Sukses

Aturan COVID-19 Dilonggarkan, Warga China Justru Lakukan Panic Buying

Warga China melakukan panic buying ketika aturan COVID-19 dilonggarkan.

Liputan6.com, Beijing - China menghadapi masalah penimbunan bahan makanan setelah melonggarkan kebijakan Covid-19 yang paling parah minggu lalu.

Dilansir BBC, Kamis (15/12/2022), orang-orang bergegas membeli ibuprofen, obat flu, dan alat uji Covid di tengah laporan kekurangan persediaan.

Produk untuk pengobatan rumahan sekarang sebagian besar tidak tersedia secara online, termasuk lemon dan buah persik kalengan yang kaya vitamin C, dan air elektrolisis.

Penimbunan telah menjadi masalah global yang umum, tetapi ini mungkin contoh pertama setelah lockdown dilonggarkan.

Di China, seperti di tempat lain di dunia, sudah umum melihat orang-orang berbagi foto toko bahan makanan kosong secara online di kota-kota besar menjelang perintah "tetap di rumah" yang ketat diberlakukan. Tetapi sekarang negara itu telah melonggarkan aturan pelacakan, dan telah memungkinkan orang untuk mengisolasi diri di rumah dan menguji sendiri, orang-orang tampaknya panik membeli obat-obatan untuk mengantisipasi gelombang musim dingin. 

Pemerintah daerah telah didesak untuk meningkatkan unit ICU mereka dan membuka klinik demam pada akhir bulan "untuk persiapan menghadapi gelombang infeksi" .

Dan sudah ada tanda-tanda bahwa sistem kesehatan dengan cepat kewalahan. Video telah beredar minggu ini tentang pasien yang dipasangi infus dari mobil mereka "karena klinik penuh".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Kebutuhan Medis Meningkat

China Daily melaporkan tentang bagaimana terjadi "pertumbuhan permintaan yang eksplosif" untuk obat pereda nyeri, vitamin, dan obat flu.

Beberapa gerai telah membagikan foto lorong apotek yang kosong, dan media telah memuat cerita sepanjang minggu tentang bagaimana lini produksi di perusahaan farmasi sekarang bekerja "dengan kapasitas penuh" untuk menghadapi lonjakan permintaan.

Surat kabar China Daily mencatat bahwa pembelian panik telah begitu marak sehingga pemerintah di kota Guangzhou menyerukan "pembelian yang masuk akal".

"Tidak perlu menimbunnya dalam jumlah besar," katanya dalam sebuah pernyataan. 

Guangzhou adalah kota yang mengalami jumlah kasus virus tertinggi dalam beberapa pekan terakhir. 

Minggu lalu, surat kabar Global Times juga mengamati bahwa omzet alat deteksi Covid-19 telah meningkat lebih dari 300% sejalan dengan kebijakan baru China yang melonggarkan Covid. Dikatakan bahwa alat pengujian dengan cepat kehabisan stok di platform terkemuka seperti JD Health.

3 dari 4 halaman

Permintaan Vitamin C Meroket

Situs berita The Paper menambahkan bahwa "permintaan konsumen akan vitamin C meroket" .

Ini melaporkan bahwa lemon telah terjual habis di beberapa platform perbelanjaan, serta "teh rasa lemon, permen rasa lemon, dan air soda rasa lemon".

China Daily mengamati tren serupa dengan buah persik kalengan. Tercatat bahwa karena produknya "kaya akan vitamin C" dan "memiliki umur simpan yang lebih lama", mereka telah menjadi produk yang didambakan baik secara online maupun offline.

"Pada beberapa platform belanja online, permintaan buah persik kuning kalengan meningkat sangat tajam sehingga sering diberi label 'kehabisan stok'," kata surat kabar itu. 

Sina News mengatakan bahwa rumor telah menyebar secara online bahwa mereka dapat "meredakan gejala" Covid-19.

4 dari 4 halaman

Membeli Obat Tanpa Kira-Kira

Dokter, bagaimanapun, membantah hal ini, dengan beberapa muncul di CCTV penyiar terkemuka yang memperingatkan orang -orang untuk tidak mengonsumsi vitamin C "berlebihan".

Beberapa bahkan memperingatkan bahwa makan buah persik secara berlebihan dapat "memperparah batuk" . 

Terapi lain juga dengan cepat diperkirakan akan mengikuti penjualan online.

Pear Video mengamati lonjakan orang yang bergegas membeli air elektrolit , setelah dipasarkan sebagai "membantu hidrasi setelah berkeringat atau demam".

The Global Times juga menambahkan bahwa desas-desus telah beredar secara online bahwa "minum alkohol dalam jumlah tinggi", dapat "mencegah" atau "membunuh virus" dan telah memperingatkan orang-orang bahwa hanya ada bahaya kesehatan jika melakukannya.

Makalah dipenuhi dengan peringatan dari dokter saat ini terhadap orang yang "secara membabi buta" membeli obat, mencampur obat, atau mengonsumsi lebih dari yang diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.