Sukses

Ukraina Disebut Kehilangan Kontrol atas Kota Bakhmut, Medan Perang Utama dalam Perang dengan Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, pada Minggu 21 Mei 2023, mengatakan Rusia "menghancurkan segalanya" di kota Bakhmut, salah satu medan perang utama dalam perangnya dengan Rusia.

Liputan6.com, Hiroshima - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, pada Minggu 21 Mei 2023, mengatakan Rusia "menghancurkan segalanya" di kota Bakhmut, salah satu medan perang utama dalam perangnya dengan Rusia.

"Anda harus memahami bahwa tidak ada apa-apa. Mereka menghancurkan segalanya," kata Zelensky kepada wartawan di KTT G7 ketika ditanya soal situasi di Bakhmut --dikutip dari DW (21/5/2023).

Meskipun beberapa kantor berita melaporkan bahwa Zelenskyy muncul untuk mengkonfirmasi hilangnya Bakhmut selama KTT, juru bicara Zelensky mengatakan bahwa pemimpin Ukraina sebenarnya menyangkal perebutan kota tersebut.

"Presiden membantah jatuhnya Bakhmut (ke tangan Rusia)," kata sekretaris pers kepresidenan Ukraina Sergiy Nykyforov dalam sebuah posting Facebook pada hari Minggu.

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Sabtu pertama kali mengumumkan bahwa pasukannya, bersama tentara bayaran Wagner, telah menguasai kota Bakhmut.

Bakhmut, yang terletak di provinsi Donetsk Ukraina, telah menjadi tempat pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia selama berbulan-bulan. Rusia menguasai sekitar setengah dari provinsi tersebut dan mengklaim telah mencaploknya pada musim gugur 2022.

Kepala kelompok tentara bayaran Wagner , Yevgeny Prigozhin, juga melaporkan jatuhnya Bakhmut ke tangan Rusia pada hari Sabtu.

Kantor berita Rusia Interfax melaporkan hari Minggu bahwa Presiden Vladimir Putin telah memberi selamat kepada pasukan atas keberhasilannya merebut Bakhmut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertempuran Berdarah di Bakhmut

Lebih dari 70.000 orang tinggal di Bakhmut sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada awal 2022. Perjuangan untuk menguasai kota meletus Agustus lalu. Sejak itu, pasukan Rusia mengepung Bakhmut, sebuah kota di bawah kendali Kiev di dalam kawasan industri Donbas.

Pertarungan brutal untuk kota telah berkecamuk selama lebih dari 9 bulan dan berubah menjadi pertempuran sengit yang melibatkan perang parit.

Tidak ada kota lain yang dikepung selama ini dan baik Ukraina maupun Rusia sama-sama menderita kerugian besar.

Bakhmut dianggap penting secara strategis karena lokasinya di sepanjang jalan raya E40 — yang menghubungkan kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, dengan kota Rusia Rostov-on-Don.

Penangkapan Rusia atas kota tersebut akan memungkinkannya untuk pindah ke kota-kota Ukraina lebih jauh ke barat seperti Slovyansk dan Kramatorsk, pusat industri dan pusat administrasi penting di wilayah Donetsk.

Ini, pada gilirannya, akan membawa Rusia lebih dekat ke tujuannya untuk menaklukkan seluruh wilayah Donetsk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.