Sukses

PM Australia Anthony Albanese Akan Melawat ke China Awal November 2023

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese akan mengunjungi China pada awal November untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese akan mengunjungi China pada awal November untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping pada saat kedua mitra dagang sedang memperbaiki hubungan yang sempat mendingin.

Rencana kunjungan itu disampaikan oleh Albanese pada Minggu (22/10).

Lawatan Anthony Albanese ke China dijadwalkan berlangsung dari 4 November hingga 7 November setelah China setuju untuk menunda pertikaian mengenai tarif tinggi yang dikenakan terhadap minuman anggur Australia. Sengketa itu sudah diajukan ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organisation/WTO).

“Saya menantikan kunjungan ke China, langkah penting untuk memastikan hubungan yang stabil dan produktif,” kata Albanese dalam pernyataannya, dikutip dari VOA Indonesia, Senin (22/10/2023).

“Saya menyambut kemajuan yang sudah kita buat untuk mengembalikan produk-produk Australia, termasuk anggur Australia, ke pasar China,” imbuhnya.

Pada 2020, China mengenakan tarif impor yang tinggi terhadap sejumlah produk ekspor utama Australia, seperti jelai, daging, dan minuman anggur. China ingin unjuk kekuatan pada saat sengketa dengan bekas pemerintahan konservatif Australia memuncak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hambatan Perdagangan Kedua Negara

Namun, sejumlah hambatan perdagangan itu perlahan terurai ketika pemerintahan tengah-kiri Australia, yang terpilih pada Mei tahun lalu, mengadopsi pendekatan yang lebih ramah.

Selain itu, ada sejumlah kemajuan dari sisi diplomatik. Awal bulan ini, China setuju membebaskan wartawan Australia, Cheng Lei, yang ditahan lebih dari tiga tahun atas tuduhan spionase yang kabur

Kunjungan Albanese akan menjadi kunjungan Perdana Menteri Australia ke China yang pertama sejak 2016.

“Saya menantikan untuk berdiskusi dengan Presiden Xi dan Perdana Menteri Li tentang kepentingan nasional Australia,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.