Sukses

Wanita Ini Jadi Anak Penuh Waktu Tinggal di Rumah, Digaji Orang Tua Rp 8,5 Juta Perbulan

Keputusan seorang wanita berusia 40 tahun untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi 'anak penuh waktu' dalam pekerjaan orang tuanya sendiri telah memicu kontroversi di China.

Liputan6.com, Yunnan - Keputusan seorang wanita berusia 40 tahun untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi 'anak penuh waktu' bagi orang tuanya sendiri telah memicu kontroversi di China.

Mengutip dari odditycentral.com, Kamis, (25/5/2023), pada 2022 lalu, setelah 15 tahun bekerja di sebuah kantor berita, Nianan yang berusia 40 tahun berhenti dari pekerjaannya. 

Dia harus siap siaga hampir 24 jam sehari dan terus-menerus berada di bawah tekanan yang luar biasa. Untungnya, orang tuanya datang dengan tawaran pekerjaan yang lebih baik jika dia berhenti dari pekerjaan yang membuatnya begitu sengsara. 

"Kenapa kau tidak berhenti saja dari pekerjaanmu? Kami akan mengurusmu secara finansial," kata orang tua wanita itu, berjanji untuk membayarnya $570, (Rp8,5 juta) per bulan jika dia datang dan tinggal bersama mereka.

Tentu saja hal itu, jelas berarti tidak ada lagi biaya perumahan, dan penghematan besar-besaran untuk makanan dan berbagai barang rumah tangga, karena orang tua akan menanggung biaya tersebut. Jadi Nianan berhenti dari pekerjaannya dan menjadi 'anak penuh waktu'.

Setelah setahun bekerja dengan orang tuanya, Nianan menggambarkan profesinya sebagai profesi yang "dipenuhi dengan cinta".

Dia menghabiskan hari-harinya menemani ibu dan ayahnya ketika mereka pergi berbelanja, dia memasak makan malam bersama mereka setiap malam, mengantar mereka berkeliling ketika mereka membutuhkannya, dan bahkan memiliki satu jam untuk berdansa dengan mereka setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perencanaan Kegiatan yang Dilakukan

Nianan mengatakan bahwa dia juga bertanggung jawab untuk mengelola barang elektronik di sekitar rumah, dan merencanakan satu atau dua perjalanan keluarga setiap bulan.

Betapapun bahagianya rutinitas ini, wanita berusia 40 tahun ini mengatakan bahwa terkadang dia masih merasakan "keinginan untuk menghasilkan lebih banyak uang". Untungnya, orang tuanya tidak menentang itu, jika itu yang dia inginkan.

"Jika kamu menemukan pekerjaan yang lebih cocok, kamu bisa melakukannya," kata orang tua Nianan kepadanya. "Jika kamu tidak ingin bekerja, tinggallah di rumah dan habiskan waktu bersama kami," tambah orang tuanya kembali. 

Nianan mengatakan kepada South China Morning Post bahwa gaji bulanannya dibayarkan dari pensiun bulanan orang tuanya sekitar $15.000 (Rp224 juta).

Pengaturan yang tidak biasa ini memicu debat online yang panas di China pada pertengahan Mei ini, dengan beberapa orang mengkritik wanita berusia 40 tahun itu karena hidup dari orang tuanya, dan yang lain mengklaim bahwa itu semata-mata urusan keluarga mereka.

3 dari 3 halaman

Memicu Perdebatan Online

Kejadian ini pun banyak dikomentari oleh pengguna internet. Ada yang berkomentar, "Jelas, itu hanya mengandalkan orang tua, yang dikenal sebagai ken lao dalam Mandarin, yang diterjemahkan menjadi 'makan yang lama', namun mereka bersikeras untuk melabelinya sebagai 'anak perempuan penuh waktu'," tulis komentar netizen.

"Jika kedua orang tua dan anak-anak mereka benar-benar bahagia, mengapa tidak menerimanya? Di masa depan, angkatan kerja muda akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Jika beberapa orang menganggapnya ken lao, atau mengandalkan orang tua, mengapa tidak menukar anak-anak untuk merawat orang tua di keluarga masing-masing?" orang lain bertanya.

Budaya '996' China yang terkenal – bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam enam hari seminggu – telah menyebabkan banyak orang menderita kelelahan hingga depresi berat. Ini juga bertanggungjawab atas gerakan pemuda 'berbaring' di mana orang muda berhenti bekerja begitu saja sepenuhnya untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana dan lebih santai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini