Sukses

Singapura dan Taiwan Dicap Negara Paling Bahagia di Asia pada 2023 Menurut PBB

Untuk negara-negara Asia, Singapura menduduki peringkat ke-25 negara paling bahagia di dunia pada 2023, diikuti oleh Uni Emirat Arab dan Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta - Singapura dan Taiwan adalah salah satu negara paling bahagia di Asia Timur, menurut Laporan Kebahagiaan Dunia 2023 yang dirilis oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Di posisi 30 besar, hanya ada dua negara Asia yang masuk yakni Singapura dan Taiwan.

Dirilis pada Senin, 1 Mei 2023, laporan tersebut disusun berdasarkan data survei global dari orang-orang di lebih dari 150 negara dan wilayah untuk mengukur kebahagiaan berdasarkan evaluasi kehidupan rata-rata selama periode tiga tahun.

Untuk itu, organisasi antar pemerintah mempertimbangkan tujuh faktor dari tahun 2020 hingga 2022, yakni produk domestik bruto (PDB) per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan menentukan pilihan hidup, kemurahan hati, persepsi korupsi, dan distopia.

Bersamaan dengan terbitnya laporan tersebut, PBB sekaligus merayakan peringatan 10 tahun Hari Kebahagiaan Internasional.

"Bahkan selama tahun-tahun yang sulit ini, emosi positif tetap dua kali lebih banyak daripada yang negatif, dan perasaan dukungan sosial yang positif dua kali lebih kuat daripada perasaan kesepian," kata John Helliwell, salah satu penulis laporan tersebut, demikian dikutip dari Nextshark, Senin (8/5/2023).

Sepuluh negara paling bahagia di dunia secara berurutan adalah Finlandia, Denmark, Islandia, Israel, Belanda, Swedia, Norwegia, Swiss, Luksemburg, dan Selandia Baru.

Sementara yang paling tidak bahagia adalah Zambia, Tanzania, Komoro, Malawi, Botswana, Republik Demokratik Kongo, Zimbabwe, Sierra Leone, Lebanon dan Afghanistan.

Finlandia mengklaim gelar tersebut untuk tahun keenam berturut-turut, sedangkan Afghanistan yang dilanda perang tetap menjadi negara paling tidak bahagia sejak 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Negara Asia Lainnya

Untuk negara-negara Asia, Singapura menduduki peringkat ke-25 untuk negara paling bahagia di dunia, diikuti oleh Uni Emirat Arab yang mendapatkan peringkat 26, kemudian Taiwan berada di peringkat ke-27.

Secara keseluruhan, Taiwan menduduki peringkat pertama di Asia Timur dan peringkat keempat di Asia, yang menyamai peringkatnya tahun lalu ketika negara itu juga menduduki peringkat keempat di Asia setelah Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Kemudian, negara-negara peringkat Asia lainnya termasuk ada Jepang di peringkat ke-47, Malaysia di peringkat ke-55, Thailand menduduki peringkat ke-60, Mongolia ke-61, China ke-64, Vietnam di posisi ke-65, Filipina di 76, Nepal di 78, Hong Kong di 82, Indonesia di 83, Laos di 89, Pakistan di 108, Myanmar di 117, Bangladesh di 118, dan India berada di 126.

Sementara itu, Amerika Serikat menduduki peringkat ke-15 sebagai negara paling bahagia di dunia untuk tahun 2023 dan Kanada menduduki dua peringkat lebih tinggi yakni ke-13.

3 dari 4 halaman

Negara Paling Damai di Dunia pada 2022

Bicara soal negara paling bahagia, bagaimana dengan negara paling damai?

Global Peace Index (GPI) atau Indeks Perdamaian Global mengeluarkan daftar negara mana saja yang paling damai pada 2022.

Diproduksi oleh Institute for Economics and Peace (IEP), GPI adalah ukuran terdepan dunia untuk perdamaian global. Laporan tersebut menyajikan analisis berbasis data yang paling komprehensif hingga saat ini tentang tren perdamaian, nilai ekonominya, dan bagaimana mengembangkan masyarakat yang damai.

Indikator-indikator tersebut nantinya digabungkan menjadi satu skor GPI.

Melansir dari Vision of Humanity, Rabu (22/3/2023), beberapa negara yang terdaftar sebagai negara terdamai di dunia pada 2022 adalah Islandia.

Islandia menjadi negara paling damai di kawasan Eropa dan juga di dunia pada GPI 2022, dengan peningkatan skor sebesar 3,4 persen.

Kemudian, Selandia Baru menjadi negara paling damai di kawasan Asia-Pasifik dan negara paling damai kedua secara keseluruhan di GPI 2022.

Mayoritas negara-negara di Eropa mengisi 10 posisi pertama untuk negara paling damai, tetapi dua di antaranya adalah dari Asia, yakni Singapura dan Jepang.

Singapura berada di posisi ke-9, sedangkan Jepand ada di peringkat ke-10.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Laos Jadi Negara Paling Menawan di Asia Tenggara Versi Forbes

Omong-omong soal negara paling damai, baru-baru ini Laos disebut sebagai negara paling menawan di Asia Tenggara dalam artikel yang dirilis Forbes pada Jumat, 31 Maret 2023.

Menurut Forbes, meskipun Laos tidak memiliki garis pantai tropis, tetapi diimbangi dengan pegunungan yang indah, sawah yang subur, dan Sungai Mekong yang menakjubkan. 

Laos turut dipuji atas serangkaian atraksi budaya yang memukau, aktivitas luar ruangan, dan pesonanya yang abadi karena sebagian besar belum tersentuh pengembangan komersial, dikutip dari The Star, Senin (3/4/2023). 

Forbes juga menyoroti Luang Prabang, kota yang terletak di utara Laos, yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995.

Luang Prabang dilabeli Forbes sebagai "permata Asia Tenggara yang diabaikan" karena warisan dan tradisinya yang kaya, termasuk upacara sedekah setiap hari di mana penduduk setempat mempersembahkan ketan, biskuit, atau kue kepada para biksu.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.