankan tugas pada pada Senin (20/11/2023).

Sejumlah besar air limbah radioaktif telah terakumulasi di PLTN tersebut sejak rusak akibat gempa bumi dahsyat dan tsunami pada tahun 2011. PLTN tersebut mulai membuang air limbah yang telah diolah dan diencerkan ke laut pada tanggal 24 Agustus dan selesai melepaskan limbah ketiga seberat 7.800 ton pada Senin. Prosesnya diperkirakan memakan waktu puluhan tahun.

Pembuangan ini ditentang keras oleh kelompok-kelompok nelayan dan negara-negara tetangga termasuk China, yang melarang semua impor makanan laut dari Jepang, sehingga sangat merugikan produsen dan eksportir kerang dan makanan laut lainnya di Jepang.

Operator PLTN tersebut, Tokyo Electric Power Company Holdings, mengatakan pelepasan ketiga, seperti dua pelepasan sebelumnya, berjalan lancar dan bahwa sampel laut yang diuji oleh mereka dan pemerintah menunjukkan bahwa kadar semua radionuklida tertentu jauh lebih rendah dari standar keselamatan internasional.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dalam pertemuan Jumat lalu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di San Francisco, meminta China untuk segera mencabut larangan makanan laut namun hanya mencapai kesepakatan yang samar-samar untuk “menemukan cara menyelesaikan masalah ini” melalui pertemuan dan dialog dengan cara yang konstruktif.”

Kedua pihak akan mengadakan pertemuan ilmiah untuk membahas pelepasan tersebut tetapi belum ada jadwal untuk kemungkinan pencabutan larangan tersebut, kata Kishida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.