Sukses

Kunjungi Lokasi Kecelakaan Kereta yang Tewaskan 288 Orang, PM India: Pelaku Akan Dihukum Berat

Orang-orang yang dinyatakan bersalah atas kecelakaan kereta api yang mematikan di India timur akan "dihukum dengan berat", kata Perdana Menteri negara itu Narendra Modi.

Liputan6.com, Odisha - Orang-orang yang dinyatakan bersalah atas kecelakaan kereta api yang mematikan di India timur akan "dihukum dengan berat", kata Perdana Menteri Narendra Modi.

Setidaknya 288 orang tewas dan lebih dari 800 terluka dalam insiden Jumat 2 Juni 2023 di negara bagian Odisha, yang melibatkan dua kereta penumpang dan kereta barang.

Upaya penyelamatan telah selesai, dengan para pejabat mengatakan semua penumpang yang terperangkap dan terluka telah dievakuasi.

PM India Narendra Modi telah mengunjungi tempat kejadian, menyebut insiden itu sebagai "menyakitkan".

Dia juga bertemu dengan para korban bencana di rumah sakit, dan bersumpah bahwa pemerintahnya akan memastikan perawatan bagi mereka yang terluka.

Para pelaku, kata Modi, juga akan dihukum berat --demikian seperti dikutip dari BBC (4/6/2023).

Masih belum jelas apa yang menyebabkan tabrakan multi-kereta api di distrik Balasore, yang telah digambarkan sebagai kecelakaan kereta api terburuk di India abad ini.

Penyelidikan penuh telah diluncurkan, tetapi laporan awal menunjukkan bahwa kecelakaan itu adalah hasil dari kegagalan sinyal, kata KS Anand, kepala humas South Eastern Railway.

Sekitar 2.000 penumpang diperkirakan berada di dalam dua kereta penumpang yang celaka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi dan Penyebab Kecelakaan Masih Belum Jelas

Kronologi kecelakaan masih menjadi perdebatan.

Para pejabat mengatakan beberapa gerbong dari Coromandel Express, yang melakukan perjalanan antara Kolkata (sebelumnya Kalkuta) dan Chennai (sebelumnya Madras), tergelincir sekitar pukul 19:00 (13:30 GMT) setelah menabrak kereta barang stasioner. Masih belum jelas bagaimana Express berakhir di jalur yang sama dengan kereta barang.

Beberapa gerbong Coromandel Express kemudian berakhir di jalur yang berlawanan. Kereta lain yang melaju ke arah yang berlawanan - Howrah Superfast Express yang melakukan perjalanan dari Yesvantpur ke Howrah - bertabrakan dengan gerbong yang tergelincir.

"Coromandel Express seharusnya melakukan perjalanan di jalur utama, tetapi sinyal diberikan untuk jalur loop sebagai gantinya, dan kereta menabrak kereta barang yang sudah diparkir di sana," kata Anand.

"Gerbongnya kemudian jatuh ke rel di kedua sisi, menyebabkan Howrah Superfast Express tergelincir," katanya.

India memiliki salah satu jaringan kereta api terbesar di dunia dengan jutaan penumpang menggunakannya setiap hari, tetapi banyak infrastruktur kereta api perlu ditingkatkan.

Kereta api bisa menjadi sangat padat pada saat-saat tertentu, dengan semakin banyak orang bepergian selama liburan sekolah.

Bencana kereta terburuk di India terjadi pada tahun 1981, ketika sebuah kereta penumpang yang penuh sesak tertiup angin keluar dari rel dan terjun ke sungai selama topan di negara bagian Bihar, menewaskan sekitar 800 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini