Sukses

Kutu Busuk 'Serang' Sekolah di Prancis dan Hantui Pengunjung Paris Fashion Week 2023

Kota Paris yang berkilau sedang berjuang melawan kutu busuk.

Liputan6.com, Paris - Kota Paris yang berkilau sedang berjuang melawan kutu busuk. Video-video yang tersebar di media sosiai menunjukkan bahwa serangga tersebut merayap di seluruh kursi metro, rumor yang beredar tentang para pembeli yang meninggalkan hotel mereka setelah serangga tersebut ditemukan.

Sementara itu, para pembuat konten mengunggah video tentang gigitan serangga kutu busuk yang mereka alami, dan laporan tentang serangga kutu busuk yang muncul ke permukaan di bandara Charles de Gaulle membuat sejumlah orang heboh.

Di tengah hiruk-pikuk pekan mode dan kebanggaan mendapat tempat di peragaan busana paling eksklusif di dunia, Paris Fashion Week 2023, muncul ketakutan "Apakah serangga kecil itu merangkak di antara sarung kursi rumah mode Loewe ?"

Muncul kekhawatiran bahwa kutu busuk akan muncul atau bahkan terbawa saat pulang.

Adapun mengutip The Cut.com, Minggu (8/0/2023), para pejabat Prancis telah mulai melakukan mobilisasi untuk melawan wabah penyakit ini, namun dengan laporan dari badan kesehatan Prancis bahwa 11 persen rumah tangga di negara tersebut mengalami serangan penyakit ini antara tahun 2017 dan 2022. Itu artinya serangan itu bukan hal baru dan para tamu Fashion Week memiliki sepertinya lebih perlu mengkhawatirkan penerus desainer Sarah Burton.

Kendati demikian, Wakil Wali Kota Paris Emmanuel Grégoire mengatakan kepada masyarakat – termasuk peserta peragaan busana, yang sebagian besar terdiri dari orang-orang kaya dan terkenal yang tidak bisa menghindari ketidaknyamanan akibat kutu busuk.

"Tidak ada yang aman (dari kutu busuk)," ujar Emmanuel Grégoire.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tindakan Pencegahan, Semua Orang Berhati-Hati Terhadap Kutu Busuk

Louis Pisano, seorang jurnalis fesyen yang menghadiri peragaan busana di Paris Fashion Week, mengatakan kepada saya bahwa para profesional industri mulai mengambil tindakan pencegahan.

"Di Christian Cowan, seorang teman penata gaya memberi tahu saya bagaimana dia ekstra hati-hati dalam memeriksa penampilan merek yang dikirimkan ke kliennya, dan benar-benar menyempurnakannya,” kata mereka.

Pisano sendiri juga tidak mengambil risiko apa pun. Pakaian apa pun yang mereka kenakan di luar segera dimasukkan ke dalam tas hitam setelah tiba di rumah dan dimasukkan ke dalam freezer dengan harapan dapat membunuh serangga yang mungkin mereka temukan di transportasi umum. Mereka juga memiliki penghalang yang terbuat dari tanah diatom, suatu bahan yang terbuat dari sisa-sisa fosil organisme air kecil yang biasanya digunakan untuk pengendalian hama, di pintu kamar tidur mereka. Mereka juga melakukan steam kasurnya seminggu sekali.

"Semua orang stres dan sedikit gelisah," kata Pisano. "Apalagi bekerja di bidang fashion karena banyak sekali kain yang berpindah tangan dan berpindah-pindah kota."

Tampaknya agak berlebihan jika hama-hama yang tumbuh subur di dalam kain pelapis dan tekstil ini telah menyerang sebuah pekan kota dan industri yang semata-mata didasarkan pada pameran, berbagi, peminjaman, dan berada di atas kain-kain yang dibagikan di seluruh kota.

 

3 dari 5 halaman

Para Tamu Paris Fashion Week 2023 Khawatir Pulang Bawa Kutu Busuk

Kini, dengan berakhirnya Paris Fashion Week, kekhawatiran telah beralih ke para peserta yang kembali ke kota mereka masing-masing dengan kemungkinan mengerikan bahwa mereka mungkin membawa kutu busuk pulang bersama mereka. Bagaimanapun, industri ini penuh dengan pekerja lepas.

Warga Amerika telah menggunakan media sosial untuk menyampaikan keprihatinan mereka. "Semua orang Amerika yang ada di sana untuk menghadiri pekan mode… Ya Tuhan, perbaikilah,” salah satu pengguna men-tweet. Publikasi yang sedang berkembang, Byline, bertanya kepada pengikut Instagram-nya, "Editor Fashion NYC manakah yang paling mungkin membawa kutu busuk dari Paris?"

Editor Mario Abad, memposting foto dalam penerbangan kembali dari Paris dengan judul: "Kutu busuk datang untukmu di New York.”

Sementara itu Jim Fredericks, dari National Pest Management Association, mengeluarkan peringatan bagi selebriti yang pulang dari pekan mode. Mungkinkah kota ini atau mungkin Los Angeles akan segera menjadi pusat hama ini? Setelah banjir dan tikus serta Eric Adams menjabat sebagai wali kota kita, saya bertanya kepada alam semesta, apakah kita belum cukup menderita?

Pisano, yang juga mengalami kemalangan karena mengalami kutu busuk, dan orang lain yang senasib dengannya menggunakan X sebelumnya Twitter, untuk memperingatkan para pelancong dan menyampaikan nasihat agar mereka tetap aman.

"Cuci dengan air panas lalu masukkan ke dalam pengering lalu ke pembersih kering,” tulis seorang pengguna. "Jika Anda memiliki ruang luar (dan cuacanya panas) tinggalkan koper Anda di luar dengan dibungkus kantong sampah hitam. Cuci semuanya dengan air panas."

"Taruh Vaseline di kaki rangka tempat tidurmu karena pengisapnya merayap," sahut yang lain.

Namun, beberapa orang tidak mempunyai harapan untuk melakukan mitigasi terhadap situasi ini: "Saya khawatir tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya. Anda terlalu percaya pada orang yang tidak peduli."

Meski demikian saran resmi dari Environmental Protection Agency (EPA) terkait pakaian dengan mengeringkan pakaian Anda pada suhu panas untuk membunuh penumpang tak diundang --kutu busuk--  patut dipertimbangkan.

 

4 dari 5 halaman

Kutu Busuk 'Serang' Sekolah di Prancis

Sementara itu, pemerintah Prancis sedang bekerja keras untuk mengatasi kepanikan nasional akibat kutu busuk, karena sebuah sekolah di Paris menjadi gedung terbaru yang dilaporkan terkena serangan kutu busuk. Demikian menurut laporan dari BBC yang dikutip Minggu 8 Oktober 2023.

Pejabat senior dari kementerian kesehatan, ekonomi dan transportasi bertemu pada Jumat 6 Oktober 2023 di kantor perdana menteri untuk mengoordinasikan rencana tindakan melawan serangga tersebut.

Mereka diharapkan dapat mempercepat usulan pembentukan observatorium nasional mengenai kutu busuk. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan gambaran akurat tentang fenomena tersebut.

Ahli entomologi dan pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa meskipun tidak diragukan lagi telah terjadi peningkatan populasi kutu busuk - dan tidak hanya di Prancis - banyak penampakan baru-baru ini yang salah, dan terdapat risiko histeria yang tidak beralasan.

Nicolas Roux de Bézieux, pencipta situs pengendalian hama badbugs.fr, mengatakan dalam tiga dari empat panggilan telepon yang ia terima dari pemilik rumah yang bersangkutan, masalahnya ternyata bukan disebabkan oleh kutu busuk.

Romain Morzaderc, seorang pengendali hama di Brittany, mengatakan kepada surat kabar Ouest-France bahwa "dalam 99% kasus, memang ada serangga hitam yang jahat, tapi tidak, mereka bukan kutu busuk".

 

5 dari 5 halaman

Khawatir Citra Paris Rusak

Adapun pemerintah Prancis khawatir dengan banyaknya pemberitaan tentang kutu busuk yang mendominasi berita utama di dalam dan luar negeri. Para menteri khawatir citra Paris akan rusak dan pariwisata akan terkena dampaknya, terutama selama Olimpiade tahun depan, 2024.

Namun mereka perlu mencapai keseimbangan antara meyakinkan masyarakat, dan pada saat yang sama meningkatkan kesadaran akan suatu masalah yang memerlukan tindakan cepat agar dapat dikendalikan dengan baik.

Menteri Transportasi Prancis Clément Beaune mengatakan pada hari Rabu bahwa dari hampir 50 laporan penampakan kutu busuk di kereta metro dan SNCF, tidak ada satu pun yang diverifikasi.

"Saya tidak ingin melihat serangan terhadap Prancis terjadi… seperti yang kadang terjadi di negara-negara Anglo-Saxon,” kata Clément Beaune. "Masalah ini perlu ditanggapi dengan sangat serius. Jangan ada penyangkalan. Dan jangan histeria."

Selama beberapa pekan terakhir, perusahaan pengendalian hama di seluruh Prancis telah melaporkan peningkatan besar dalam jumlah kasus kutu busuk. Para ahli mengatakan selalu ada peningkatan setelah liburan musim panas, dan setiap tahun lonjakannya semakin besar.

“Hal ini terjadi di kota-kota di mana pun,” kata Nicolas Roux de Bézieux, pencipta situs pengendalian hama badbugs.fr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini