Sukses

18 Ide Kerajinan Unik dan Kreatif Daur Ulang Botol Plastik, dari Barang Fungsional Hingga Mainan

Ide kerajinan mendaur ulang botol plastik bekas menjadi salah satu alternatif terbaik untuk meminimalkan sebaran sampah plastik di lingkungan. Berikut langkah kreasi DIY daur ulang botol plastik menjadi karya berguna nan cantik.

Liputan6.com, Jakarta - Plastik merupakan salah satu bahan yang hampir digunakan di setiap aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari bungkus makanan, peralatan rumah tangga, hingga kerangka barang elektronik. Tak heran jika plastik kemudian menyumbang sampah yang cukup besar. 

Botol plastik adalah salah satunya, terutama untuk kemasan sekali pakai. Ide kerajinan mendaur ulang botol plastik bekas menjadi salah satu alternatif terbaik untuk meminimalkan sebaran sampah plastik di lingkungan. Cara ini bahkan bisa menghemat uang. 

Simak langkah kreasi DIY (Do it Your Self atau membuat sendiri) daur ulang botol plastik menjadi karya berguna nan cantik, melansir dari BudgetDumpster pada Minggu, (17/9/2023):

1. Kotak Pensil dari Botol Plastik

<p>Ilustrasi Kotak Pensil dari Botol Bekas. (Pixabay/Citypraiser)</p>

Jangan buang botol plastik bekas minuman Anda. Manfaatkan untuk membuat kotak penyimpanan pulpen dan berbagai perlengkapan alat tulis. Bikin terkesan rekan kerja dan anak-anak Anda dengan karya daur ulang ini. 

2. Tempat Penyimpanan Bumbu

<p>Ilustrasi Botol Plastik. (Pixabay/Zeropromosi)</p>

Anda bisa menata dapur dengan lebih rapi menggunakan bekas botol plastik. Letakkan beberapa bumbu seperti gula, garam, dan lainnya pada botol bekas. Pemilihan wadah berbentuk botol akan mempermudah proses penuangan.

3. Pot Tanaman Berkarakter Kucing Lucu dari Botol Plastik

<p>Ilustrasi Kerajinan Botol Plastik Berkarakter. (Pixabay/FlorenceD-pix)</p>

Kalau Anda tipe yang menyukai merawat tanaman di rumah, lakukan hal kreatif ini. Kini, pot tanaman di rumah Anda akan tampil cantik dan unik. Ikut langkahnya.

  • Potong sepertiga bagian bawah botol berukuran 2 liter
  • Warnai botolnya dengan warna kesukaan Anda
  • Gunakan bagian sisa botol untuk membuat bentuk telinga kucing
  • Gambarlah mata, hidung, mulut, dan kumis kucing pada botol
  • Isi botol dengan biji dan tanah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

4. Penyiram Tanaman dari Botol Deterjen

Anda dapat menghemat uang dengan memanfaatkan bekas botol deterjen untuk membuat alat penyiram tanaman. Caranya cukup mudah. Bersihkan wadah botol tersebut dan buat beberapa lubang di tutupnya. Jangan lupa untuk melepas label merk agar Anda tak dianggap aneh karena menuangkan deterjen ke tanaman. 

5. Sekop Mini untuk Kebun Bahkan Kotoran Peliharaan Anda

<p>Tangkapan layar sekop daur ulang dari botol bekas. (Youtube/ehow)</p>

Ide ini adalah salah satu karya termudah dan paling berguna karena menghasilkan sekop untuk dapat digunakan berbagai hal, mulai dari berkebun hingga membuang kotoran peliharan kesayangan. 

6. Membuat Pot Hidroponik dari Botol Bekas

<p>Ilustrasi tanaman hidroponik. (Pixabay/cepris)</p>

Kini Anda dapat membuat kebun mini dengan memanfaatkan botol bekas berukuran 2 liter. Botol dapat didesain menjadi pot hidroponik sesuai untuk Anda yang sibuk karena dapat menyimpan cadangan air untuk tanaman. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya:

  • Lepaskan label dari botol dan bersihkan bagian dalamnya.
  • Ambil benda tajam dan buat lubang drainase di sepertiga bagian atas botol.
  • Buat lubang di sisi botol sekitar setengahnya.
  • Bungkus selembar kertas di permukaan botol.
  • Ambil spidol dan buat garis potong di kertas pada botol.
  • Potong botol mengikuti garis.
  • Balikkan bagian atas botol dan masukkan potongan kain.
  • Pastikan kain bersentuhan dengan tanah.
3 dari 6 halaman

7. Kreasi Celengan dari Botol Plastik Bekas

Niat menabung dengan menghemat pengeluaran sebaiknya benar-benar dilaksanakan yakni salah satunya adalah memanfaatkan barang bekas untuk alat menabung alih-alih membelinya di toko. Anda dapat mengecat seluruh permukaan botol agar uang di dalamnya tidak terlihat atau membiarkannya transparan. 

8. Wadah HP Saat Mengisi Daya dari Botol Losion Bekas

<p>Kreasi Wadah Hp dari Botol Losion Bekas. (makeit-loveit.com)</p>

Tingkat keamanan ponsel harus benar-benar dijaga oleh penggunanya jika tak ingin terjatuh lalu pecah dan perlu merogoh kantong cukup dalam untuk biaya perbaikan. Tak terkecuali keamanan saat sedang mengisi daya. 

Sakelar charger sebagian besar berada di dinding yang memungkinkan gawai tersenggol kemudian terjatuh. Untuk mencegahnya, Anda dapat membuat wadah HP saat sedang mengisi daya menggunakan botol losion bekas, spidol untuk membuat kerangka, dan cutter. 

9. Ember Pantai dari Wadah Deterjen Baju

<p>Ilustrasi Ember Pantai. (Pixabay/cocoparisienne)</p>

Simpanlah botol bekas deterjen baju Anda karena dapat dimanfaatkan untuk membuat ember pantai. Memanfaatkan wadah deterjen baju untuk ember pantai dapat membantu menghemat pengeluaran dan membantu kesehatan lingkungan. Cara membuatnya mirip dengan kreasi sekop di poin no. 5

4 dari 6 halaman

10. Filter Air Sederhana dari Botol Bekas

Kalau air di rumah Anda keruh dan merasa kurang jernih, tips ini mungkin akan berguna. Botol plastik bekas berukuran 2 liter dapat didaur ulang menjadi filter air sederhana. 

11. Buat Sampah Botol Plastik Anda Jadi Tempat Sampah

<p>Tempat Sampah dari Daur Ulang Botol Plastik. (instructables.com/victorjoako)</p>

Tempat sampah dari sampah. Istilah yang terdengar bagus. Perilaku yang sangat ramah lingkungan yakni membuat sampah dari botol plastik daur ulang. Anda dapat menyusun beberapa botol plastik berukuran sedang membentuk wadah berdiameter cukup untuk tempat sampah. Lalu, rekatkan susunan botol tersebut.

12. Membuat Sapu Luar Ruangan dari Botol Plastik Daur Ulang

<p>Tangkapan layar gambar sapu dari botol plastik bekas. (Youtube/BernardoTech)</p>

Botol plastik bekas tampaknya memiliki daftar panjang dalam potensi daur ulangnya. Ia dapat menjadi sapu luar ruangan yang kokoh sehingga mudah untuk membersihkan kotoran dan benda-benda di luar. 

 

5 dari 6 halaman

13. Penutup Lampu dari Botol Plastik

Penutup botol pada poin ini memiliki nilai daur ulang barang yang cantik. Tutup botol dapat disusun lalu dirangkai menjadi penutup atau pelindung lampu di rumah Anda. Sinar lampu akan menjadi tampak lebih indah dengan kreasi daur ulang penutup botol ini. 

14. Mainan Pesawat dari Botol Sampo

<p>Ilustrasi Botol Sampo. (Pixabay/tomekwalecki)</p>

Bekas botol sampo jangan dibiarkan berakhir di tempat sampah khususnya bagi Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Bentuk botol sampo yang sebagian besar pipih dan lebar dapat dijadikan sebagai badan pesawat mainan. 

Kreasi ini dapat diselesaikan dengan berbagai cara sesuai kreativitas Anda dalam mengecat, menempelkan, dan merekatkan berbagai elemen pada botol. Agar terasa lebih mengasyikkan, Anda dapat mengajak si kecil secara langsung dalam proses pembuatannya. 

15. Kebun Gantung Vertikal dari Botol Soda

<p>Ilustrasi Pot dari Botol Plastik (Pixabay/Zlatano16)</p>

Hiasi rumah Anda dengan taman gantung vertikal yang indah dari botol soda bekas. Perlu beberapa botol soda dalam pembuatannya agar terlihat lebih menarik. Anda memerlukan peralatan tambahan seperti tali jemuran, benang, atau kabel berwarna. 

6 dari 6 halaman

16. Mainan Roket Jet Daur Ulang Botol Bekas untuk Anak

Ide mainan ini tampak seru dan mendorong imajinasi anak. Anda memerlukan 2 botol plastik bekas berukuran 2 liter, 2 tali, satu bidang datar untuk papan, dan potongan kertas berwarna merah dan oren. Susun berdasarkan ilustrasi pada gambar.

17. Mainan Mobil dari Botol Deterjen Bekas

<p>Mainan Mobil dari Botol Deterjen Bekas. (Inhabitat.com/Mark Boyer)</p>

Ajak anak Anda untuk melakukan kegiatan daur ulang yang melindungi bumi dan menyenangkan. Siapkan botol deterjen bekas yang telah dibersihkan, 4 penutup botol berukuran besar sebagai roda serta beberapa pernik hiasan lain sesuai selera. Susun dan tantang kreativitas si kecil. 

18. Alat Penyiram Hasil Daur Ulang Botol Plastik

<p>Ilustrasi Botol Plastik. (Pixabay/Hans)</p>

Kini, Anda juga dapat membuat alat penyiram yang dapat dihubungkan di ujung selang hasil daur ulang botol plastik. Cukup lubangi botol berukuran 2 liter dan kaitkan ke selang milik Anda. Alat penyiram hasil daur ulang ini akan terasa sangat menyenangkan jika digunakan di halaman rumah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini