Sukses

Kabar FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Disorot Dunia

Kabar gagalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 ternyata mencuri perhatian dunia, sejumlah media asing mengangkat isu tersebut sebagai headline.

Liputan6.com, Jakarta - FIFA telah resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Keputusan FIFA diambil setelah bertemu Ketua PSSI Erick Thohir. 

Seperti diketahui, Erick Thohir diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan isu Piala Dunia U20 dengan FIFA.

FIFA tak bisa menerima alasan apapun agar penyelenggaraan World Cup U20 tetap di Indonesia. Sebuah pengumuman lengkap perihal pencoretan Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U20 telah ditayangkan di situs resmi FIFA dalam empat bahasa.

Kabar gagalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 ternyata mencuri perhatian dunia, sejumlah media asing mengangkat isu tersebut sebagai headline.

Media Inggris The Guardian, mengulasnya dengan artikel bertajuk "Fifa removes Indonesia as host of 2023 Under-20 World Cup amid Israel row". Sementara outlet berita dari negara yang sama, BBC, mengangkatnya dalam judul "Fifa: Indonesia stripped of right to host Under-20 World Cup".

"FIFA mencabut hak tuan rumah Piala Dunia U20 bagi Indonesia. Keputusan tersebut menyusul batalnya undian resmi turnamen yang sedianya digelar di Bali, Jumat pekan lalu. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengatakan FIFA terpaksa membatalkan pengundian setelah Gubernur Bali Wayan Koster menolak menjamu tim Israel," tulis BBC dalam pemberitaannya.

Sedangkan media Inggris lainnya, Reuters memuat kabar tersebut dalam berita "Indonesia stripped of U20 World Cup hosting rights - FIFA".

Outlet berita dari Amerika Serikat (AS), Wall Street Journal juga turut mengangkat isu yang membuat para pemain, pelatih dan pendukung U20 Indonesia kecewa, dengan "FIFA Removes Indonesia as Host of Under-20 World Cup After Calls for Israel’s Exclusion".

Media AS lainnya, Indonesia st ESPN, mengulasnya dengan ripped of hosting Under-20 World Cup by FIFA.

Seperti diketahui, Indonesia sudah berjuang habis-habisan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Namun menjelang drawing atau pengundian grup Piala Dunia U20 di Bali, muncul banyaknya penolakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sorot Tuan Rumah Pengganti

Media Timur Tengah, Al Jazeera, memuat kabar batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 dengan artikel yang diberi judul: FIFA strips Indonesia of U20 World Cup hosting rights.

"Indonesia telah dicabut haknya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola U20," tulis AL Jazeera mengutip FIFA dalam sebuah pernyataan setelah protes terhadap partisipasi Israel menyebabkan pembatalan pengundian utama turnamen tersebut.

Al Jazeera menyorot badan sepak bola dunia itu mengumumkan keputusannya pada Rabu 29 Maret 2023, setelah pertemuan dengan Presiden Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir, dan mengatakan negara tuan rumah baru akan diumumkan "sesegera mungkin" karena turnamen akan dimulai pada 20 Mei.

Media Selandia Baru nzherald.co.nz, juga tak ketinggalan menyorot kabar duka bagi dunia sepak bola Indonesia melalui artikel berjudul: "Football: Indonesia stripped of hosting under-20 World Cup by Fifa weeks before tournament."

3 dari 4 halaman

Sorotan Asia Atas Gagalnya Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Melalui artikel yang diberi tajuk "Indonesia stripped of under-20 World Cup hosting rights: FIFA", media dari Asia yakni Times of India menyorot kabar gagalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Dengan judul tak jauh berbeda, "Indonesia stripped of hosting Under-20 World Cup by FIFA", media Asia lainnya, The Manila Times turut menyorot isu tersebut.

Indonesia sudah berjuang habis-habisan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Namun menjelang drawing atau pengundian grup Piala Dunia U20 di Bali, muncul banyaknya penolakan.

FIFA pun langsung bereaksi dengan kejadian ini. Pertama, FIFA membatalkan pengundian Piala Dunia U20 di Bali yang seharusnya digelar pada 31 Maret 2023 ini.

FIFA juga menghapus berita soal lagu Piala Dunia U20 berjudul Glorious yang dinyanyikan Weird Genius dan 2 penyanyi muda Indonesia. Dua sinyal ini makin menguatkan kegagalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Meski begitu, Indonesia sempat mendapatkan harapan saat Presiden Jokowi menegaskan Piala Dunia U20 tidak ada kaitannya dengan berhentinya dukungan Indonesia kepada Palestina. Presiden Jokowi menyatakan agar isu olahraga jangan dicampuradukkan dengan politik.

4 dari 4 halaman

FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Ini Pengumuman Lengkapnya

Berikut terjemahan lengkap keputusan FIFA dalam Bahasa Indonesia, seperti dilansir situs resmi FIFA (29/3/2023):

"Usai pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan-keadaan terkini, untuk mencopot Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U20 World Cup 2023. Sosok tuan rumah baru akan diumumkan secepat mungkin dengan tanggal-tanggal turnamen saat ini masih belum berubah. Sanksi-sanksi potensial terhadap PSSI mungkin akan diputuskan di tahap nanti.

FIFA ingin menggarisbawahi bahwa meski ada keputusan ini, ia (FIFA) masih berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI dalam kerja sama erat dan dukungan pemerintah Presiden Widodo dalam proses transformasi setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota-anggota FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan dan akan menyediakan bantuan yang diperlukan kepada PSSI di bawah kepemimpinan Presiden Thohir.

Sebuah pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk diskusi selanjutnya akan dijadwalkan dalam waktu dekat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.