Sukses

Helikopter Tabrakan di Australia, 4 Penumpang Tewas

Salah satu helikopter disebut ingin mendarat darurat ketika insiden terjadi.

Liputan6.com, Gold Coast - Insiden kecelakaan helikopter terjadi di Gold Coast, Australia pada Senin (2/1) waktu setempat. Salah satu helikopter mengalami kerusakan parah dan empat orang di dalamnya meninggal dunia. 

Foto yang beredar menunjukkan salah satu helikopter hancur total, sementara satu helikopter lagi tampak hancur di bagian depan, namun bagian tengahnya relatif aman.

Dilaporkan AP News, Selasa (3/1/2023), satu helikopter sedang berusaha lepas landas ketika kecelakaan terjadi, sementara satu lagi ingin mendarat. Lokasi tabrakan berada di pantai dekat Sea World di Gold Coast. 

Salah satu helikopter juga menampilkan tulisan Sea World. Helikopter bertulisan Sea World tersebut sedang ingin mendarat. Bagian depan helikopter hancur akibat insiden ini.

Kepolisian Gold Coast berkata para pengunjung pantai ikut berusaha menolong para korban kecelakaan helikopter tersebut. Mereka memberikan pertolongan pertama kepada korban yang terluka.

Perusahaan Sea World Helicopters menyatakan berdukacita atas insiden ini. Sea World Helicopters adalah perusahaan yang berbeda dari Sea World. Pihak perusahaan tidak mau banyak berkomentar karena investigasi masih berjalan.

Empat orang di helikopter lain dinyatakan tewas dan tiga lainnya kritis. Sementara, penumpang di helikopter yang mendarat dengan selamat juga diberikan pertolongan medis.

BBC melaporkan lima dari enam penumpang di helikopter yang selamat mengalami luka-luka ringan.

Queensland Premier Annastacia Palaszczuk said the accident was an “unthinkable tragedy.

Premier Queensland Annastacia Palaszczuk menyebut kecelakaan tersebut sebagai "tragedi yang tak terpikirkan". 

"Simpati mendalam saya kepada tiap keluarga dan semua yang terdampak kecelakaan mengerikan ini," ujar Premier Queensland.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecelakaan Tragis

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese turut berduka atas kecelakan ini. Ia menyebut insiden ini sebagai kecelakaan tragis. 

"Pikiran saya bersama mereka semua yang terdampak, termasuk para responder partama, dan simpati mendalam saya bagi mereka yang berduka," ujarnya seperti dikutip BBC.

Biro Transportasi Australia menyebut kecelakaan terjadi pada pukul 14.00 waktu setempat. Pihak biro ikut terlibat dalam investigasi. 

Helikopter yang mendarat disebut berusaha melakukan pendaratan darurat ketika insiden terjadi.

Sementara, Sea World berkata memang ada fasilitas naik helikopter yang mereka tawarkan. Village Roadshow Theme Parks selaku pemikir resor menjelaskan bahwa tur helikopter itu dioperasikan oleh perusahaan terpisah. 

Lokasi kecelakaan di pantai membuat pihak berwajib kesulitan untuk mencapai area tersebut. Para saksi mata juga ikut dimintai keterangan. 

Ketika kecelakaan terjadi, Gold Coast sedang berada di musim puncak kedatangan turis. Banyak anak-anak yang datang karena sedang libur musim panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.