Sukses

Warga Indonesia di Arizona Rayakan Kemerdekaan ke-78 RI, Pesta Rakyat Jadi Serba Meriah

Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dirayakan dengan semarak oleh ratusan warga Indonesia di wilayah Arizona Amerika Serikat.

Liputan6.com, Phoenix - Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dirayakan dengan semarak oleh ratusan warga Indonesia di wilayah Arizona Amerika Serikat.

Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) Phoenix, menggelar acara "Pesta Rakyat Indonesia di Arizona 2023," pada tanggal 19 Agustus, dengan mengumpulkan lebih dari 500 peserta dari berbagai kota di Arizona dan wilayah tetangga seperti Colorado, Nevada, dan California.

Di bawah langit biru Arizona, semangat persatuan dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia terasa semakin kuat.

Acara dimulai dengan Upacara Bendera yang khidmat, diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan lagu-lagu nasional lainnya seperti "Maju Tak Gentar" dan "Hari Merdeka."

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Permias Phoenix, Rayhan Rizqi, menegaskan bahwa perayaan ini bukan hanya sekadar merayakan kemerdekaan, tetapi juga menyatukan komunitas Indonesia yang beragam di Arizona.

Acara ini tidak hanya melibatkan warga negara Indonesia, tapi juga diaspora Indonesia.

Pidato Hari Kemerdekaan disampaikan oleh Konsul Imigrasi Feddy Pasya, mewakili Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles (KJRI-LA). Feddy mengingatkan pentingnya menjaga cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia, bahkan di tanah asing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Paspor Merdeka

Tim KJRI-LA juga memberikan pelayanan imigrasi "Paspor Merdeka" kepada peserta Indonesia untuk mendukung komunitas di Arizona.

Tidak hanya acara seremonial, acara ini juga menghidangkan beragam masakan khas Indonesia yang lezat dan memamerkan beragam produk kain Batik Indonesia.

Lomba-lomba meriah seperti "Lomba Makan Kerupuk" dan "Lomba Meletuskan Balon" menyatukan para peserta dalam tawa dan sukacita.

Puncak acara adalah pertunjukan tradisional Indonesia yang memukau, termasuk tari-tarian dan lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia. Ini dilanjutkan dengan joget bareng dengan alunan lagu-lagu dangdut, poco-poco, dan Gemu Fa Mi Re.

"Acara ini berhasil menciptakan persatuan dan silaturahmi antara komunitas Indonesia di seluruh negara bagian," ujar Rayhan Rizqi, "Merayakan cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia adalah sesuatu yang sangat berarti bagi kita semua."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.