Sukses

PBB: 347 Juta Anak di Asia Selatan Menghadapi Krisis Air Terburuk di Dunia

Banyak anak di wilayah Asia Selatan menghadapi kesulitan yang signifikan akibat kekurangan air yang parah.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak anak di wilayah Asia Selatan menghadapi kesulitan yang signifikan akibat kekurangan air yang parah, yang diperburuk oleh dampak perubahan iklim. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh PBB pada hari Senin dan menyoroti bahwa situasi di sana lebih sulit dibandingkan dengan negara-negara lain di seluruh dunia.

Menurut laporan badan anak-anak PBB, sekitar 347 juta anak di Asia Selatan, yang berusia di bawah 18 tahun, menghadapi tingkat kelangkaan air yang tinggi atau bahkan sangat tinggi. Angka ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan wilayah lain di dunia.

Melansir dari Phys.org, Kamis (16/11/2023), delapan negara yang mencakup Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Maladewa, Pakistan, dan Sri Lanka, menjadi tempat tinggal bagi lebih dari seperempat dari jumlah total anak-anak di seluruh dunia.

"Perubahan iklim mengganggu pola cuaca dan curah hujan, menyebabkan ketersediaan air tidak dapat diprediksi," demikian yang diungkapkan PBB dalam laporannya.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa masalah kualitas air yang buruk, kekurangan pasokan air, dan praktik pengelolaan yang kurang tepat, seperti pemompaan berlebihan terhadap akuifer, semakin diperparah oleh perubahan iklim yang mengurangi jumlah air yang dapat mengisi kembali akuifer tersebut.

UNICEF menambahkan bahwa ketika sumur-sumur di desa mengalami kekeringan, dampaknya dirasakan oleh rumah-rumah, pusat kesehatan, dan sekolah di sekitarnya.

"Dengan iklim yang semakin tidak dapat diprediksi, kelangkaan air diperkirakan akan menjadi lebih buruk bagi anak-anak di Asia Selatan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya UNICEF di COP28

Dalam konferensi iklim PBB COP28 di Dubai bulan Desember, UNICEF menyatakan niatnya untuk mendesak para pemimpin agar berupaya menjaga Bumi ini sebagai tempat yang layak untuk ditinggali.

"Air yang aman adalah hak asasi manusia," ujar Sanjay Wijesekera, kepala UNICEF untuk Asia Selatan.

"Namun jutaan anak di Asia Selatan mengalami kekurangan air minum di daerah yang terkena banjir, kekeringan, dan peristiwa cuaca ekstrem lainnya, yang semakin diperparah oleh dampak perubahan iklim," tambahnya.

Tahun lalu, 45 juta anak di Asia Selatan tidak bisa mengakses layanan dasar air minum, jumlah ini lebih tinggi daripada di wilayah lain. Meski demikian, UNICEF menyebutkan bahwa layanan ini mengalami perkembangan pesat, dan diperkirakan jumlah anak yang terdampak akan berkurang setengahnya pada tahun 2030.

Di belakang Asia Selatan terdapat Afrika Timur dan Selatan, dengan 130 juta anak yang berisiko mengalami kelangkaan air yang parah, demikian disampaikan dalam laporan tersebut.

3 dari 4 halaman

UNICEF: 43 Juta Anak Mengungsi ke 44 Negara Akibat Bencana Imbas Perubahan Iklim

Sebelumnya UNICEF melaporkan bahwa bencana cuaca yang dipicu oleh perubahan iklim – mulai dari banjir hingga kekeringan, badai hingga kebakaran hutan – memicu 43,1 juta anak mengungsi dari tahun 2016 hingga 2021, UN Children's Fund (Dana Anak-Anak PBB) memperingatkan pada hari Kamis 4 Oktober 2023 sekaligus mengecam kurangnya perhatian yang diberikan kepada para korban.

Dalam laporan komprehensif mengenai masalah tersebut, badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan kisah-kisah yang sangat menyayat hati tentang beberapa anak yang terdampak.

Laura Healy, salah satu co-author, menyebut kepada AFP bahwa data ini baru sebagian kecil dari keseluruhan masalah, dan banyak anak lainnya kemungkinan juga terdampak.

"Kami membawa barang-barang kami ke tepi jalan dan tinggal di sana selama beberapa minggu," kisah Khalid Abdul Azim, seorang anak Sudan yang tinggal di desa yang tergenang banjir dan hanya dapat dijangkau dengan perahu.

Pada tahun 2017, kakak beradik Mia dan Maia Bravo menyaksikan api melahap trailer mereka di California dari bagian belakang minivan keluarga.

"Aku takut, terkejut. Aku akan begadang sepanjang malam," kata Maia dalam laporan tersebut.

Melansir dari France24, statistik mengenai pengungsi internal akibat bencana iklim umumnya tidak memperhitungkan usia para korban. Namun, UNICEF bekerja sama dengan Internal Displacement Monitoring Center yang bersifat non-pemerintah untuk mengurai data dan mengungkap dampak tersembunyi pada anak-anak.

Antara tahun 2016 hingga 2021, laporan tersebut menyebutkan bahwa empat jenis bencana iklim (banjir, badai, kekeringan, dan kebakaran hutan) yang semakin sering terjadi akibat pemanasan global telah menyebabkan 43,1 juta anak terpaksa mengungsi di 44 negara. Sebanyak 95 persen pengungsian itu disebabkan oleh banjir dan badai.

4 dari 4 halaman

20.000 Anak Mengungsi Setiap Hari Akibat Bencana Iklim

Healy mengungkapkan kepada AFP, "Ini berarti sekitar 20.000 anak harus mengungsi setiap hari." Dia menyoroti risiko tambahan bagi anak-anak yang terdampak, seperti terpisah dari orangtua mereka atau bahkan menjadi korban perdagangan manusia.

Data tersebut mencerminkan berapa banyak orang yang harus mengungsi, bukan berapa banyak anak yang terkena dampaknya, karena satu anak mungkin harus mengungsi lebih dari sekali.

Angka-angka ini juga tidak memungkinkan untuk membedakan antara mereka yang dievakuasi sebelum bencana terjadi, dan mereka yang terpaksa meninggalkan tempat setelah bencana tersebut terjadi.

Healy menyatakan bahwa jumlah pengungsian karena kekeringan dilaporkan dengan sangat minim, karena kekeringan terjadi secara perlahan dan sulit untuk diukur dengan tepat.

"Ini hanya puncak gunung es berdasarkan data yang tersedia saat ini," katanya.

Faktanya, dengan dampak dari perubahan iklim atau peningkatan pengawasan terhadap pengungsian dalam kejadian yang berlangsung secara bertahap, jumlah anak yang terpaksa meninggalkan rumah akan meningkat secara signifikan.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini