Sukses

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi pada 22-28 Februari 2023, Begini Cara Persiapannya

Cuaca ekstrem diprediksi akan melanda sebagian wilayah Indonesia pada 22-28 Februari 2023. Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca ekstrem diprediksi akan melanda sebagian wilayah Indonesia pada 22-28 Februari 2023. Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Beberapa bentuk imbauan telah dilakukan kepada masyarakat.

BMKG menjelaskan bahwa dalam 30 tahun terakhir fenomena cuaca ekstrem kerap terjadi dan melanda wilayah Indonesia.

Sebut saja Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Ada sejumlah faktor penyebab terjadinya cuaca ekstrem. Salah satunya adalah aktifnya Monsun Asia di mana adanya angin yang berhembus secara periodik dari Benua Asia menuju Benua Australia yang melewati Indonesia.

Pada situasi ini, cuaca ekstrem harus disiasati dengan persiapan agar rumah kita tetap aman. Dikutip dari laman New York Times, Senin (6/2/2023), berikut 4 tips agar rumah aman saat cuaca buruk:

1. Pastikan Pasokan Energi Ekstra Jika Terjadi Pemadaman Listrik

Siapkan senter, baterai ekstra, dan selimut ekstra, obat ekstra, persediaan P3K, dan alat pemadam api, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, sebuah badan pemerintah AS.

Selain itu, persediaan makanan yang tidak mudah busuk, seperti sereal kering, kacang-kacangan, dan protein batangan. Layanan Cuaca Nasional merekomendasikan setidaknya satu galon air per orang sehari selama tiga hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Andalkan Generator Saat Cuaca Ekstrem

Jika listrik padam, dan Anda bisa mengandalkan generator, pastikan untuk menggunakannya hanya di luar ruangan, berjarak lebih dari 20 kaki dari rumah Anda.

Sangat penting untuk memiliki monitor karbon monoksida yang berfungsi di setiap lantai rumah.

Jangan panaskan rumah Anda dengan kompor, oven, atau alat pembakar arang. Jangan pernah menjalankan mesin mobil dengan pintu garasi tertutup.

 

3 dari 4 halaman

3. Pastikan Pipa Air Tidak Tersumbat

Lindungi pipa rumah Anda, sebuah inisiatif yang didanai oleh utilitas air dan air limbah di Washington, D.C., Maryland, dan Virginia, yang merekomendasikan untuk memastikan termostat Anda disetel ke 55 derajat Fahrenheit atau lebih tinggi selama cuaca dingin.

Jika dalam kondisi tertentu dan pipa tersumbat, maka pastikan itu tidak akan terjadi sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

4. Lindungi Hewan Peliharaan

Dalam cuaca yang sangat dingin, jaga agar hewan peliharaan tetap hangat, kering, dan di dalam ruangan jika memungkinkan, dan pastikan mereka minum banyak air.

Pasalnya, dehidrasi bisa menimbulkan risiko tambahan di musim dingin. Saat Anda pergi ke luar, pastikan untuk memakai sarung tangan, yang lebih hangat dari sarung tangan, dan topi menurut Layanan Cuaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.