Sukses

Hubungan Arab Saudi dan Iran Mencair, Raja Salman Undang Presiden Ebrahim Raisi ke Riyadh

Presiden Ebrahim Raisi menyambut undangan Raja Salman dan menekankan kesiapan Iran untuk memperluas kerja sama antar kedua negara.

Liputan6.com, Teheran - Iran menyatakan bahwa Arab Saudi mengundang Presiden Ebrahim Raisi untuk melakukan kunjungan kenegaraan. Kabar itu disampaikan seorang pejabat senior Iran, Mohammad Jamshidi.

"Dalam sepucuk surat kepada Presiden Raisi, Raja Salman bin Abdulaziz menyambut baik kesepakatan antara dua negara, mengundangnya ke Riyadh & menyerukan kerja sama ekonomi/regional yang kuat. Raisi menyambut baik undangan tersebut & menegaskan kesiapan Iran memperluas kerja sama," twit Jamshidi.

Pengumuman tersebut datang setelah lebih dari seminggu kedua negara sepakat memulihkan hubungan diplomatik.

Sejauh ini, Arab Saudi belum mengonfirmasi undangan yang diklaim Jamshidi.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan bahwa kedua negara juga telah sepakat untuk menggelar pertemuan level menteri luar negeri. Terkait hal itu, tiga kemungkinan lokasi telah diusulkan. Demikian seperti dilansir BBC, Senin (20/3/2023).

Namun, Amir-Abdollahian tidak menyebutkan lokasi yang dimaksud dan kapan pertemuan itu akan berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momentum yang Serius

Peningkatan baru-baru ini dalam hubungan bilateral Arab Saudi-Iran, yang terjadi secara tak terduga setelah berhari-hari pembicaraan yang ditengahi oleh China, dinilai membangun momentum yang serius.

Keduanya tidak hanya mengumumkan akan membuka kembali kedutaan dalam waktu dua bulan, namun juga membangun hubungan perdagangan dan keamanan yang sempat terputus.

Perkembangan ini disambut dengan hati-hati oleh banyak orang, termasuk Amerika Serikat dan PBB, setelah upaya rekonsiliasi sebelumnya tidak berhasil.

Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada Januari 2016 setelah demonstran menyerbu kedutaannya di Teheran. Penyebabnya adalah Riyadh mengeksekusi ulama syiah terkemuka Sheikh Nimr al-Nimr, usai dinyatakan bersalah atas pelanggaran terkait teror.

Sejak saat itu, ketegangan antara negara sunni dan syiah itu kerap meninggi. Masing-masing menganggap satu sama lain sebagai kekuatan yang mengancam dan mengincar dominasi regional.

Arab Saudi dan Iran berada di pihak yang berseberangan dalam beberapa konflik regional, termasuk perang saudara di Suriah dan Yaman.

3 dari 3 halaman

Setelah Arab Saudi, Iran Mengincar Pemulihan Hubungan dengan Sejumlah Negara

Lebih lanjut, Menlu Amir-Abdollahian mengatakan bahwa Iran berharap pemulihan hubungan dengan Bahrain, sekutu dekat Arab Saudi yang mengikuti langkah Riyadh memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran pada tahun 2016.

"Kami berharap beberapa hambatan antara Iran dan Bahrain akan dihilangkan dan kami akan mengambil langkah dasar untuk membuka kembali kedutaan," ujar Amir-Abdollahian.

Bahrain belum menanggapi pernyataan tersebut. Namun, negara itu menyambut baik kesepakatan Iran-Arab Saudi untuk memulihkan hubungan diplomatik.

Iran dikabarkan pula telah menyatakan keinginannya untuk melanjutkan atau meningkatkan hubungan dengan rival regional Arab lainnya, termasuk Yordania dan Uni Emirat Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.