Sukses

Viral Anjing Mampu Menjawab soal Matematika, Terima Banyak Pujian

Video yang menunjukkan seekor anjing bernama Scout mampu menjawab benar semua soal matematika yang diberikan padanya kini viral di salah media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mungkin menjadi pilihan banyak orang di dunia ini.

Alasan beberapa orang akhirnya memutuskan untuk memelihara anjing pun mungkin beragam, entah karena penampilan hewan berbulu ini yang menggemaskan, tingkahnya yang patuh, atau mungkin beberapa hal lainnya. 

Selain itu, beberapa orang mungkin juga sudah pernah melihat tingkah unik anjing seperti membantu manusia dengan membawakan barang, berkebun, atau bahkan bermain basket bersama manusia.

Namun, apakah Anda pernah menyaksikan seekor anjing yang mampu berhitung dan menyelesaikan soal matematika?

Sebuah video menampilkan seekor anjing bernama Scout yang mampu menjawab benar semua soal matematika yang diberikan padanya kini viral di salah satu media sosial. Sejumlah orang tampak terhibur melihat aksinya anjing ini. 

Dalam video tampak pemilik Scout tengah memberikan soal matematika dan memberikan hadiah berupa makanan dan ciuman setelah peliharaannya berhasil menjawab pertanyaannya dengan benar.

"Matematika dengan Pramuka. Ayo berhitung cepat. Dia sedang berguling dan terlalu bersemangat untuk mengerjakan matematika. Saya harap semua orang mengalami akhir pekan yang menyenangkan," demikian bunyi keterangan yang diposting bersama video tersebut di Instagram dilansir The Hindustan Times, Selasa (21/11/2023).

Pemilik Scout mengajukan pertanyaan sementara peliharaannya terlihat duduk di lantai di depan ibu tersebut. Scout, hewan cerdas ini seolah tampak antusias dan siap menjawab tantangan matematika yang akan diberikan kepada dirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Scout Menjawab Semua Dengan Benar, Dipuji Warganet

Seolah penuh percaya diri, anjing yang menggemaskan itu memberikan jawaban dengan mengetukkan cakarnya ke lantai. 

Tentu saja, Scout, anjing nan cerdas ini berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Sebuah klip rekaman video yang dibagikan sejak bulan lalu itu kemudian menjadi perhatian banyak orang di dunia maya.

Hingga kini, total penayangan videonya bahkan mencapai hampir 4,6 juta dan akan terus bertambah.

Sejumlah orang tampak terkesan dengan tingkah cerdas yang ditampilkan Scout yang dibagikan oleh pemiliknya ini. Mereka bahkan rela meluangkan waktu untuk menulis berbagai komentar positif.

"Manis kecil yang pintar! Tuhan memberkati," tulis salah satu pengguna Instagram. 

Ada juga yang menyebut Scout sebagai "ahli matematika" dan memberikan pujian atas kecerdasannya sebagai "sangat brilian" dan mengatakan "Scout sangat pintar."

Sementara banyak warganet yang lain memberikan reaksi atas aksi Scout dengan mengirimkan emotikon atau ilustrasi hati.

 

 

3 dari 4 halaman

Studi: Kucing Bisa Ingat Nama Bestie Mereka

Selain anjing yang menunjukkan aksi hewan yang cerdas, ternyata ada juga kucing. Dalam studi terbaru menunjukkan bahwa kucing domestik dapat berbagi beberapa keterampilan pengenalan bahasa yang sama yang biasa terlihat pada anjing.

Dalam artikel tahun 2019 di jurnal scientific reports, tim peneliti Jepang melaporkan bahwa mereka telah menunjukkan bahwa kucing dapat mengenali nama mereka sendiri dalam rangkaian kata yang diucapkan. Melansir dari livescience.com, Minggu (5/3/2023), beberapa ilmuwan yang sama menunjukkan bahwa kucing yang ada di rumah, juga dapat mengingat nama temannya sendiri. 

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan 13 April 2022 lalu dalam laporan ilmiah dijelaskan bahwa, para peneliti menanyai 48 kucing domestik tentang nama sesama kucing yang tinggal bersama mereka, kepada pemiliknya. 

Sebanyak 29 kucing adalah penghuni kafe kucing di Jepang, yaitu sebuah kedai kopi tempat pelanggan dapat berinteraksi secara bebas dengan kucing. Sementara 19 lainnya berasal dari kediaman pribadi yang masing-masing mempunyai tiga kucing atau lebih.

Baca selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Kemampuan Kognitif Hewan Sering Diremehkan

Mengenai kecerdasan yang dimiliki oleh kedua hewan di atas ternyata penelitian oleh ahli mengungkapkan bahwa sejumlah hewan memang memiliki kecerdasan lebih baik dari yang kita kira.

Ahli neurobiologi Ilka Diester meneliti kemampuan kognitif hewan. Ia bisa menunjukkan, hewan memiliki potensi kecerdasan lebih besar daripada yang diduga selama ini.

Menurut Diester, kita menganggap enteng hewan.

"Sekarang kita tahu, hewan punya banyak kemampuan yang dulu kita kira, hanya dimiliki manusia", ujar Diester.

Mulai dari ingatan jangka pendek yang sangat baik, kemampuan membuat keputusan cerdas, bahkan hal yang abstrak, yakni tahapan awal kemampuan menghitung, dikutip dari DW Indonesia, Sabtu (14/1/2023).

Para peneliti dari Italia juga melakukan riset, apakah anak ayam bisa berhitung. Mereka pertama-tama melatih anak ayam, agar menganggap bola-bola berwarna sebagai salah satu dari mereka. Kemudian bola-bola itu disembunyikan di dua tempat dalam jumlah berbeda. Anak ayam kemudian bisa melihat bagaimana bola-bola ditukar di antara dua tempat persembunyian.

Kemudian anak ayam mencari kelompok bola. Ilka Diester mengungkap, anak ayam selalu berusaha mendekat ke kelompok yang lebih besar, karena di sana mereka merasa lebih aman dari musuh yang bisa memangsa. Jadi mereka mencari kelompok yang lebih besar. Unggas itu bisa mengidentifikasi kelompok yang lebih besar.

Baca selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini