Sukses

Bikin Panik! Ular Piton Bola Melintas Saat Keluarga Sedang Nonton TV Lalu Sembunyi di Bawah Mesin Cuci

Satu keluarga di San Antonio, Texas, kaget ketika mereka menemukan seekor ular besar jenis ular piton bola, melata di lantai ruang tamu saat mereka sedang menonton TV pada pukul 02.00 dini hari.

Liputan6.com, San Antonio - Satu keluarga di San Antonio, Texas, kaget bukan main ketika mereka menemukan seekor ular besar jenis piton bola melata di lantai ruang tamu saat mereka sedang menonton TV pada pukul 02.00 dini hari.

Saat kepanikan melanda, reptil itu meluncur ke bawah mesin cuci piring di dapur. Keluarga tersebut kemudian bergegas menelepon San Antonio Police Department (SAPD) atau kepolisian San Atonio, yang menghubungi Layanan Perawatan Hewan Kota San Antonio untuk mendapatkan bantuan dari ahli.

"Dia muncul tiba-tiba di ruang tamu sebuah keluarga di San Antonio ketika mereka sedang menonton TV larut malam. Dia meluncur masuk ke ruang tamu, memicu panggilan darurat ke 911," kata Lisa Norwood, juru bicara Layanan Perawatan Hewan Kota San Antonio, dilansir dari Newsweek, Selasa (18/7/2023).

Norwood menambahkan, "Departemen Polisi San Antonio datang ke lokasi dan memanggil petugas Layanan Perawatan Hewan kami, Trinidy Guevara, untuk menangani ular tersebut yang bersembunyi di bawah mesin cuci piring."

Ular itu akhirnya diselamatkan dari tempat persembunyiannya dan dibawa keluar dari rumah.

"Dengan bantuan keluarga dan petugas SAPD, Guevara memindahkan mesin cuci piring dan mengambil ular yang pemalu namun ramah tersebut!" kata Layanan Perawatan Hewan Kota San Antonio dalam sebuah unggahan di Facebook

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ular Betina Itu Diberi Nama Zolta

Ular itu kemudian diberi nama Zolta oleh tim penyelamat yang kemudian mengidentifikasi jenis reptil tersebut ternyata adalah ball python atau ular piton bola.

Reptil-reptil ini, juga disebut royal python, merupakan hewan asli Afrika sub-Sahara bagian barat dan tengah. Dinamai demikian karena kecenderungannya untuk menggulung menjadi bola saat sedang stres.

Penyelamatnya membagikan foto ular tersebut, yang kemudian dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa dan dibawa ke tempat penampungan.

"Zolta dibawa ke kamar gawat darurat hewan selama semalam untuk memastikan dia dalam kondisi baik dan kemudian dikirim ke Footbridge Foundation Rescue, mitra penyelamatan Layanan Perawatan Hewan lokal," kata Lisa Norwood, juru bicara Layanan Perawatan Hewan Kota San Antonio.

Ular jenis ini bisa tumbuh hingga 6 kaki atau setara 183 cm panjangnya, tetapi biasanya lebih kecil, antara 4 hingga 5 kaki (122 cm hingga 153 cm). Ular bola tidak berbisa, melainkan membunuh mangsanya dengan membelit tubuhnya yang panjang hingga mangsanya mati.

"Zolta awalnya bernama Zoltar, tapi ternyata dia adalah ular betina, jadi namanya sedikit diubah," ujar Norwood. "Teorinya adalah, Zolta melarikan diri dari rumah terdekat dan menikmati udara malam yang panas di Texas sebelum akhirnya masuk ke dalam apartemen tersebut."

Ular bola adalah ular peliharaan yang paling populer di dunia, dan reptil peliharaan yang paling populer kedua setelah bearded dragon. Kedua hewan ini dapat hidup di penangkaran dalam waktu yang sangat lama. Salah satu satu ular piton di Kebun Binatang St Louis bahkan mencapai usia 62 tahun.

3 dari 4 halaman

Temuan Ular Kobra Bikin Kaget

Ular seringkali ditemukan bersembunyi di sekitar kita. Baik di rumah, kamar mandi, taman, atau bahkan pesawat. Salah satunya pernah ditemukan di bawah kursi pilot Afrika Selatan bahkan sampai memicu pendaratan darurat.

Dilansir dari UPI, Sabtu (8/4/2023), adalah pilot bernama Rudolf Erasmus yang sedang menerbangkan pesawat pribadi membawa empat penumpang dari Bloemfontein ke Pretoria ketika dia menemukan dirinya dalam situasi yang mengingatkannya pada film Snakes on a Plane.

Erasmus mengatakan bahwa dia merasakan sensasi dingin di bajunya. Namun, pada saat itu, dia mengira itu adalah botol airnya yang bocor.

"Ketika saya menoleh ke kiri dan melihat ke bawah, saya bisa melihat kepala ular itu mundur ke bawah kursi saya," kata Erasmus kepada NPR. "Jika boleh sangat jujur, pada saat itu ada momen keheningan yang mencengangkan."

Erasmus membutuhkan beberapa saat untuk menyadari bahwa dia baru saja melihat ular kobra yang sangat berbisa di pesawat bersamanya.

Pilot itu dengan cepat mengatur pendaratan darurat di bandara terdekat, di Welkom, dan memberi tahu penumpangnya tentang tamu gelap yang tidak diundang.

"Anda seperti bisa mendengar jarum jatuh, karena suasananya langsung sangat hening dalam sekejap. Saya pikir semua orang membeku untuk beberapa saat," katanya kepada BBC.

Namun berbeda dengan film tahun 2006, pesawat kali ini berhasil mendarat tanpa ada insiden digigit ular kobra. Para penumpang dan awak pesawat turun dengan selamat.

4 dari 4 halaman

Ular Ditemukan di Telinga

Kasus temuan ular lainnya yang sempat menghebohkan sosial media terjadi pada September 2022. Saat itu salah satu video viral, yang memperlihatkan seorang dokter sedang melakukan berbagai upaya untuk mengeluarkan ular dari telinga pasiennya.

Namun, usaha yang dilakukan dokter untuk mengeluarkan ular itu nampaknya sia-sia.

Dilansir dari laman NDTV, Rabu (14/9/2022), Video yang meresahkan dan telah tersebar luas di internet itu menunjukkan ada seekor ular berwarna kuning terjebak dengan sangat kuat di dalam telinga seorang Wanita, dan tidak menunjukkan  ada tanda-tanda bahwa ular tersebut dapat tertarik keluar dari telinga tersebut.

Dalam video itu, seorang dokter terlihat mengenakan sarung tangan dan menggunakan klip untuk mencoba mengeluarkan ular dari telinga pasiennya. Selain itu, di sekitarnya juga terlihat ada keluarga pasien yang mengintip proses tersebut.

Namun, lokasi dan waktu kejadian masih belum terungkap dalam video tersebut.

Video tersebut menunjukkan ada beberapa kali percobaan dengan beberapa Teknik yang berbeda oleh dokter tersebut dalam upayanya-yang tampaknya tak membuahkan hasil- untuk mengeluarkan ular dari telinga pasien Wanita tersebut.

Seorang pengguna Facebook Bernama Chandan Singh memposting video tersebut dengan keterangan, “Ular itu masuk ke dalam telinga”.

Video tersebut telah ditonton lebih dari 87.999 kali dan disukai sekitar 100 orang. Orang yang melihat video tersebut lantas terkejut selakigus ketakutan saat melihat klip tersebut dan memposting responnya dalam beberapa komentar mereka di laman Facebook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.