Sukses

Bos Mafia Buron Ditangkap Usai Anak Posting Fotonya Saat Liburan Via X

Gara-gara hal sepele, seorang bos mafia yang buron berhasil ditangkap. Hanya akibat unggahan foto liburan saat pose telanjang dada di pinggir kolam renang.

Liputan6.com, Florida - Jika Anda seorang penjahat terkenal yang sedang dalam pelarian, berhati-hatilah dengan apa yang Anda lakukan. Yang terpenting, Anda harus menghindari memposting foto liburan Anda di media sosial.

Sebab gara-gara hal sepele tersebut, seorang bos mafia yang buron berhasil ditangkap.

Mengutip Oddee, Minggu (14/1/2024), mafia itu diidentifikasi sebagai "Big Ralphie" DiMatteo. Seorang consigliere (penasihat bos mafia) dan orang nomor tiga dalam keluarga mafia Colombo yang melarikan diri dari hukum pada tahun 2021, setelah didakwa atas berbagai tuduhan.

Dalam pelarian DiMatteo, putranya justru memposting foto di X (saat itu disebut Twitter) saat dirinya topless alias bertelanjang dada dan sedang bersantai di tepi kolam renang di Florida, AS.

Mengetahui pelariannya ketahuan, mafia berusia 68 tahun itu akhirnya menyerah kepada polisi keesokan harinya. Dia kini telah dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas kejahatannya.

Di pengadilan, wartawan bertanya kepada DiMatteo apakah dia menyesal putranya membagikan fotonya. Masuk akal jika bos mafia yang ditangkap akan marah besar, bukan?

Jawabannya bikin geleng-geleng kepala. Dia dilaporkan tak menyesali semuanya. Bahkan kabarnya dia mengaku terlihat hebat di foto itu. "Mengapa? Itu adalah gambar yang bagus," ucap DiMatteo.

Big Ralphie DiMatteo adalah anggota keluarga kriminal Colombo, yang beroperasi di New York City.

Didirikan pada tahun 1928, Colombo adalah yang termuda dari kelompok Five Families di (New York City (NYC) yang mengendalikan operasi mafia di kota tersebut.

Di jajaran keluarga mafia Colombo, DiMatteo adalah pemain besar. Dia memegang pangkat consigliere, bertindak sebagai penasihat dan tangan kanan bos besar.

Tidak hanya itu, DiMatteo secara umum dianggap sebagai orang terbesar ketiga di organisasi tersebut. Dengan kata lain, hanya dua orang yang berada di atasnya – bos "Mush" Russo dan satu orang lainnya.

Jadi, ya, DiMatteo adalah pria yang kuat.

Meski kuat, dia tidak kebal hukum. Dakwaan tertanggal 14 September 2021 mendakwa DiMatteo dan 13 tokoh penting lainnya di keluarga Colombo dengan tuduhan menyusup ke serikat pekerja yang berbasis di Queens dan menipu program tunjangan kesehatannya.

Terdakwa penjahat lainnya hadir saat dakwaan disampaikan, tetapi DiMatteo tidak. Dia menghilang secara misterius sehari sebelum dakwaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dalam Pelarian

Singkat cerita, mafia DiMatteo berhasil lolos dari pengawasan lembaga penegak hukum. Mereka tidak tahu ke mana dia pergi, dan mungkin butuh waktu cukup lama bagi mereka untuk mengetahuinya.

Petugas penegak hukum mendapat bantuan dari sumber yang tidak terduga: anak sang mafia.

Faktanya, DiMatteo telah melarikan diri ke Florida. Dia jelas merasa aman di tempat persembunyiannya dan tinggal bersama anggota keluarganya. Hal itu terlihat karena putranya dengan bebas memoto DiMatteo.

Dalam gambar tersebut, seorang bos mafia bertelanjang dada bersandar dengan tenang di tepi kolam renang, tato di bahunya dan rantai emas dengan salib besar dipamerkan dengan bangga.

Mungkin tidak apa-apa bahkan bagi keluarga mafia untuk mengabadikan momen keluarga yang baik. Namun kemudian putra DiMatteo memutuskan untuk membagikan foto tersebut di Twitter.

Polisi sudah pasti memantau akun anak sang mafia buron. Dari situlah penangkapan bermula.

Meskipun kolam dalam gambar tampak tidak terlalu mencolok, hal itu memungkinkan polisi melacak tempat persembunyian DiMatteo di Florida.

Kemungkin data lokasi Twitter yang mengungkap lokasi persembunyian sang mafia, bukan gambar itu sendiri yang membantu polisi. Tapi hal itu bermula dari unggahan potret liburan tersebut.

3 dari 4 halaman

Menyerahkan Diri Secara Sukarela 3 Hari Setelah Buron

Begitu DiMatteo mengetahui foto itu beredar di dunia maya, dia tahu bahwa hanya masalah waktu saja sebelum polisi datang dan mengetuk pintu rumahnya. Jadi, dia memutuskan untuk menyelamatkan mereka dari masalah dan menyerah secara sukarela pada 17 September 2023 lalu— selang tiga hari dalam pelarian.

Pelariannya bermula pada 14 Juli 2023. Hari itu, DiMatteo mengaku bersalah atas pemerasan (yang melibatkan pemerasan) dan konspirasi untuk melakukan tuduhan pencucian uang yang dituduhkan kepadanya.

Anggota lain dari kelompok mafia beranggotakan 14 orang juga mengaku bersalah. Tuduhan mereka mencakup segala hal mulai dari pemerasan dan pemerasan hingga rentenir, pencucian uang, perdagangan narkoba, dan penipuan.

Akhirnya, pada pertengahan Desember, DiMatteo mendapat hukumannya. Dia akan dipenjara selama tiga tahun.

 

4 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kali Dihukum, Ini Sanksi Ketiga

Ini bukan kali pertama DiMatteo dipenjara.

Dia pertama kali dipenjara selama delapan tahun pada tahun 1985 karena perdagangan narkoba, dan sekali lagi selama 18 bulan pada tahun 2001 karena pencucian uang.

Meski begitu, dia mungkin tetap tidak terlalu senang untuk kembali ke penjara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini