Sukses

Gaya Boruto: Gibran Pakai Simbol Klan Uzumaki di Debat Cawapres 2024

Gibran tampil dengan logo Naruto di jaketnya.

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka tampil dengan gimmick anime pada debat cawapres 2024 pada Minggu (21/1/2024). Gibran terlihat memakai jaket dengan simbol klan Uzumaki dari anime Naruto.

Awalnya, Gibran memakai kemeja biru lengan panjang, namun ia kemudian memakai jaket dengan simbol Uzumaki yang berupa pusaran air.

Penampilan Gibran sebagai Naruto bukanlah hal yang mendadak. Sejak setahun terakhir, netizen kerap mengidentikan Gibran dengan Boruto terutama karena ia menjadi cawapres.

Boruto merupakan anak laki-laki dari Naruto Uzumaki yang menjabat sebagai Hokage. Gibran dianggap seperti dengan Boruto karena statusnya yang merupakan anak Presiden. Keduanya sama-sama anak penguasa.

Selain itu, relasi politik antara Prabowo dan Gibran juga mengingatkan netizen dengan Boruto.

Pasalnya, Boruto menjadi murid Sasuke Uchiha yang dulunya rival Naruto Uzumaki. Alhasil, itu dinilai mirip Jokowi dan Prabowo yang dulu merupakan rival, tetapi kini anak Jokowi beraliansi dengan Prabowo.

Pada debat cawapres keempat ini, Gibran menyorot pentingnya transisi menuju energi hijau, bioavtur, biodiesel, hingga bioethanol.

Ia juga ingin meningkatkan produktivitas petani dan sektor maritim dengan menjaga keseimbangan alam, AMDAL, dan sustainability report, serta menolak alih fungsi lahan yang merugikan pengusaha dan masyarakat lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dana Desa Terbukti Turunkan Desa Tertinggal, Gibran: Akan Kita Tingkatkan

Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menjanjikan kesejahteraan para petani. Hal itu dilakukan melalui ketersediaan pupuk dan bibit yang murah dan mudah.

"Untuk mendorog kesejahteraan petani, kita dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah. Untuk menjaga stabilitas harga pangan akan kita optimalkan peran dari TPID, ID food, badan pangan. Untuk meningkatkan produktivitas para petani akan kita dorong terus mekanisasi," ujar Gibran dalam debat cawapres di Gedung JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dia menambahkan, agenda reforma agraria akan dilanjutkan juga terkait kepemilikan tanah dan juga pemanfaatn tanah yang lebih berkeadilan. Program PTSL dan restribusi tanah akan dilanjutkan.

"Anggaran dana desa sudah terbukti menurunkan desa tertinggal dan meningkatkan angka desa berkembang dan mandiri, oleh karena itu anggaran dana desa akan ditingkatkan dengan kekuatan fiskal dalam negeri," kata dia.

"Narasi besarnya adalah keberlanjutan dan penyempurnaan," tegas Gibran.

Gibran juga mengatakan jika agenda hilirisasi, transisi energi menuju energi hijau dan ekonomi kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong akan membuka 19 juta lapangan kerja.

 

3 dari 3 halaman

Peluang Kerja

Gibran menuturkan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya yang ditunjukkan dari cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar nomor dua di dunia, sehingga hilirisasi perlu dilanjutkan dan diperluas cakupannya.

 "Tak hanya hilirisasi tambang, hilirisasi pertanian, sektor maritim dan sektor digital. Tak boleh kirim barang mentah, kurangi energi fosil dorong transisi energi hijau, bio avtur, bio diesel dan etanol B35 dan B40,” ujar Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres kedua, Minggu (21/1/2024).

Gibran menuturkan, potensi energi baru terbarukan juga luar bisa yang mencakup 3.600 mw berasal dari energi surya, angin dan bioethanol. Oleh karena itu, ia mendorong kerja sama pentahelix dan wajib mendorong agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi energi menuju ekonomi hijau, dan ekonomi kreatif UMKM.

“Terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan kaum perempuan. 5 juta lapangan kerja dari green job. Peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan menjadi tren masa kini dan masa depan,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.