Sukses

Donald Trump Bebas dengan Uang Jaminan Rp 3 Miliar

Donald Trump hanya di penjara Fulton County, Georgia, selama 20 menit saja.

Liputan6.com, Georgia - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak ditahan di penjara Fulton County, Georgia, setelah membayar uang jaminan sebesar USD 200 ribu atau Rp 3 miliar. Alhasil, Donald Trump bisa langsung pulang usai melakukan pendataan. 

Ini adalah kasus kesekian Donald Trump di AS menjelang pemilu AS 2024. Pada kasus di Georgia ini, Trump dijerat kasus karena dituduh menolak dan kongkalikong hasil pemilu di negara tersebut yang memenangkan Joe Biden.

Hakim di Georgia menggunaan pasal anti-mafia untuk menjerat Trump. Mantan presiden itu menuding bahwa kasusnya hanya untuk menjegalnya maju lagi sebagai presiden.

Sebelumnya dilaporkan BBC, Trump dijerat UU penipuan (racketeering), ajakan melanggar sumpah pegawai pemerintah, konspirasi untuk memalsukan diri sebagai pegawai pemerintah, konspirasi untuk melakukan penipuan dokumen, dan pernyataan palsu di dokumen.

Tuduhan-tuduhan itu menyebut pihak tertuduh sebagai "organisasi kriminal".

Tuduhan paling serius adalah soal penipuan, yakni Racketeer Influenced and Corrupt Organizations Act (RICO) yang memberikan ancaman maksimal 20 tahun penjara. UU tersebut digunakan untuk melawan sindikat kriminal seperti mafia.

Pihak Donald Trump menyebut tuduhan dari Georgia itu sebagai tindakan "partisan liar" yang memberikan "tuduhan-tuduhan omong kosong" untuk merugikan upayanya di pemilu AS 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mantan Presiden AS Pertama yang Punya Mug Shot

Dilansir dari People, tak lama setelah penyerahan diri ini, Kantor Sheriff Fulton County merilis mug shot atau foto dokumentasi sebelum seseorang ditahan atau berurusan dengan masalah hukum.

Dalam foto ini Donald Trump hanya terlihat dari kepala sampai pundak, tapi ia terlihat tampil rapi. Ia mengenakan jas biru kelasi, dipadu dengan kemeja putih dan dasi merah.

Ia kemudian diproses sebagai tahanan dengan nomor P01135809. Suami Melania Trump ini didepskripsikan memiliki tinggi 6 kaki dan 3 inci, atau sekitar 190,5 sentimeter, serta memiliki “rambut pirang atau warna stroberi” dan mata biru. 

Foto ini menjadi sangat bersejarah, karena Donald Trump satu-satunya orang yang pernah memegang jabatan Presiden AS, dan punya mug shot. Foto ini lantas viral di media sosial.

Saat artikel ini dibuat, nama “Trump” masuk dalam 20 besar trending topic di Twitter—atau X—wilayah Indonesia. Angka cuitannya telah mencapai jutaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.