Sukses

Menlu Retno Marsudi Terima Sertifikat Budaya Sehat Jamu Jadi Warisan Budaya Takbenda

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi secara resmi menerima asli penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya TakBenda Dunia UNESCO dari Dubes dan Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi secara resmi menerima asli penetapan Budaya Jamu Sehat sebagai Warisan Budaya TakBenda Dunia UNESCO dari Dubes dan Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.

Menlu Retno memaparkan hal tersebut dalam akun Instagram-nya @retno_marsudi pada Minggu (4/2/2024).

"Sebelum kembali ke Jakarta, secara resmi saya menerima sertifikat asli penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya TakBenda Dunia UNESCO dari Dubes/Delegasi Tetap RI untuk UNESCO," tulis Retno Marsudi.

"Inskripsi Budaya Sehat Jamu ditetapkan pada Sidang Komite Konvensi Warisan Budaya Takbenda/WBTB (Intangible Cultural Heritage/ICH) UNESCO ke-18 di Kasane, Botswana pada 6/12/23.." Menlu Retno juga memaparkan sedikit terkait Budaya Jamu Sehat yang dimiliki Indonesia.

"Ini meliputi keterampilan tradisional dan nilai-nilai budaya yang terkait dengan obat-obatan alami tradisional yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah serta metode pengobatan tradisional yang bertujuan meningkatkan kesehatan melalui peningkatan kekebalan tubuh."

"UNESCO also recognizes that Jamu’s Wellness Culture supports the Sustainable Development Goals, including Health and Wellbeing, Gender Equality, Responsible Production and Consumption, and Life on Land. It’s time to go home now."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

UNESCO Resmi Tetapkan Budaya Sehat Jamu Indonesia Sebagai Warisan Budaya TakBenda

Komite Konvensi Warisan Budaya TakBenda (WBTB) UNESCO resmi menetapkan Budaya Sehat Jamu Indonesia sebagai Warisan Budaya TakBenda UNESCO.

Menurut keterangan tertulis KBRI Pretoria di Jakarta, Rabu, 6 Desember 2023, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Republik Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Eswatini dan Kerajaan Lesotho, Saud Purwanto Krisnawan mengatakan penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai WBTB adalah hal yang positif dalam rangka terus mempromosikan budaya Indonesia.

Dikutip dari Antara, Rabu, 6 Desember 2023, Dubes menyatakan bahwa KBRI Pretoria dalam rangka peringatan 30 tahun kerja sama diplomatik Indonesia-Afrika Selatan akan mempromosikan jamu lewat beragam aktivitas seperti pameran, lokakarya dan kegiatan lainnya.

3 dari 3 halaman

Mendikbudristek Bangga Atas Penetapan WBTB UNESCO

Sementara itu, melalui pesan video Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengaku bangga dengan penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai WBTB UNESCO.

"Sejak dulu hingga kini budaya jamu terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jamu telah menjadi bagian cara hidup di Indonesia," ucap Nadiem Makarim yang juga diunggah di akun Instagram @nadiemmakarim, Rabu, 6 Desember 2023.

Ia menambahkan, Indonesia akan terus melestarikan jamu melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non formal serta melalui penelitian, pengembangan dan juga inovasi jamu.

Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Ismunandar menambahkan bahwa proses penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai WBTB UNESCO merupakan upaya bersama yang didorong komunitas lokal yang difasilitasi oleh Pemerintah. "Keterlibatan masyarakat ini dinilai sangat positif oleh UNESCO, bahkan disebut bisa menjadi contoh bagi negara lain," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.