Sukses

Beredar Kabar 3 WNI Dapat Penghargaan dari Kepolisian Jepang Usai Selamatkan Anak Tenggelam

Beredar kabar bahwa tiga orang warga negara Indonesia (WNI) di Jepang menerima penghargaan dari kepolisian Jepang atas jasanya menyelamatkan anak yang tenggelam

Liputan6.com, Tokyo - Beredar kabar bahwa tiga orang warga negara Indonesia (WNI) di Jepang menerima penghargaan dari kepolisian Jepang atas jasanya menyelamatkan anak yang tenggelam. Hal itu pertama kali diketahui dari unggahan Twitter @Otaku Anime Indonesia.

Akun @Otaku Anime Indonesia menyebut dalam unggahan Twitter tertanggal 5 Maret 2023, "Kepolisian Jepang memberikan penghargaan kepada Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) atas aksi heroiknya menyelamatkan anak berusia 5 tahun yang tenggelam di sebuah kolam. Tiga WNI ini bernama Nazir Zanari, Adi Renaldi dan Romadi."

Disebut dalam penjelasan akun tersebut bahwa ketiga WNI bekerja di di daerah Daisen, Prefektur Tottori Jepang.

"Mereka awalnya sedang dalam perjalanan pulang di mana Adi tiba-tiba melihat sebuah objek merah yang bergerak di kolam dengan 2 anak yang berdiri di atas tanggul, Adi pun langsung menyadari jika objek tersebut adalah manusia, dengan sigap Adi, Nazir dan Romadi langsung menyelamatkan bocah tersebut," papar akun @Otaku Anime Indonesia menuturkan kronologi aksi heroik ketiga WNI.

Akun Twitter tersebut menyebut sumber pemberitaan adalah "Seputar Jepang, newseveryday, 日テレNEWS".

Situs berita Jepang NHK menyebut peristiwa heroik itu terjadi pada bulan Februari.

"Tiga pria Indonesia yang menyelamatkan seorang anak laki-laki yang tenggelam di waduk di Kota Oyama menerima surat penghargaan dari polisi. Surat penghargaan tersebut diberikan kepada tiga orang, Adi Reinaldi (27), Nazir Zanari (29), dan Romadi (32), yang datang ke Jepang dari Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan grosir sayuran di Kota Yonago."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi

Situs NHK memberitakan bahwa peristiwa itu terjadi pada 11 Februari 2023, saat ketiganya sedang mengemudi di Kuninobu, Kota Oyama.

Mereka melihat seorang anak laki-laki berusia 5 tahun tenggelam di waduk. Lalu mereka saling bantu mengangkatnya dan membawanya ke perairan dangkal. Setelah itu, anak laki-laki tersebut diangkat dari waduk bekerja sama dengan dua orang lainnya dan diantar ke rumah anak laki-laki tersebut.

Pada tanggal 1 Maret, Kantor Polisi Kotoura-Oyama memberikan surat penghargaan kepada ketiga WNI tersebut.

Kepala Polisi Tsutomu Yamamasu berkata, "Tindakan Anda telah menyelamatkan nyawa seorang anak. Terima kasih banyak."

Adi Reinaldi yang menerima surat penghargaan mengatakan, "Ketika saya menemukan bocah yang tenggelam itu, saya tidak punya pilihan selain menyelamatkannya, jadi saya berlari dan melompat ke kolam. Saya senang bisa menyelamatkan nyawanya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.