Sukses

5 Potret Hewan Kesayangan Pemimpin Dunia, Ada Anjing Joe Biden hingga Vladimir Putin

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron sama-sama memiliki anjing peliharaan yang diadopsi dari rumah penampungan.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin negara lebih banyak mendapat sorotan atas isu politik hingga permasalahan negara yang mereka hadapi. 

Dikenal sebagai sosok yang serius, banyak orang lupa bahwa mereka juga memiliki urusan pribadi yang harus ditangani. Salah satunya adalah hewan peliharaan kesayangan.  

Salah satu tokoh dunia yang terkenal sangat dekat dengan hewan peliharaannya adalah mendiang Ratu Elizabeth II. Dua ekor anjing jenis corgi miliknya, Muick dan Sandy, kerap tampil bersama Ratu Elizabeth II di berbagai kesempatan.

Bahkan saat peti mati Ratu melintas di depan Kastil Windsor, kedua anjing tersebut pun turut memberi penghormatan terakhir kepada sang majikan. 

Rupanya, bukan hanya mendiang Ratu Elizabeth II yang memiliki kecintaan terhadap hewan peliharaan. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden hingga Presiden Rusia Vladimir Putin juga memiliki kecintaan yang sama terhadap hewan peliharaan mereka masing-masing. 

Dilansir Free Malaysia Today, Sabtu (28/7/2023), berikut adalah potret sejumlah hewan kesayangan para pemimpin dunia: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anjing Presiden AS Joe Biden: Champ dan Major

Presiden ke-46 Amerika Serikat Joe Biden mengembalikan sejumlah tradisi yang dihentikan presiden sebelumnya. Salah satunya adalah kepemilikan hewan peliharaan di Gedung Putih.

Dua ekor anjing jenis German Sheperd milik Biden yang bernama Champ dan Major mendapat kehormatan sebagai anjing adopsi pertama yang tinggal di Gedung Putih. 

Presiden Biden ternyata memiliki ketertarikan tersendiri dengan jenis anjing itu, di mana ia pernah melatih mereka sejak Biden kecil. 

Champ, anjing yang lebih tua, telah dipelihara Biden sejak ia menjabat jadi wakil presiden Barack Obama. 

Mayor, yang dipelihara sejak 2018, disebut-sebut diberi nama berdasarkan pangkat militer milik mendiang putra Biden, Beau.

3 dari 6 halaman

2. Anjing Presiden Prancis Emmanuel Macron: Nemo

Seekor anjing dengan jenis campuran Labrador dan Golden Retriever berwarna hitam lahir pada tahun 2015, yang kemudian ditinggalkan oleh pemiliknya. 

Ia kemudian tinggal di rumah penampungan pada tahun 2017, hingga akhirnya diadopsi oleh istri Presiden Prancis Emmanuel Macron, Brigitte Macron.

Memiliki nama asli Marin, anjing itu kemudian berganti nama jadi Nemo, sesuai dengan karakter Kapten Nemo dalam novel berjudul "Twenty Thousand Leagues Under the Sea" karya Jules Verne, yang merupakan kesukaan Macron.

Sejak itu, Nemo tinggal di Istana Elysee yang mewah, dan kerap muncul bersama Macron dalam konferensi pers dan pertemuan dengan pemimpin dunia lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Kucing Milik PM Inggris: Larry

Larry tinggal di Downing Street 10 sejak tahun 2011, membuatnya menyaksikan pergantian perdana menteri Inggris beberapa kali. 

Kucing berwarna campuran cokelat dan putih itu merupakan kucing yang diselamatkan, yang seharusnya menjadi peliharaan anak-anak mantan PM David Cameron. 

Menurut situs web Downing Street, Larry memiliki beberapa tugas termasuk menyambut tamu, memeriksa keamanan, dan menguji furnitur antik untuk tidur siang berkualitas. 

Namun, Larry tampak seperti kucing kebanyakan yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. 

Bahkan, ia berulang kali disebut sebagai "Lazy Larry" oleh sejumlah media. 

5 dari 6 halaman

4. Anjing Milik Presiden Rusia Vladimir Putin: Yume, Buffy, Pasha dan Verni

Terlepas dari sifat kepemimpinannya yang garang, Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki sifat penyayang terhadap anjing peliharaannya. 

Pasha dan Verni, masing-masing adalah hadiah dari presiden Serbia dan Turkmenistan. Sementara Yume adalah seekor anjing jenis Akita yang dipersembahkan oleh Prefektur Akita Jepang, sebagai hadiah atas bantuan Rusia setelah gempa bumi dan tsunami Tohoku pada tahun 2011.

Putin juga memiliki anjing jantan berjenis Bulgarian Sheperd bernama Buffy, yang merupakan hadiah dari Bulgaria. Namanya dipilih oleh seorang anak muda setelah kompetisi nasional.

6 dari 6 halaman

5. Anjing Presiden Finlandia Sauli Niinistö: Lennu

Lennu, anjing peliharaan milik Presiden Finlandia Sauli Niinistö, rupanya pernah viral ketika foto-fotonya yang tersebar di internet menjadi topik pembicaraan masyarakat di sana. 

Potret ketika Lennu tersenyum nakal saat sedang dimarahi majikannya selama upacara, telah dibagikan di Twitter sebanyak 30.000 kali dan mendapat 150.000 suka. 

Perilaku Lennu tak kalah menggemaskan, terlebih ketika ia memeriksa apakah hadiah yang sebenarnya ditujukan untuk Presiden Sauli, adalah untuknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.