Sukses

Apa Arti Apobangpo? Istilah yang Viral dari Jungkook BTS untuk ARMY

Kata Apobangpo diserukan oleh para ARMY dan para member BTS untuk menyemangati satu sama lain.

Liputan6.com, Seoul - Para fans grup Kpop BTS atau yang memiliki sebutan ARMY tentu tak asing lagi dengan istilah Apobangpo. 

Apobangpo dipopulerkan oleh Jungkook dalam pertemuan santai dengan para ARMY pada tahun 2019. 

Dilansir dari web USBTSArmy, Selasa (13/6/2023), ini merupakan istilah yang sering diucapkan ARMY dan para member BTS, yang merupakan singkatan kata dari bahasa Korea Selatan. Apobangpo memiliki arti ARMY Forever Bangtan Forever (AFBF). 

Huruf A dalam Apobangpo merupakan suku kata pertama untuk ARMY dalam tulisan Hangul. Sedangkan Po merupakan suku kata pertama dari kata forever

Kemudian, Bang atau Bangtan dalam Apobangpo merupakan bahasa Kora untuk BTS yaitu Bangtan Seonyeondan. 

Kata Apobangpo diserukan oleh para ARMY dan para member BTS untuk menyemangati satu sama lain. 

Misalnya saja pada saat BTS Festa atau perayaan ulang tahun ke-9 BTS pada tahun 2022. Saat itu, Jungkook akan bersulang dengan keenam member lainnya. Kemudian di akhir kalimatnya, ia menyebut "Apobangpo". 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istilah Lainnya

Selain Apobangpo, istilah lain yang juga sangat familiar bagi para ARMY adalah Borahae (보라해) yang memiliki arti "I Purple You".

Istilah ini dipopulerkan oleh V BTS, yang kerap diucapkan oleh para member dan BTS kepada satu sama lain untuk mengungkapkan rasa sayang. 

Ungkapan Borahae pertama kali diucapkan V saat muster ketiga BTS pada November 2016 lalu. Muster sendiri merupakan pertemuan para member BTS dengan para ARMY setiap tahun.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini