Sukses

10 Epidemi Terburuk dan Mematikan dalam Sejarah Umat Manusia, Polio hingga Virus Zika

Saat ini, kita sudah tahu rasanya mengalami pandemi COVID-19 hampir dua tahun lebih. Ternyata dahulu sudah pernah terjadi epidemi mematikan di berbagai belahan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Epidemi adalah ketika penyakit menular menyebar lebih cepat dari yang diperkirakan di lokasi geografis.

Epidemi biasanya terjadi ketika penyebab penyakit, baik itu virus maupun bakteri, tumbuh lebih kuat dan menemukan jalan ke lokasi baru, atau menemukan cara baru untuk memasuki tubuh inang.

Umumnya, para ilmuwan mampu membendung banyak epidemi, meski beberapa bisa menjadi pandemi dan tersebar lebih luas, sehingga memengaruhi sebagian besar populasi dunia, seperti pandemi COVID-19 yang masih kita alami saat ini. 

Sepanjang sejarah, beberapa kerugian dan kesulitan terbesar berasal dari epidemi. Sementara penyakit yang menyebar dengan cepat masih menjadi ancaman bagi umat manusia, dampaknya tidak lagi sama seperti dulu.

Berikut ada 10 epidemi terburuk dalam sejarah dan bagaimana pengaruhnya terhadap peradaban dan masyarakat pada saat itu, dilansir dari WorldAtlas, Minggu (12/2/2023):

1. The Black Death

The Black Death dimulai dari bakteri Yersinia pestis, dibawa dari Asia ke Eropa pada 1347 oleh tikus yang berhasil menyeberangi lautan dengan kapal dari Genoa.

Istilah Black Death secara harfiah diterjemahkan sebagai 'Kematian Hitam', dan ini mencakup tiga bentuk yakni wabah pes, yang menyerang kelenjar getah bening, wabah pneumonia paru-paru, dan wabah septikemia, yang menyerang paru-paru.

The Black Death tetap menjadi epidemi hingga tahun 1351, setelah membunuh 40 persen populasi Eropa.

Setelah itu menjadi sebuah pandemi dan kembali setiap beberapa tahun.

Sementara Gereja dan kedokteran abad ke-13 tidak dapat menemukan obatnya, eksperimen dan farmakologi praktis ikut bermain, yang mengarah ke buku dan teknologi medis baru.

Penyakit ini akhirnya mereda, berakhir karena penerapan karantina, meski meninggalkan banyak perubahan setelahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Epidemi Polio 1916

Amerika Serikat (AS) mengalami Epidemi Polio pertamanya pada 1916.

Epidemi itu menyebabkan lebih dari 6.000 kematian dan menyebabkan 27.000 orang lumpuh.

Penyakit ini pertama kali ditemukan di Pigtown, lingkungan padat penduduk di Brooklyn, New York, AS. Itu menyebar dengan cepat dan kepanikan terjadi ketika bisnis tutup dan polisi menjaga stasiun kereta api dan jalan.

Epidemi berlangsung dari Juni hingga Oktober dengan 80 persen kematian di New York adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

Infeksi usus, yang menyebar melalui kontak dengan kotoran tinja, menghancurkan neuron motorik di sistem saraf, menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Vaksin Polio akhirnya tersedia dan segera didistribusikan pada masyarakat AS pada 13 April 1955.

3. Wabah Athena

Meskipun dimulai di Etiopia, Wabah Athena menyebar dengan kapal ke Athena selama Perang Peloponnesia pada 430 SM.

Karena sebagian besar populasi berada di dalam tembok kota, penyakit ini menyebar dengan cepat, menginfeksi sekitar 75.000 hingga 100.000 orang, dan membunuh 25 persen populasi selama tiga tahun berikutnya.

Thucydides, seorang jenderal dan sejarawan Athena, meninggalkan catatan tentang gejala, masalah sosial, dan efek keseluruhan dari penyakit tersebut. Hal itu bertujuan untuk membantu generasi mendatang mengidentifikasi dan memahami gejala untuk mencegah wabah lain. Meskipun demikian, masih belum jelas apa yang melanda Athena pada tahun-tahun itu.

4. Epidemi Cacar di India

Cacar adalah salah satu penyakit paling mematikan yang dihadapi umat manusia, mengakibatkan jutaan kematian sebelum diberantas pada 1980.

Meskipun memiliki tingkat kematian 30 persen, penyakit ini secara efektif dapat dikalahkan dengan isolasi sosial dan vaksinasi.

India menyumbang 60 persen dari kasus cacar di dunia dari 1960 sampai 1970-an.

Jumlah penduduk 609 juta jiwa membuat vaksinasi massal sulit dilakukan, artinya penyakit cacar masih tetap bertahan meskipun ada kampanye imunisasi massal. Memastikan bahwa setiap orang menerima vaksinasi adalah hal yang paling penting dan penyakit itu akhirnya diberantas pada 1980-an.

3 dari 4 halaman

5. Epidemi Cocoliztli

Cocoliztli ini merupakan bahasa Nahuatl yang memiliki arti sebagai 'sampar'. 

Epidemi Cocoliztli muncul di Meksiko pada abad ke-16 selama penaklukan Eropa.

Penyakit misterius, yang ditandai dengan demam tinggi dan pendarahan yang tidak dapat dijelaskan, membunuh sekitar 45 persen populasi. Itu bisa disebabkan oleh demam berdarah atau salmonela.

Epidemi yang disebabkan oleh penjajahan, di samping perang dan kelaparan selama ini, berkontribusi pada hilangnya populasi masyarakat adat di daerah tersebut secara besar-besaran.

Salah satu kekeringan terparah dalam sejarah juga terjadi bersamaan dengan epidemi itu. Kekeringan yang parah kemungkinan membuat akses ke air minum bersih menjadi sulit, membebani sumber makanan, dan berdampak pada memasak dan sanitasi.

6. Wabah Besar London

Wabah Besar London terjadi pada 1665.

Epidemi ini juga yang terakhir dari daftar epidemi yang melanda London sejak 1449. Populasi London duduk sekitar 460.000 pada saat itu, tetapi wabah tersebut mengakibatkan kematian antara 75.000 hingga 100.000 orang.

Meskipun ada sejumlah tindakan karantina yang diterapkan, angka kematian yang meningkat menjadi 8.000 orang per minggu berarti terlalu banyak yang mati dan sekarat untuk mencegah penyebarannya.

Banyak penduduk meninggalkan kota, meninggalkan yang miskin. Pada Februari 1666, wabah telah berakhir dan London dibangun kembali, bersama dengan selokan baru dan sistem sanitasi yang lebih baik.

7. Epidemi Demam Kuning Philadelphia

Dikenal karena membawa semburat kuning pada kulit dan mata serta menyebabkan pendarahan internal, Demam Kuning menyebar ke Philadelphia pada 1793.

Meskipun Demam Kuning disebarkan oleh nyamuk, penyakit ini pernah diyakini sebagai racun, menyebar melalui udara yang buruk atau busuk.

Pada saat itu, Philadelphia memiliki populasi 45.000 jiwa, penyakit tersebut dengan cepat membunuh sekitar 5.000 orang.

Pada Oktober, 20.000 orang meninggalkan kota dan mereka tidak kembali hingga akhir November. Pada akhir November, hawa dingin membunuh populasi nyamuk kota dan penyakitnya melambat.

Pada saat itu, para dokter berjuang untuk menemukan pengobatan yang efektif karena mereka tidak mengetahui sumbernya. Pasalnya, penyebabnya baru ditemukan pada abad ke-19.

4 dari 4 halaman

8. Epidemi AIDS

AIDS pertama kali diidentifikasi di AS pada 1981 dengan kasus pertama dicatat di antara pria gay dan pengguna narkoba suntikan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menetapkan istilah untuk AIDS, acquired immune deficiency syndrome, pada 1982.

Pada 1992, AIDS menjadi pembunuh nomor satu pria berusia antara 25 hingga 44 tahun.

Histeria dan kurangnya pemahaman seputar penyakit menyebabkan tindakan diskriminasi terhadap banyak orang yang hidup dengan HIV dari 1980 hingga 2000.

Aktivis AIDS di seluruh AS berjuang keras melawan peraturan karantina, mencari lebih banyak penelitian ilmiah dan bukti untuk menyelamatkan mereka yang menderita penyakit tersebut.

Saat ini, ada 38 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan human immunodeficiency virus (HIV) atau AIDS. Jumlah infeksi menurun setiap tahun, dengan tersedianya metode perlindungan dan perawatan yang tepat.

9. Epidemi Ebola Afrika Barat

Epidemi Ebola Afrika Barat terjadi pada 2014, menginfeksi lebih dari 28.000 orang dan membunuh 11.000 orang.

Kasus awal terjadi pada Desember 2013 pada bayi laki-laki berusia 18 bulan, yang kemungkinan besar terinfeksi kelelawar.

Segalanya berkembang dengan cepat dari sana dan ada peringatan medis yang dirilis pada akhir Januari 2014, tetapi semuanya sudah terlalu jauh.

Tanpa sistem peringatan yang tepat, virus dengan cepat menyebar ke seluruh negeri. Sayangnya, praktik penguburan yang melibatkan memandikan dan menyentuh jenazah mengakibatkan penyebaran penyakit lebih lanjut.

Meskipun tidak ada obat yang terbukti menyembuhkan virus ini, pengobatan dini gejala dan rehidrasi melalui IV terbukti efektif. Selain itu, karantina dan isolasi individu yang terinfeksi memperlambat penyebaran, dan pada 2016, Afrika akhirnya bebas dari Ebola.

10. Epidemi Virus Zika

Meskipun pertama kali diidentifikasi sebagai penyakit langka dan ringan di Uganda pada 1947, virus Zika menyebar dengan cepat dan ganas melalui AS, Amerika Tengah, dan Karibia pada 2016.

Penyakit itu menyebar melalui nyamuk yang hidup di daerah tropis dan memiliki efek ringan pada mereka yang terinfeksi.

Namun, virus Zika dapat menyebabkan cacat lahir yang dapat menyebabkan apa saja mulai dari kelainan bawaan dan keterlambatan perkembangan hingga kondisi yang fatal.

Virusnya juga dapat menyebabkan sindrom Guillain-Barre pada orang dewasa, yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan otot.

Sejak Mei 2019, belum ada wabah aktif virus Zika, meski tetap disarankan agar orang hamil atau mereka yang sedang mempertimbangkan kehamilan menghindari bepergian ke negara tempat virus tersebut berada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.