Sukses

6 Negara Bagian di Malaysia Diprediksi Bakal Dilanda Banjir Bandang

Sejumlah negara bagian di Malaysia diprediksi akan mengalami banjir bandang.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Banjir bandang dapat melanda Johor, Pahang, Perak, Selangor, Terengganu, dan Sabah dalam waktu 24 jam jika terjadi hujan lebat atau badai petir yang signifikan, kata otoritas prakiraan banjir Malaysia, Kamis (22 Desember).

Dilansir Channel News Asia, Kamis (22/12/2022), Pusat Prakiraan dan Peringatan Banjir Nasional (PRABN) Departemen Drainase dan Pengairan (DID) mengatakan dalam surat pemberitahuan yang dikeluarkan pada pukul 7 pagi bahwa warga, terutama yang berada di daerah berisiko tinggi, harus mengikuti instruksi dari pihak berwenang atau lembaga penanggulangan bencana.

Hujan muson yang saat ini mempengaruhi Terengganu dan Kelantan bergeser ke arah Johor, dan penduduk di negara bagian bersiap menghadapi banjir, situs berita Malaysia The Star melaporkan.

Jumlah korban banjir di posko-posko di Terengganu dan Kelantan merupakan yang tertinggi.

Di Terengganu, Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Negara mengatakan, jumlah korban banjir terus bertambah dari 36.009 orang pada tengah malam menjadi 36.231 orang pada pagi ini. Jumlahnya menurun di Kelantan, tetapi tetap di atas 30.000 orang. 

Ada kurang dari 50 korban di tiga negara bagian lain, yaitu Johor, Pahang dan Perak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban Banjir

Setidaknya lima orang telah tewas di Malaysia setelah banjir yang dipicu musim hujan menggenangi bagian utara negara itu, kata pejabat layanan darurat.

Media lokal melaporkan bahwa empat orang tewas di Kelantan ketika tiga saudara perempuan tersengat listrik saat mengarungi banjir dan seorang bocah laki-laki berusia 15 bulan tenggelam.

Korban kelima adalah seorang gadis berusia dua tahun yang terbawa arus kuat di Terengganu pada hari Minggu.

3 dari 4 halaman

Perkiraan Hujan Terus Menerus

Departemen meteorologi Malaysia memperkirakan hujan terus menerus hingga Kamis di beberapa negara bagian, termasuk Terengganu.

Banjir bandang pada hari Kamis dapat melanda wilayah-wilayah berikut di Johor: Kota Tinggi, sekitar Sedili Kechil dan Ulu sungai Sedili Besar, Muar (Bandar, Bandar Maharani dan Jalan Bakri), serta Mersing (Bandar Padang Endau).

Di Pahang berdampak pada tiga kecamatan, yaitu Kuantan di Bandar Kuantan, Hulu Kuantan, Kuala Kuantan, Pulau Manis dan Sungai Karang, Maran (Pekan) dan Pekan (Bebar, Pekan andan Langgar).

Sementara di Perak diperkirakan akan terkena dampak dua kabupaten yaitu Bagan Datuk (Pekan Simpang Empat) dan Hilir Perak (Durian Sebatang), sedangkan di Selangor melibatkan wilayah Klang.

Untuk Terengganu berada di Marang (Bukit Payung) dan Kuala Terengganu (Batu Buruk, Chendering dan Kuala Terengganu), sedangkan di Sabah berada di Tuaran (Kampung Berungis dan Pekan Tenghilan).

4 dari 4 halaman

Kunjungan PM Baru Malaysia

Perdana Menteri Malaysia yang baru terpilih Anwar Ibrahim mengunjungi daerah yang terkena dampak dan sebuah sekolah yang digunakan sebagai pusat evakuasi di Kelantan pada hari Rabu.

Anwar, yang juga menteri keuangan, mengatakan di parlemen pada Selasa bahwa pemerintah awalnya mengalokasikan RM400 juta (Rp 6,2T) kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menangani keadaan darurat.

Banjir merupakan fenomena tahunan di Malaysia akibat musim timur laut yang membawa hujan lebat dari November hingga Maret.

Pada bulan yang sama tahun lalu, negara itu dilanda banjir terparah dalam sejarah ketika lebih dari 50 orang tewas dan ribuan lainnya mengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.