Sukses

AS-China Diselimuti Perselisihan yang Makin Mendalam Akibat Insiden Balon Mata-Mata

Keretakan antara AS dan China kian melebar. Perselisihan keduanya semakin berisiko tinggi menyusul insiden balon mata-mata.

Liputan6.com, Beijing - Keretakan antara Amerika Serikat dan China kian melebar. Perselisihan keduanya semakin berisiko tinggi menyusul insiden balon mata-mata.

Perselisihan terbaru terjadi pada Jumat 17 Februari, dengan Presiden AS Joe Biden bersikeras dia "tidak akan meminta maaf" karena menembak jatuh balon yang diduga peralatan mata-mata China.

Beberapa jam kemudian, kementerian luar negeri China mengatakan AS "tidak dapat meminta dialog sambil memicu ketegangan."

China terus menyangkal bahwa mereka mengirim balon mata-mata, bahkan ketika AS terus mengungkapkan lebih banyak detail tentang objek itu untuk mendukung tuduhan mereka, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (18/2/2023).

Tetapi di luar perselisihan itu, cara Beijing dan Washington menanggapi satu sama lain telah diteliti dengan cermat ketika dunia bergulat dengan implikasi insiden itu terhadap keamanan nasional dan stabilitas geopolitik.

Hasil bersihnya, kata para pengamat, adalah bahwa; itu telah mengeraskan posisi - memperdalam ketidakpercayaan di antara mereka yang waspada terhadap China atau AS - dan membuatnya secara signifikan lebih sulit bagi Washington dan Beijing untuk menutup kesenjangan di antara mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Kecemasan atas Spionase China

Bagi sebagian orang, insiden itu telah meningkatkan kecemasan atas jangkauan spionase Tiongkok, ketika pemerintah berebut untuk menilai kembali apa yang mereka ketahui tentang kemampuan mata-mata Tiongkok.

Pekan ini Jepang - sekutu utama AS - mengumumkan bahwa setelah mereka menganalisis kembali kasus-kasus benda terbang tak dikenal di masa lalu, mereka "sangat mencurigai" bahwa China telah menerbangkan setidaknya tiga balon mata-mata melintasi wilayah mereka sejak 2019.

Sebuah laporan Financial Times mengutip pejabat Taiwan yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Taipei telah dimata-matai oleh puluhan balon militer China. Taiwan merupakan sekutu AS, namun terlibat dalam sengketa kedaulatan dengan China.

Kementerian pertahanan Taiwan kemudian mengklarifikasi bahwa pihaknya hanya melihat balon cuaca China --pada hari Jumat pihaknya menemukan sisa-sisa satu objek tersebut-- tetapi juga memperingatkan mereka tidak akan ragu untuk menembak jatuh benda militer yang dicurigai di wilayah udaranya.

"Untuk negara bagian lain, mereka tidak tahu harus membuat apa sebelumnya, tetapi sekarang mereka melakukannya. Jadi itu menunjukkan kesenjangan dalam pemahaman di pihak negara-negara lain, dan tidak mengherankan China telah berusaha untuk mengeksploitasi kesenjangan tersebut," kata Dr Ian Chong, analis di Carnegie China.

 

4 dari 4 halaman

Saling Merusak Rasa Saling Percaya

Beijing merusak upayanya sendiri untuk memenangkan kepercayaan dan memproyeksikan citra negara adidaya yang bertanggungjawab dengan bagaimana mereka menanggapi insiden itu, demikian menurut beberapa pengamat.

China belum membocorkan rincian yang mendukung klaimnya bahwa balon itu adalah pesawat meteorologi sipil, seperti nama perusahaan yang mengoperasikannya. "Kurangnya transparansi ini hanya menciptakan lebih banyak pertanyaan, dan telah memberi mereka yang sudah skeptis terhadap China alasan untuk menjadi lebih dari itu," kata Dr Chong.

Klaim Beijing selanjutnya bahwa AS di masa lalu telah menerbangkan lebih dari 10 balon mata-mata ke China --yang telah dibantah Washington-- juga "membingungkan", tambahnya.

"Apakah China menyarankan bahwa mengapungkan banyak balon di atas wilayah satu sama lain telah menjadi praktik yang diterima?" tanya Dr Chong, yang menunjukkan bahwa jika ini masalahnya, itu akan bertentangan dengan desakan Beijing yang telah lama dipegang tentang penghormatan terhadap kedaulatan.

Tetapi cara AS bereaksi juga telah membuat beberapa orang ketakutan, terutama mereka yang berpihak pada China.

Pekan ini, para pejabat AS mengakui bahwa tiga benda lain yang mereka tembak dari langit di Amerika Utara kemungkinan bukan pesawat mata-mata asing. Biden membela keputusan itu seperlunya untuk melindungi lalu lintas udara komersial, dan juga karena pada saat itu mereka "tidak dapat mengesampingkan risiko pengawasan fasilitas sensitif".

Victor Gao, wakil presiden lembaga think tank Center for China and Globalization yang berbasis di Beijing, menyebut penembakan itu sebagai "reaksi berlebihan" yang dapat dilihat sebagai AS "bertindak semakin histeris".

"China sangat profesional dan bertanggung jawab, menjelaskan situasinya kepada AS dan seluruh dunia dan meminta kerja sama daripada konfrontasi. Ini berbeda dengan jingoisme AS - mereka harus ingat bahwa mereka tidak menembak kerbau di Wild West, mereka menembak jatuh objek yang dimiliki China," katanya.

Dengan kedua belah pihak telah melempar tuduhan yang berlipat ganda, yang jelas adalah bahwa ledakan balon telah membuat rekonsiliasi semakin sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.