Sukses

Seperti Mall Siam Paragon Bangkok, Ini 3 Kasus Penembakan di Dalam Pusat Perbelanjaan

Seorang remaja laki-laki membuat kehebohan di sebuah pusat perbelanjaan besar di pusat ibu kota Thailand, Siam Paragon Mall pada Selasa 3 Oktober 2023 sore.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja laki-laki membuat kehebohan di sebuah pusat perbelanjaan besar di pusat ibu kota Thailand, Siam Paragon Mall pada Selasa 3 Oktober 2023 sore.

Aksi penembakan yang dilakukan olehnya membuat para pengunjung mal populer itu panik berlarian menyelamatkan diri.

"Seorang remaja laki-laki dengan pistol melepaskan tembakan di dalam sebuah pusat perbelanjaan besar di pusat ibu kota Thailand pada Selasa sore, menewaskan dua orang sebelum ditangkap," kata pihak berwenang seperti dikutip dari AP, Rabu (4/10/2023).

Polisi mengatakan, seorang tersangka penembakan ditahan kurang dari satu jam setelah laporan pertama terjadinya tembakan di Siam Paragon Mall, salah satu tujuan belanja terbesar dan paling mewah di Bangkok.

Video yang diunggah ke media sosial dan ditayangkan di televisi memperlihatkan seorang remaja laki-laki berambut gondrong diamankan polisi.

Media-media besar di Thailand melaporkan bahwa ia berusia 14 tahun, namun kepala polisi yang baru diangkat, Torsak Sukvimol, hanya mengonfirmasi bahwa ia masih di bawah umur dan pernah dirawat karena penyakit mental.

Kasus penembakan semacam ini juga pernah terjadi sebelumnya, di pusat perbelanjaan atau mall. Dikutip dari berbagai sumber berikut selengkapnya:

1. Penembakan Picu Mal Terbesar di Amerika Serikat Lockdown

Seseorang melepaskan tembakan pada Kamis 4 Agustus 2022 di Mall of America yang berada di pinggiran kota Minneapolis.

Peristiwa penembakan itu membuat pembeli berlarian mencari perlindungan, tetapi polisi mengatakan tampaknya tidak ada yang terluka.

Polisi Bloomington juga mengatakan mereka masih mencari tersangka setelah mengamankan tempat kejadian, Mall of America, sesaat sebelum pukul 06.00 sore waktu setempat.

Mereka mengatakan lockdown yang memaksa beberapa pembeli untuk berlindung di tempat itu, sementara yang lain melarikan diri, sedang dalam proses dicabut, tetapi mal itu tidak akan dibuka kembali pada hari selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Penembakan di Mall Carolina Selatan

Sepuluh orang ditembak dan terluka di sebuah pusat perbelanjaan di luar Columbia, ibukota Carolina Selatan, Amerika Serikat, kata polisi pada Sabtu 16 April 2022 sore waktu setempat.

Penembakan itu terjadi di mal Columbiana, sekitar 10 mil dari pusat kota Columbia.

Korban luka berusia antara 15 - 73 tahun, dan responden pertama membawa delapan orang ke rumah sakit, kata kepala polisi Columbia, William Holbrook.

Dua dari mereka yang dibawa ke rumah sakit berada dalam kondisi kritis, dengan enam dilaporkan terluka parah, Holbrook menambahkan.

Dua orang lainnya yang ditembak membawa diri mereka ke rumah sakit, sementara dua lainnya menderita luka-luka yang tidak terkait dengan tembakan, tetapi dihasilkan dari penyerbuan yang disebabkan oleh penembakan itu.

 

3 dari 3 halaman

3. Penembakan di Mall New Jersey

Insiden penembakan sedang terjadi lagi. Namun kali ini terjadi di sebuah mal di New Jersey, Amerika Serikat pada Senin, 4 November 2013.

"Polisi menanggapi laporan ada penembak di Westfield Garden State Plaza Mall di Paramus, New Jersey," kata seorang petugas yang menjawab telepon di Departemen Kepolisian Paramus.

Menurut keterangan saksi mata, Eddie Kahmann mengaku mendengar bunyi tembakan 6 sampai 7 kali sekitar pukul 21.20 waktu setempat.

"Hanya ada orang-orang berlarian seperti orang gila, jadi aku cepat-cepat menutup toko, berlari ke belakang, mematikan semua lampu, musik dan semuanya, lalu bersembunyi," urai Eddie. Pria yang bekerja di dalam mal itu mengatakan kepada CNN dari dalam mal, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di wilayah Kota New York.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.