Sukses

Hujan Cacing di India Seperti Konfeti, Warga Merasa Ngeri hingga Penjual Tutup Toko

Dalam klip yang difilmkan pada hari Selasa di Bihar, sebuah negara bagian India Timur yang berbatasan dengan Nepal, berjatuhan makhluk menggeliat itu, cacing putih berukuran mini dari langit seperti konfeti.

Liputan6.com, Chhapra - Hujan es atau hujan salju masih merupakan hal biasa di beberapa belahan dunia. Namun pernahkah Anda menyaksikan turunnya binatang dari langit, alias hujan binatang?

Baru-baru ini, sebuah fenomena mengerikan telah tertangkap kamera di India. Ribuan cacing putih jatuh dari langit, menutupi jalan dengan lapisan serangga yang tebal.

Dikabarkan oleh media Mirror, Jumat (26/5/2023), klip yang beredar menunjukkan makhluk menggeliat tersebut turun seperti konfeti dari langit, direkam pada hari Selasa 23 Mei di Bihar, sebuah negara bagian India Timur yang berbatasan dengan Nepal.

Banyak penduduk setempat yang langsung menutup etalase toko mereka untuk melindungi diri dari gangguan cacing mini tersebut.

Untungnya, tidak ada laporan dari media lokal yang mengindikasikan jatuhnya korban setelah kejadian tersebut. Tetapi banyak orang yang justru merasa ngeri dengan pemandangannya.

Sejauh ini juga masih belum ada laporan yang menjelaskan penyebab mereka turun dari langit atau asalnya. 

Namun, berdasarkan data yang tercatat, fenomena di India ini bukanlah yang pertama. Pada tahun 2015 di Norwegia, ribuan cacing tanah hidup, jatuh dari langit dalam sebuah fenomena langka yang melanda bagian selatan negara tersebut.

Dan itu juga sempat terjadi di China, tepatnya di Provinsi Liaoning pada bulan Maret. Video lain muncul untuk menunjukkan apa yang tampaknya seperti hujan cacing tanah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fenomena Serupa di China

Fenomena yang serupa ini pernah terjadi di China, warga diperingatkan agar membawa payung untuk melindungi diri dari makhluk-makhluk yang bergerak-gerak itu.

Video-video yang merekam kejadian itu di China sempat viral dan mendapat lebih dari 18 juta penayangan online, sebelum pemirsa bermata elang menunjukkan bahwa hujan cacing itu kemungkinan besar adalah catkin, atau paku bunga, dari pohon populer di sekitar wilayah tersebut.

NYPost melaporkan bahwa Catkins "menyerupai ulat, dan begitulah mereka sering digambarkan, sebagai struktur berlekuk-lekuk mirip cacing," menurut Claire Thomas Federici, seorang ahli botani di University of California, Riverside.

Dia melanjutkan, "Dengan demikian, Anda dapat melihat bagaimana mata yang tidak terlatih bisa menyebut ini sebagai cacing."

Kemudian pada bulan Februari, komunitas terpencil di Pedalaman Australia terkejut setelah ikan hidup berukuran kecil mulai berjatuhan dari langit.

3 dari 4 halaman

5 Fenomena Binatang Jatuh dari Langit Seperti Hujan

Kini, dapat dibilang bahwa fenomena turunnya binatang dari langit seperti hujan bukan hanya satu atau dua kali saja. Selain cacing dan ikan, berikut adalah beberapa jenis binatang lain yang sempat jatuh dari langit.

1. Hujan Iguana

2020 lalu suhu di Florida dilaporkan sedang turun, begitu juga dengan kondisi iguana yang ikut melemah.

Iguana berjatuhan dari pohon itu bagaikan hujan. Dengan badan yang membeku dan tidak bisa bergerak, iguana tersebut banyak yang jatuh dari cabang-cabang pohon dan tergeletak begitu saja di pinggir jalan atau di halaman. Telah dipastikan oleh pihak berwenang, iguana tidak ada yang mati, melainkan hanya kedinginan.

Berdasarkan laporan National Weather Service Miami (NWS), dengan suhu terendah mencapai -1 hingga 4 derajat Celcius pada Selasa malam di daerah Miami, beberapa iguana menjadi membeku sehingga gerak mereka melambat dan bahkan menjadi tidak bergerak sepenuhnya.

Melalui akun twitter resmi NWS, pihak lembaga cuaca itu menyampaikan, "Ini bukan sesuatu yang biasanya dapat kami prediksi, tetapi jangan terkejut jika Anda melihat iguana jatuh dari pohon malam ini.” 

Beberapa penduduk setempat juga ikut meramaikan Twitter dengan mengunggah foto iguana jatuh di sekitar mereka.

4 dari 4 halaman

2. Hujan Ikan

Di Tampico, Meksiko, pernah terjadi fenomena ikan jatuh dari langit saat hujan ringan melanda daerah itu. Kejadian ini tentunya membuat banyak orang-orang takjub. Demikian dikutip dari laman Oddee.com, Jumat 24 Januari 2020.

Beberapa ekor 'perenang kecil' yang jatuh dari langit tersebut membuat banyak orang penasaran. Salah satu warga Meksiko mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut melayang dan terbawa oleh angin. Pasalnya, beberapa waktu lalu wilayah Amerika Latin sempat diterjang badai besar.

Tak hanya di Meksiko, sebuah kota di Honduras, Yoro, pernah diguyur hujan ikan. Hal itu diyakini sebagai peristiwa yang sekali terjadi dalam satu abad. Orang-orang di daerah itu menyebutnya fenomena Lluvia de Peces.

Sejumlah tempat di Australia mengalami kekeringan parah, termasuk di kota Winton, negara bagian Queensland. Namun, ketika hujan akhirnya turun, ternyata tak sekedar mencurahkan air, melainkan ikan yang bermunculan bagaikan hujan.

Seorang warga bernama Tahnee Oakhill mengaku terkejut saat melihat sejumlah ikan bergeletakan di jalan depan rumahnya. Demikian dikutip dari Australian Broadcasting Company.

Di Skotlandia rupanya juga pernah terjadi hujan ikan. Awalnya, ratusan ikan kecil ditemukan berserakan di belakang salah satu rumah warga. Namun setelah hujan berhenti, banyak warga yang melaporkan bahwa terdapat banyak ikan kecil berserakan.

Untuk lanjut membaca, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini