Sukses

Operasi Menggunakan Robot, Anak Ini Lahir dari Rahim Transplantasi

Tim peneliti terkemuka dunia di University of Gothenburg, Swedia, mengoperasi dua wanita sepenuhnya melalui operasi lubang kunci dengan bantuan robot tanpa tahap operasi terbuka.

Liputan6.com, Goteborg - Melahirkan anak dari hasil donor sperma sudah merupakan aksi medis yang sering dilakukan. Berbeda dengan metode melahirkan yang satu ini.

Melansir dari media Mirror, Sabtu (10/6/2023) seorang anak lahir dari rahim yang ditransplantasikan, yang diangkat dan ditanamkan menggunakan operasi robot.

Anak laki-laki itu, dengan berat sekitar tiga kg, lahir dengan operasi caesar terencana dua minggu lebih awal. Dikabarkan bahwa kedua ibu anak dan pendonor organ, yang merupakan kerabat, baik-baik saja.

Tim peneliti terkemuka dunia di University of Gothenburg, Swedia, mengoperasi kedua wanita tersebut sepenuhnya melalui operasi lubang kunci dengan bantuan robot, yang berarti operasi tanpa harus membuat sayatan besar di kulit.

Pendonor melepaskan rahimnya dan diangkat melalui vagina, sementara organ tersebut dimasukkan ke dalam panggul penerima melalui sayatan kecil sebelum ditempelkan ke vagina dan jaringan di sekitarnya.

Transplantasi rahim ini terjadi pada Oktober 2021 di Rumah Sakit Universitas Sahlgrenska.

Manfaat Operasi Pakai Robot

Pembedahan memakai robot itu jauh lebih tidak invasif, mengurangi risiko infeksi dan pendarahan, dan memungkinkan pasien untuk bangkit pulih kembali lebih cepat.

Ahli bedah memasukkan kamera dan lengan robot dengan instrumen bedah yang terpasang, melalui lubang masuk kecil di perut bagian bawah.

Mereka kemudian mengarahkan lengan robot melalui alat yang menyerupai joystick di konsol, di mana mereka dapat secara bersamaan melihat gambar 3D seluler dan beroperasi dengan sangat presisi.

Pernilla Dahm-Kähler, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Akademi Sahlgrenska, Universitas Gothenburg, adalah ahli bedah utama dalam operasi rumit pada penerima.

Dia berkata, “Dengan operasi lubang kunci yang dibantu robot, kami dapat melakukan operasi presisi yang sangat halus."

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Operasi

Pada pendonor, rahim dikeluarkan selangkah demi selangkah, didukung oleh operasi robot. Langkah terakhir melibatkan pelepasan rahim dari pembuluh darahnya dan mengeluarkannya melalui vagina dalam kantong laparoskopi.

Pada penerima, rahim dimasukkan ke dalam panggul wanita melalui sayatan kecil. Pertama menjahitnya dengan pembuluh darah, dan kemudian menjahitnya ke vagina dan jaringan pendukung semuanya.

Sepuluh bulan kemudian, embrio yang dibuat oleh IVF sebelum transplantasi dimasukkan ke dalam rahim yang ditransplantasikan dan beberapa minggu kemudian kehamilan diverifikasi.

Calon ibu merasa sehat selama kehamilannya, yang sekarang telah diakhiri dengan operasi caesar direncanakan pada minggu ke-38, yang jatuh pada akhir Mei 2023.

 

3 dari 4 halaman

Teknik Operasi Masa Depan

Salah satu ahli bedah yang melakukan operasi pada penerima, Dr Niclas Kvarnström, mengatakan, "Dengan teknik bantuan robot, prosedur yang sebelumnya dianggap tidak mungkin dapat dilakukan dengan operasi lubang kunci standar, sekarang sudah dapat dilakukan.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari evolusi di bidang ini dengan tujuan meminimalkan trauma pada pasien yang disebabkan oleh pembedahan."

Operasi tersebut dipimpin oleh Mats Brännström, profesor kebidanan dan ginekologi di Akademi Sahlgrenska, Universitas Gothenburg, serta ginekolog dan dokter konsultan senior di Rumah Sakit Universitas.

Dia mengatakan bahwa ini adalah bayi ke-14 yang lahir dalam proyek transplantasi rahim di Akademi Sahlgrenska.

"Proyek penelitian terus mengevaluasi banyak variabel pada donor, penerima, dan anak-anak setelah transplantasi rahim, menindaklanjuti operasi selama beberapa tahun sesudahnya.

Penelitian tersebut mencapai pucaknya di tahun 2014, ketika kelahiran pertama di dunia terjadi setelah transplantasi rahim.

4 dari 4 halaman

50 Bayi Telah Dilahirkan

Secara keseluruhan, delapan kelahiran terjadi dalam proyek penelitian yang sama, sebelum siapa pun di luar Swedia berhasil melahirkan bayi setelah menerima transplantasi rahim.

Kelompok riset telah membagikan metode dan teknik ini melalui pemberian pengetahuan langsung ke beberapa pusat di seluruh dunia.

Sekarang, diperkirakan sudah ada 90 transplantasi rahim yang telah dilakukan di seluruh dunia, dan sekitar 50 bayi telah lahir sebagai hasilnya.

"Teknik ini memberikan akses yang sangat baik untuk operasi jauh ke dalam panggul. Ini adalah operasi masa depan, dan kami bangga dan senang dapat mengembangkan transplantasi rahim ke tingkat teknis invasif minimal ini," kata Pernilla Dahm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini