Sukses

Total Korban Tewas Akibat Hantaman Topan Gabrielle di Selandia Baru Jadi 9 Orang

Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat mengingat masih banyak orang yang tidak bisa dihubungi.

Liputan6.com, Wellington - Korban tewas akibat Topan Gabrielle di Selandia Baru meningkat menjadi sembilan pada Sabtu (18/2/2023), saat pembersihan berlanjut di North Island dan pihak berwenang terus bekerja untuk menemukan orang hilang.

Badai menghantam wilayah paling atas North Island pada Minggu lalu dan menyusuri pantai timur, menyebabkan kerusakan yang meluas.

Polisi pada Sabtu mengatakan mereka sedang menyelidiki kemungkinan kematian seseorang terkait topan di wilayah Hawke's Bay, sehingga jumlah korban tewas menjadi sembilan.

Mendapatkan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak juga menjadi prioritas. Angkatan Laut Selandia Baru mengatakan, sebuah kapal dengan 26 ton perbekalan sedang dalam perjalanan ke Napier di Hawke's Bay.

Sementara itu, Angkatan udara mengumumkan, helikopter yang membawa makanan dan air menuju Desa Tutira yang terisolasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bencana Terbesar bagi Selandia Baru

Perdana Menteri Chris Hipkins menegaskan, respons terhadap krisis masih berlangsung dan ada orang di seluruh North Island yang bekerja sepanjang waktu.

Hipkins menyebut Topan Gabrielle sebagai bencana alam terbesar yang melanda Selandia Baru abad ini. Dia memperingatkan bahwa jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat di tengah upaya  menjalin kontak dengan ratusan komunitas yang terputus.

"Hampir 5.000 orang pada Jumat malam terdaftar di polisi karena tidak dapat berhubungan dengan teman atau keluarga sejak topan melanda," kata pihak berwenang pada Sabtu.

Pihak berwenang lebih lanjut mengatakan, secara nasional terdapat sekitar 62.000 rumah tanpa listrik. Dari jumlah tersebut, hampir 40.000 berada di Hawke's Bay.

Laporan New Zealand Herald menyebutkan, hampir 2.000 orang berada di pusat-pusat evakuasi di Hawke's Bay, sementara kemungkinan hingga 1.000 orang di wilayah tersebut berada di luar jangkauan layanan darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.