Sukses

Siapa Jassim Bin Hamad Al-Thani, Sheikh Qatar yang Ingin Beli Manchester United

Klub sepak bola Inggris, Manchester United hendak dijual dan telah menerima sejumlah penawaran. Sheikh Jassim adalah salah satunya.

Liputan6.com, Doha - Klub sepak bola Inggris, Manchester United hendak dijual dan telah menerima sejumlah penawaran dari pemilik baru potensial.

Glazers Family, pemilik Manchester United saat ini telah menerima setidaknya dua tawaran; dari pebisnis Inggris Sir James Ratcliffe; dan sheikh Qatar Jassim Bin Hamad Al Thani. Keduanya menjadi kandidat utama orang yang kemungkinan bisa menjadi peminang baru klub berjuluk the Red Devils itu.

Siapa Sheikh Jassim?

Sheikh Jassim Bin Hamad Al-Thani merupakan ketua salah satu bank terbesar di Qatar, demikian seperti dikutip dari Manchester World, Minggu (19/2/2023).

Nama Thani akan akrab bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia sebagai keluarga penguasa Qatar yang menjadi tuan rumah final Piala Dunia FIFA 2022 tahun lalu.

Namun, Sheikh Jassim bin Hamad mungkin kurang dikenali dan inilah semua yang perlu diketahui pendukung Manchester United tentang calon pemilik baru klub mereka:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

3 dari 4 halaman

Keluarga Emir Qatar

Jassim bin Hamad bin Khalifa Al Thani adalah kakak dari Tamim bin Hamad Al Thani, Emir Qatar dan merupakan putra ketiga Hamad bin Khalifa Al Thani mantan Emir.

Jassim adalah pewaris ayahnya, menjadi anak pertama dari istri keduanya, tetapi turun tahta dari posisinya sebagai Putra Mahkota pada tahun 2003 demi adik laki-lakinya.

Pria berusia 44 tahun itu adalah ketua Qatar Islamic Bank saat ini, salah satu bank terbesar di Qatar, dan memiliki kekayaan bersih yang dilaporkan sebesar $ 1.3 miliar USD (kira-kira antara £ 1 miliar dan £ 1.1 miliar GBP).

Dia memiliki hubungan yang mendalam dengan Inggris setelah dididik di Royal Military Academy Sandhurst and International College, Sherborne School di Dorset.

Sebagai ketua QIB, Sheikh Jassim juga merupakan presiden kehormatan Qatar National Cancer Society (QNCS), ketua komite tinggi untuk koordinasi dan tindak lanjut, ketua dewan tertinggi untuk lingkungan dan sumber daya alam dan anggota Dewan Pengawas di Qatar Foundation.

Dia menikah dengan sepupunya, Sheikha Bothaina bint Hamad Al Thani dan mereka memiliki delapan anak bersama.

Sebelum diangkat menjadi ahli waris pada 1996, Jassim adalah letnan dua di angkatan bersenjata Qatar.

Dia menggantikan kakak tirinya Mishaal bin Hamad Al Thani sebagai ahli waris tetapi turun tahta tujuh tahun kemudian ketika dia dilaporkan telah mengirim surat kepada ayahnya yang mengaku tidak pernah menginginkan posisi itu.

 

4 dari 4 halaman

Tawaran Sheikh Jassim untuk Manchester United

Sebuah pernyataan dari konsorsium Qatar Sheikh Jassim mengatakan: "Tawaran itu berencana untuk mengembalikan klub ke kejayaan sebelumnya. Tawaran itu akan sepenuhnya bebas utang melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim, yang akan berusaha berinvestasi dalam tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman penggemar, dan komunitas yang didukung klub. Visi dari tawaran ini adalah agar Manchester United terkenal karena keunggulan sepak bola, dan dianggap sebagai klub sepak bola terhebat di dunia."

Sheikh Jassim dikabarkan telah menjadi penggemar Manchester United sejak 1992, dari situlah nama Nine Two Foundation berasal.

Hal ini juga dikatakan berhubungan dengan Class of 92 yang terkenal, kelompok pemain didikan Manchester United, yang termasuk Ryan Giggs, David Beckham dan Gary Neville.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.