Sukses

Iran Sita Tanker Minyak Tujuan AS di Teluk Oman

Penyitaan tanker Advantage Sweet yang dikelola Turki namun dimiliki China terjadi pada Kamis (27/4).

Liputan6.com, Teheran - Komando Angkatan Laut Iran melakukan serangan dengan helikopter untuk merebut tanker minyak tujuan Amerika Serikat (AS) di Teluk Oman. Iran merilis tayangan yang menunjukkan peristiwa tersebut pada Jumat (28/4/2023).

Penyitaan tanker Advantage Sweet yang dikelola Turki namun dimiliki China terjadi pada Kamis (27/4). Iran mengklaim tanker itu disita karena menabrak kapal Iran, namun Teheran disebut tidak melampirkan bukti atas tuduhannya itu.

Rekaman yang ditayangkan oleh media Iran menunjukkan bagaimana pasukan komando turun ke geladak Advantage Sweet dengan tali dari helikopter yang melayang.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS mengatakan bahwa Advantage Sweet merupakan kapal komersial kelima yang disita oleh Iran dalam dua tahun terakhir.

"Gangguan terus menerus oleh Iran terhadap kapal dan campur tangan terhadap hak navigasi di perairan regional merupakan ancaman bagi keamanan maritim dan ekonomi global," ungkap Armada ke-5 AS seperti dilansir AP, Sabtu (29/4).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perselisihan Internasional

Manajer kapal, perusahaan Turki bernama Advantage Tankers, mengeluarkan pernyataan yang mengakui bahwa Advantage Sweet dikawal oleh Angkatan Laut Iran ke sebuah pelabuhan atas dasar perselisihan internasional.

Seluruh awak kapal yang berjumlah 24 orang merupakan warga negara India.

"Keselamatan dan kesejahteraan anggota kru kami merupakan prioritas nomor satu," sebut perusahaan itu. "Pengalaman serupa menunjukkan bahwa awak kapal yang terlibat dalam kondisi seperti itu tidak dalam bahaya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.