Sukses

14 Maret Hari Matematika Internasional, Ini 9 Tujuan Peringatannya, Salah Satunya Peningkatan Kualitas Hidup

Hari Matematika Internasional diperingati tiap 14 Maret. Berikut adalah sejarah di balik Hari Matematika Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - International Day of Mathematics atau Hari Matematika Internasional diperingati setiap 14 Maret. Hari itu diproklamasikan oleh UNESCO pada konferensi umum ke-40 pada 26 November 2019.

Merayakan keindahan dan relevansi matematika, Hari Matematika Internasional menyoroti peran penting yang dimainkan oleh disiplin ini dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tanggal 14 Maret dipilih sebagai tanggal Hari Matematika Internasional karena telah dirayakan di beberapa negara sebagai Pi Day atau Hari Pi. Sebab, Pi adalah konstanta matematika yang mewakili persamaan 3,14. Hari Pi pun mengambil angka dari konstanta tersebut sebagai tanggal perayaan, angka 3 menandakan bulan Maret, sedangkan angka 14 melambangkan tanggalnya. 

Melansir dari laman resmi International Day of Mathematics, Selasa (14/3/2023), perayaan pertama Hari Matematika Internasional diadakan pada 14 Maret 2020 dengan tema "Mathematics is Everywhere". Kemudian perayaan tahun kedua, tema yang diangkat adalah "Mathematics for a Better World". Sementara pada 2022, hari itu mengusung tema "Mathematics Unites".

Untuk tahun ini, Hari Matematika Internasional mengusung tema "Mathematics for Everyone". Tema itu diusulkan oleh Marco Zarco Rotairo dari Sekolah Menengah Nasional Kota Trece Martires di Indang, Cavite, Filipina.

"Saya percaya bahwa matematika harus untuk semua orang karena kita semua memiliki kemampuan matematika, tetapi hanya dengan tingkat dan tingkatan yang berbeda-beda. Juga, kita harus membiarkan semua orang menikmati keajaiban matematika. Gagasan bahwa Matematika hanya untuk yang berbakat dan jenius harus diubah," kata Marco.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Dirayakan Hari Matematika Internasional

Hari Matematika Internasional adalah kesempatan untuk merayakan peran penting yang dimainkan oleh pendidikan matematika dan matematika dalam terobosan dari segi sains dan teknologi, meningkatkan kualitas hidup, memberdayakan perempuan dan anak perempuan, dan berkontribusi pada pencapaian SDGs oleh PBB.

Beberapa misi Hari Matematika Internasional lainnya yakni:

  • Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan dan anak perempuan dalam matematika.
  • Meningkatkan pemahaman di kalangan masyarakat umum, dengan pengambil keputusan dan di sekolah tentang pentingnya matematika sebagai alat untuk pembangunan yang mengarah pada keadaan ekonomi yang lebih sejahtera.
  • Menekankan pentingnya penelitian dasar dalam ilmu matematika sebagai benih terobosan dalam teknologi dan pengelolaan masyarakat.
  • Menyoroti peran matematika dalam pengorganisasian masyarakat modern, termasuk sistem ekonomi, keuangan, kesehatan dan transportasi, telekomunikasi dalam pencarian kesejahteraan manusia.
  • Meningkatkan kesadaran akan peran matematika dalam memerangi bencana, epidemi, penyakit yang muncul, spesies invasif.
  • Menyoroti peran matematika dalam beralih ke ekonomi sirkular keberlanjutan yang sesuai dengan pelestarian keanekaragaman hayati.
  • Melengkapi masyarakat umum dan kaum muda dengan alat untuk memahami tantangan planet dan kapasitas untuk merespons sebagai warga negara yang berpengetahuan.
  • Meningkatkan jejaring dan kolaborasi internasional dalam kesadaran publik terhadap matematika.
  • Meningkatkan akses informasi, menyediakan cara sederhana untuk memberikan pilihan kepada warga negara dalam segala aspek kehidupan sehari-hari.
3 dari 4 halaman

Macam-Macam Sudut dalam Matematika

Bicara soal Hari Matematika Internasional, matematika memang mempunyai banyak rumus.

Dalam setiap pelajaran Matematika mulai dari kalangan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), murid pasti belajar tentang sudut.

Sudut adalah pengukuran relatif, antara dua garis atau sisi yang bertemu pada sebuah titik yang disebut vertex atau sudut. Dalam matematika dan geometri, sudut diukur dalam satuan derajat, yang biasanya disimbolkan dengan simbol (°).

Macam-macam sudut serta cara menghitungnya cukup mudah dilakukan, ketika Anda memahami rumus yang digunakan.

Sudut dapat didefinisikan sebagai pembagian sebuah lingkaran, menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yaitu busur. Satu putaran penuh pada sebuah lingkaran terdiri dari 360 derajat, sehingga sudut dapat diukur dalam satuan derajat antara 0 dan 360. Selain itu, sudut juga dapat diukur dalam satuan lain seperti radian atau gradien.

Macam-macam sudut yang pertama adalah sudut siku-siku, yang besarannya sama dengan 90 derajat. Bentuk sudut ini sering ditemukan dalam bentuk segitiga siku-siku, di mana sudut siku-siku terletak pada sudut yang tepat antara dua sisi segitiga. Sudut siku-siku juga sering ditemukan dalam bangun datar lainnya seperti persegi dan persegi panjang, di mana setiap sudutnya adalah sudut siku-siku.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Lowongan Pekerjaan Ini Pakai Rumus Matematika Berisi Info Nomor Telepon

Matematika pun ada yang pakai sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan.

Mendapatkan pekerjaan semakin tidak mudah. Selain persaingan yang semakin banyak, seleksi yang ketat mengharuskan para pelamar pekerjaan memenuhi kriteria. Tak heran jika melihat lowongan pekerjaan saja, perasaan bahagia seketika muncul. Pelamar pekerjaan segera menghubungi kontak penyedia lowongan pekerjaan (loker).

Namun, ada-ada saja keputusan penyedia loker. Alih-alih memberikan informasi yang jelas, sebuah penyedia lowongan pekerjaan malah "menyembunyikan" nomor telepon di dalam sebuah rumus perhitungan yang rumit. Melansir dari India Times, ternyata pemasang lowongan pekerjaan itu sedang membutuhkan guru matematika. 

"Kesempatan Kerja Dicari Guru Matematika. Telepon: (Rumus rumit matematika). Dist. Navsari, Gujarat, India. Sekolah Bhaktashram, Jalan Maneklal, Navsari - 396 445,"

Rumus rumit itu lantas dibagikan lewat media sosial Twitter di akun @hvgoenka yang segera mencuri perhatian netizen. Bagi orang yang mahir matematika saja butuh waktu untuk menyelesaikan rumus panjang nan rumit itu. Apalagi orang awam, bisa jadi langsung menyerah.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.