Sukses

Bayi Jerapah Langka Tanpa Corak Khas Ini Diyakini Satu-Satunya di Dunia, Voting untuk Namanya

Seekor jerapah langka tak berbintik atau tanpa corak khas binatang jangkung itu dikabarkan lahir di kebun binatang The Bright Zoo, Limestone, Tennessee, AS. Unik!

Liputan6.com, Tennessee - Seekor jerapah langka tak berbintik atau tanpa corak khas binatang jangkung itu dikabarkan lahir di kebun binatang The Bright Zoo, Limestone, Tennessee, AS. Unik!

Melansir United Press International, Rabu (23/8/2023), pihak kebun binatang mengatakan bahwa bayi jerapah betina unik itu dilaporkan lahir pada 31 Juli lalu. Berbeda dengan jerapah pada umumnya, yang satu ini memiliki warna cokelat bersih tanpa corak. 

Pihak berwenang meyakini bahwa jerapah yang lahir di Tennessee tersebut merupakan satu-satunya jerapah tanpa pola bintik di dunia. 

Direktur kebun binatang, David Bright juga menambahkan bahwa jerapah berwarna solid terakhir yang ditemukan adalah Toshiko di kebun binatang Ueno, Tokyo pada 1972.

Saat ini, pengelola kebun binatang sedang mempertimbangkan beberapa nama untuk jerapah unik tersebut. Di antaranya yakni;

  • Kipekee
  • Firyali
  • Shakiri
  • Jamella

Masyarakat umum akan dilibatkan dalam pemilihan nama tersebut dengan memberikan suara sejak Selasa 22 Agustus. 

Jerapah Putih Langka nan Cantik di Kenya

Bicara soal jerapah unik dan langka, salah satu wilayah di Afrika Timur ternyata memiliki jerapah berwarna putih nan cantik. Selanjutnya dipercaya bahwa itu adalah satu-satunya di dunia saat ini.

Bukan tanpa sebab kulit jerapah tersebut dapat berbeda seperti pada umumnya yang berwarna coklat dan bercorak. Rupanya, ia memiliki keadaan genetik langka yakni leucisme. Pigmen pada kulit menjadi hilang dan membuatnya nampak seperti albino. 

Untuk menjaga eksistensi jenisnya yang amat langka, tubuhnya kini dipasang alat pelacak GPS. Hal ini dilakukan karena dua keluarganya mati diburu sehingga pengawas satwa akan menjaga jerapah dengan memberikan informasi terkini setiap jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Bintik di Kulit Jerapah

Sebagai salah satu hewan tertinggi di dunia, jerapah terkenal dengan corak kulitnya yang indah. Namun, apakah kamu tau apa di balik bintik indah tersebut?

Bintik di tubuh jerapah merupakan tempat pembuluh darah arteri sentral. Arteri tersebut terhubung oleh vena besar di sekeliling titik yang berdekatan, melansir laman Pursuit dari University of Melbourne.

Struktur tersebut dikenal sebagai angiosom. Studi menyebutkan bahwa titik angiosom jerapah menjadi sistem paling rinci dan terspesialisasi dalam perpindahan darah hangat dalam jumlah besar dan cepat yang ditemukan saat ini.

Tak hanya itu, bintik pada tubuh jerapah mampu untuk mengeluarkan atau menahan panas tubuh yang diarahkan langsung ke paru-paru. Fungsi luar biasa ini tentu dapat menyelamatkan otot, organ, dan struktur lain jerapah dari suhu tinggi maupun rendah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.