Sukses

19 Oktober 1914: Pecahnya Pertempuran Ypres Pertama dalam Perang Dunia I

Pertempuran Ypres Pertama dari 19 Oktober hingga 22 November 1914, merupakan pertempuran awal dari tiga pertempuran sengit selama Perang Dunia I yang terjadi di kota Ypres.

Liputan6.com, Ypres - Pertempuran Ypres Pertama dari 19 Oktober hingga 22 November 1914, merupakan pertempuran awal dari tiga pertempuran sengit selama Perang Dunia I yang terjadi di kota Ypres (sekarang bernama Leper) di wilayah Flanders Barat.

Upaya serangan dari kedua Sekutu dan Jerman tidak berhasil mencapai kemajuan yang signifikan, sebagai akibatnya, kedua belah pihak terlibat dalam pertempuran parit yang kemudian menjadi ciri khas perang di Front Barat.

Di Front Barat, bulan setelah Pertempuran Marne Pertama, terjadi serangkaian usaha yang sangat jelas dari kedua pihak untuk mencoba mengelabui pasukan lawan di sisi barat. Meskipun pihak Jerman mencoba rencana yang lebih cermat setelah usaha awal mereka untuk menembus pertahanan lawan terhenti, pasukan Prancis tetap bertahan dengan gigih.

Melansir dari Britannica, pada tanggal 24 September, upaya pasukan angkatan darat kedua Prancis di bawah Jenderal Éduard de Castelnau untuk memotong jalur pasukan Jerman terhenti di daerah Somme.

Kemudian, pada tanggal 2 Oktober, angkatan darat kesepuluh Perancis yang baru terbentuk di bawah Jenderal Louis de Maud'huy mencoba melakukan serangan dari sisi utara, namun sayangnya mereka tidak berhasil melewati pertahanan kuat pasukan Jerman dan malah terpaksa berjuang keras untuk mempertahankan Arras.

Pasukan Ekspedisi Inggris (British Expeditionary/BEF) bergerak ke utara dari Sungai Aisne untuk mempersingkat rute komunikasi mereka dengan Inggris. Panglima tertinggi Prancis, Joseph-Jacques-Césaire Joffre, sangat berkeinginan untuk melibatkan BEF sebagai bagian dari upaya ketiga untuk mengalihkan perhatian pasukan Jerman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perencanaan Strategis dan Taktik Melawan Pasukan Sekutu di Front Barat

Untuk mengatur gerakan baru ini, ia menunjuk Jenderal Ferdinand Foch sebagai wakilnya di wilayah utara. Foch berusaha meyakinkan orang-orang Belgia untuk membentuk kelompok pasukan di sayap kiri, tetapi Raja Belgia, Albert I, yang juga menjadi panglima tertinggi pasukan militer mereka, dengan bijaksana menolak untuk meninggalkan pertahanan pantai demi maju ke pedalaman yang dianggapnya terlalu berisiko.

Pada tanggal 14 Oktober, empat hari setelah Antwerpen jatuh ke tangan Jerman, Jenderal Erich von Falkenhayn, kepala staf umum Jerman, merencanakan strategi untuk mengelabui gerakan sayap Sekutu selanjutnya. Satu divisi Jerman, yang terdiri dari pasukan yang dipindahkan dari Lorraine, akan bertahan menghadapi serangan yang diperkirakan dari pihak Sekutu.

Sementara itu, pasukan lain yang terdiri dari unit-unit yang telah dilepaskan setelah jatuhnya Antwerpen, bersama dengan empat korps yang baru terbentuk, akan menyerbu pantai Belgia dan menghancurkan sayap kiri (bagian utara) pasukan Sekutu yang sedang melakukan serangan.

Falkenhayn bahkan menahan pasukan yang sedang mengejar pasukan Belgia untuk menghindari kekhawatiran dari pihak Sekutu sebelum waktunya.

3 dari 4 halaman

Manuver Strategis dan Pertempuran Intens di Front Barat selama Perang Dunia I

Sementara Falkenhayn menunggu untuk menerapkan strateginya, serangan dari pihak Sekutu berkembang secara perlahan. Korps-korps bergerak dari selatan ke timur untuk membentuk target dalam upaya manuver mengapit.

Pasukan BEF dipindahkan antara La Bassée di Prancis dan Ypres, di mana mereka berpotensi berhadapan dengan Korps IV di bawah Jenderal Sir Henry Rawlinson. Di sekitarnya, Angkatan Darat Kedelapan Prancis yang baru terbentuk mulai berkembang, dan pasukan Belgia terus mempertahankan garis sepanjang Sungai Yser hingga ke laut.

Meskipun pasukan Inggris di sayap kanan dan tengah terhambat oleh pertahanan yang kuat dari pihak Jerman, Marsekal Lapangan Sir John French, dengan mengabaikan kekuatan sebenarnya dari pasukan Jerman yang dilaporkan oleh intelijennya, pada tanggal 19 Oktober memerintahkan sayap kirinya untuk melancarkan serangan dari Ypres menuju Menin (Menen).

Namun, upaya ini gagal karena bersamaan dengan serangan dari pasukan Jerman pada tanggal 20 Oktober. Setidaknya selama 24 jam, Prancis yakin bahwa mereka sedang menyerang sementara pasukan mereka hampir tidak mampu bertahan.

4 dari 4 halaman

Taktik Adaptif di Medan Perang Front Barat

Dengan adanya Ferdinand Foch, situasi tersebut bertahan lebih lama. Kegagalan para komandan Sekutu dalam memahami situasi membuat Pertempuran Ypres Pertama pada dasarnya menjadi "pertempuran prajurit.”

Seperti halnya dalam pertempuran Inkerman selama Perang Krimea atau Shiloh selama Perang Saudara Amerika, kurangnya komando tingkat tinggi yang efektif berarti bahwa keberhasilan atau kegagalan bergantung pada keberanian individu dan bukan pada rencana besar yang disusun.

Baru pada tanggal 21 Oktober, Prancis mulai memahami situasi di medan perang, dia memerintahkan agar posisi dipertahankan secara defensif. Gagasan untuk mengepung pasukan Jerman ditinggalkan karena menjadi jelas bahwa ada ancaman nyata terhadap kehilangan pelabuhan Channel akibat kemajuan pasukan Jerman.

Ketika Joffre mengetahui situasi tersebut, dia mengirimkan Korps IX ke Ypres, sehingga kekuatan kedua belah pihak mendekati seimbang. Serangan Jerman di Langemarck, di utara Ypres, berhasil dihalau, tetapi serangan balik Prancis pada tanggal 24 Oktober tidak berhasil.

Dengan demikian, fase awal pertempuran berakhir dengan Prancis menguasai sebagian besar wilayah utara setengah lingkaran di sebelah timur Ypres, sementara Inggris menguasai sebagian besar wilayah selatan setengah lingkaran tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini