Sukses

Putri Ariani dan Musisi Ashley Campbell Meriahkan Perayaan 247 Tahun Kemerdekaan AS, Tema Koboi Jadi Simbol Keberagaman

Kedubes Amerika Serikat di Indonesia menggelar perayaan Hari Kemerdekaan AS, ada Putri Ariani yang memimpin lagu kebangsaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar acara perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh pada 4 Juli. Perayaan di Jakarta dihelat tahun ini lebih awal.

Acara perayaan di kediaman duta besar AS di Jakarta itu diselenggarakan pada Selasa (27/6/2023) malam.

Dalam perayaan kali ini, Putri Ariani, peraih golden buzzer dalam ajang pencarian bakat America's Got Talent didapuk untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Sementara penyanyi country Ashley Campbell yang datang langsung dari AS bersanding di atas panggung membawakan lagu kebangsaan negaranya.

Putri menjadi salah satu tamu spesial lantaran merupakan peserta dari Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang pencarian bakat AS, menjadi salah satu bukti eratnya hubungan Indonesia-AS.

"Malam ini menjadi istimewa dengan penampilan Putri Ariani," ucap Sung Y. Kim, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

"Ia (Putri) memiliki bakat luar biasa, saya doakan yang terbaik untuk Putri Ariani agar maju ke babak berikutnya di America's Got Talent," tambahnya.

Dubes Kim menyambut hangat para tamu undangannya, mulai dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, ASEAN Deputy Secretary-General Michael Tene, Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham, juga jajaran diplomat, pemerintah, media, dan lain-lain.

Dengan mengusung tema "Red, White, and Bluegrass: Celebrating The 247th Year Of American Independence and Our Culture Diversity", Kim menyebutkan acara ini ingin menonjolkan keberagaman.

"Tujuan kita menyoroti kemitraan yang kuat antar dua negara," ucap Kim, "Untuk menyoroti kemitraan tersebut, kita ingin menunjukkan keberagaman."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rayakan Keberagaman dan Kemitraan

Melalui acara tersebut, tak hanya untuk merayakan kemerdekaan, Kedubes AS juga ingin menselebrasikan keberagaman dan toleransi.

"Persatuan dan keragaman kita bersama adalah salah satu kekuatan terbesar," ucap Kim dalam sambutannya.

Selain itu, acara tersebut juga untuk merayakan hubungan erat antara Indonesia dan AS, "Malam ini, kami juga merayakan kemitraan spesial kami dengan Indonesia," kata Kim.

"Sangat banyak yang perlu dirayakan," tambah Kim, mengingat banyaknya kerja sama dengan AS dalam berbagai bidang.

Kim juga mengatakan bahwa kemitraan ini mendorong kemakmuran bagi kedua negara, "Kami memajukan pertumbuhan ekonomi inklusif dan perlindungan lingkungan."

Menurutnya, bermitra dengan Indonesia membawa banyak keuntungan untuk masa depan warga Amerika yang lebih cerah. Kim juga merasa masih banyak potensi besar yang bisa dikembangkan.

"Kami telah mengintensifkan kerja sama kami di bidang-bidang strategis, seperti operasi maritim, pertahanan, perubahan iklim, ekonomi berkelanjutan, infrastruktur hijau, energi, inovasi, dan teknologi," ucap Menko Luhut.

"Sangatlah penting memperkuat ikatan kita," tegas Luhut.

 

3 dari 3 halaman

Musisi Amerika Nyanyi Diiringi Angklung

Selain Putri Ariani, musisi country asal Amerika, Ashley Campbell juga turut diundang untuk meriahkan acara.

"Sangat terhormat dapat menjadi bagian dalam perayaan hari ini," ucap Ashley.

Kedatangan Ashley, yang merupakan penyanyi lagu country (musik Amerika), semakin menonjolkan budaya Amerika yang diperkenalkan dalam acara tersebut.

Uniknya, penampilan Ashley kali ini diiringi dengan instrumen angklung yang merupakan alat musik tradisional Indonesia. Ini menonjolkan toleransi dan keberagaman budaya antar dua negara, Indonesia dan AS.

"Mencerminkan kebudayaan untuk kebersamaan yang menyenangkan dalam suara," kata putri dari Glen Campbell, legenda musik country tersebut.

Tak hanya menghadirkan dua musisi dari kedua negara dengan keunikan dan kekhasannya masing-masing, tamu undangan juga diberikan topi dan scarf ala koboi yang cerminkan kekhasan budaya Amerika.

Budaya country dan koboi umumnya menjadi salah satu lambang dan ciri khas yang terkenal tentang Amerika. Ini berasal dari suku Indian, penduduk asli Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini