Sukses

5 Potret Penampakan Jalan Layang Bangkok yang Ambruk Tewaskan 2 Orang

Sebuah video yang dirilis hari Senin oleh Departemen Pencegahan Bencana Thailand menunjukkan jalan layang di Bangkok itu tiba-tiba runtuh, menimbulkan awan debu, sementara video selanjutnya menunjukkan kehancuran yang tersisa setelah insiden tersebut.

Liputan6.com, Bangkok - Jalan layang yang sedang dibangun di Bangkok, Thailand dilaporkan ambruk. Dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

"Orang kedua telah dipastikan tewas dan 12 lainnya luka-luka akibat runtuhnya jembatan jalan raya yang sedang dibangun di Bangkok," kata pejabat Thailand Selasa (11/7/2023) seperti dikutip dari AFP.

Laporan media itu menyebut runtuhnya sistem balok yang mendukung pekerjaan di jembatan yang ditinggikan pada Senin 10 Juli malam membuat beberapa kendaraan terjebak di jalan raya yang sibuk di Distrik Lat Krabang, dekat bandara internasional Suvarnabhumi.

Sebuah video yang dirilis hari Senin oleh Departemen Pencegahan Bencana Thailand menunjukkan struktur jalan itu tiba-tiba runtuh, menimbulkan awan debu, sementara video selanjutnya menunjukkan kehancuran yang tersisa setelah insiden tersebut.

Wisanu Subsompon, wakil gubernur Bangkok, mengatakan pada konferensi pers hari Selasa bahwa kerusakan mungkin disebabkan oleh derek yang tidak seimbang. "Pekerjaan akan ditangguhkan sampai mereka memiliki rencana keselamatan," katanya.

Perbaikan jalan tersebut merupakan bagian dari proyek untuk membangun jalan layang dalam upaya meringankan lalu lintas kota yang terkenal padat.

Standar keselamatan konstruksi lemah di Thailand, di mana kecelakaan serupa biasa terjadi.

Pada 2016, setidaknya 13 orang tewas ketika sebuah bangunan yang sedang dibangun runtuh.

Kecelakaan itu memicu protes dari serikat pekerja, yang mengecam tidak memadainya standar keselamatan dan rendahnya upah yang dibayarkan kepada pekerja di lokasi konstruksi.

Berikut ini lima potret penampakan jembatan ambruk Bangkok tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Balok logam besar pada proyek pembangunan Jalan Tol Lat Krabang di sebelah timur kota ambruk ke tanah pada Senin sore, membuat pejalan kaki dan pengemudi terjebak.

Sebelumnya, jumlah korban tewas dilaporkan satu orang, setelah balok konstruksi besar di atas jalan yang sibuk runtuh di ibu kota Thailand, Bangkok, kata polisi Senin (10 Juli). Video insiden tersebut dengan cepat dibagikan secara online.

Dalam sebuah video yang dibagikan oleh Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana negara itu, platform logam yang sangat besar - terhubung ke bagian jalan raya yang belum selesai - bergoyang dan kemudian jatuh ke tanah.

Setidaknya satu orang tewas dengan sebanyak delapan orang terluka, kata polisi di awal laporan.

 

 

3 dari 5 halaman

2. Penyebab ambruknya belum diketahui.

"Kami belum tahu apa yang menyebabkan kecelakaan itu," kata Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt kepada wartawan Senin malam di tempat kejadian.

"Kami belum mendapat info tentang orang hilang," katanya, menambahkan bahwa empat dari mereka yang terluka dalam kondisi serius.

Chadchart mengatakan penyelamat akan menunggu para insinyur menganalisis keruntuhan sebelum memulai operasi.

"Kami mengutamakan keselamatan dulu. Kami akan mulai melakukan pencarian secara hati-hati," katanya.

4 dari 5 halaman

3. Orang-Orang terkejut.

Sebuah klip yang dibagikan secara online oleh seorang pekerja penyelamat menunjukkan akibat dari keruntuhan, dengan sirene yang meraung saat penduduk yang terkejut dan orang-orang di sekitar mengamati kerusakan tersebut.

Gelagar yang rusak - dan sebagian besar jalan raya yang sedang dibangun juga runtuh - terlihat menghalangi jalan.

Petugas penyelamat mengerumuni puing-puing, dengan van dan mobil yang hancur terlihat. Saat malam tiba, tim penyelamat masih terlihat di antara puing-puing.

 

5 dari 5 halaman

4. Hasil investigasi awal

Menurut laporan Bangkok Post, ruas sepanjang 500 meter yang ambruk tersebut merupakan bagian dari proyek jalan layang Onnut-Lat Krabang sepanjang 2,2 kilometer yang dipesan oleh Administrasi Metropolitan Bangkok.

Investigasi awal menemukan bahwa derek yang mengangkat segmen jalan beton empat jalur terbalik, menyebabkan bagian tersebut meluncur dengan cepat ke tanah.

Segmen itu menghancurkan kendaraan di jalan di bawahnya, sementara beberapa struktur baja juga menghantam bangunan komersial pinggir jalan. Dua korban tewas seketika di dalam kendaraannya.

Ruas Jalan Luang Phaeng ditutup untuk lalu lintas, sementara kecelakaan itu juga menyebabkan pemadaman listrik di wilayah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini