Sukses

Panglima TNI Raih Penghargaan dari Australia, Apresiasi Peran Kerja Sama Militer Kedua Negara

Liputan6.com, Jakarta - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal Andika Perkasa, dianugerahi salah satu penghargaan tertinggi Australia.

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, menerima penghargaan sebagai perwira kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), sebagai pengakuan atas perannya dalam membangun kerja sama antara tentara Australia dan Indonesia.

Upacara penyerahan penghargaan kepada panglima TNI tersebut diselenggarakan di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams mengatakan bahwa, penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi atas pencapaian karir Jenderal Andika, terutama komitmennya dalam meningkatkan kerja sama antara kedua Angkatan Darat saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

"Upaya Jenderal Andika dalam memperkuat hubungan pertahanan antara Angkatan Darat Australia dan Indonesia telah meningkatkan kemampuan Australia dan Indonesia untuk bekerja sama dalam mendukung tujuan keamanan bersama kita," kata Dubes Williams seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya.

"Jenderal Andika telah menjalankan peran penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan profesional antara militer kita di semua tingkatan," tambah Dubes Williams.

"Bertepatan dengan perayaan ke-11 Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (Ikahan), JenderalAndika merupakan contoh sosok yang luar biasa dalam pentingnya menjalin hubungan antar wargadari kedua negara," kata Dubes Williams.

Order of Australia (AO) mengakui pencapaian dan layanan yang luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Panglima TNI Andika Perkasa Raih Bintang Penghargaan dari Sultan Brunei

Sebelumnya, Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan dari Sultan Brunei.

Menurut informasi dari KBRI Bandar Seri Begawan seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Selasa (19/7/2022), penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah​ Pertama merupakan penghargaan tertinggi Kesultanan Brunei yang diberikan kepada para pemimpin Angkatan Bersenjata.

Penganugerhaan Bintang Kebesaran Negara Brunei diberikan langsung oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam rangka Hari Ulang Tahun (Keputeraan) ke-76 Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darusslam, dalam suatu upacara pada tanggal 15 Juli 2022, bertempat di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan. Hadir dalam penganugerahan adalah Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, Asintel Panglima TNI, Mayor Jenderal Andjar Wiratma.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah selain menjabat sebagai Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam, juga adalah Menteri Pertahanan dan Pemerintah Tertinggi Angkatan Bersenjata Diraja Brunei serta Menteri Luar Negeri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei.

Menurut Duta Besar RI untuk Negara Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, penganugerahan Bintang Kebesaran ini menunjukkan kuat dan eratnya hubungan RI dan Brunei Darussalam, utamanya di antara Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Pemberian Gelar terakhir sebelumnya kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP diserahkan langsung oleh Sri Baginda Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam pada saat Hari Keputeraan, 15 Juli 2018," demikian disampaikan Dubes RI bersama Duta Besar asing lainnya menyaksikan penganugerahaan bintang kehormatan kepada Panglima TNI, Panglima Angkatan Tentara Malaysia dan Panglima ABDB.

 

3 dari 4 halaman

Raih Penghargaan Nawacita Award 2022, Ini Kata Jenderal Andika Perkasa

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memperoleh penghargaan Nawacita Award 2022, yang dihelat di hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Jumat (28/10/22) lalu. Andika diberi penghargaan atas kontribusi pemikirannya di bidang Pertahanan dan Keamanan. Selain Andika, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menkopolhukam Mahfud MD juga mendapatkan penghargaan serupa.

Saat ditemui tim Media Nawacita Indonesia, Jumat (4/11/22) di ruang Subden Mabes TNI, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Andika mengaku terhormat mendapat penghargaan itu.

"Jelas saya merasa terhormat mendapat penghargaan ini. Saya sebenarnya ingin berkata kepada diri saya sendiri, apakah pantas saya menerima penghargaan ini,"kata Andika.

Menurut Andika, ia mempertanyakan kepantasannya mendapat penghargaan itu, karena selama ini ia hanya menjalankan tugas pokok sebagai Panglima TNI. Ia bahkan tidak pernah terpikir bisa mendapat penghargaan itu.

"Tapi yang jelas saya merasa tersanjung sekali tim Nawacita memberikan penilaian untuk bidang pertahanan dan keamanan. Intinya saya berusaha membuat, dari segi keamanan nasioal, bahwa negara kita harus semakin kuat, tetapi secara realistis,"ujar Andika Perkasa.

Sebelumnya, gelaran Nawacita Award 2022 sukses diselenggarakan. Dewan juri terdiri dari Ade Armando sebagai ketua, Sarman Simanjorang (Wakil Ketua Umum KADIN) dan Agustus Gea (Pengamat Hukum) sebagai anggota. Ketua Dewan Pembina Media Nawacita Indonesia, Menkumham Yasonna Laoly dan Marinus Gea yang juga pembina mengaku tidak intervensi. Ia menyerahkan penilaian sepenuhnya pada dewan juri.

Selanjutnya di sini...

4 dari 4 halaman

Andika Perkasa Terima Medali Kehormatan dari Amerika Serikat

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penganugerahan medali The Legion of Merit, degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS) yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan AS, Mark Esper. 

Medali kehormatan tersebut disematkan secara langsung oleh KSAD AS Jenderal James C McConville pada upacara resmi penyambutan di Whipple Field, Arlington, Amerika Serikat pada 30 Januari 2020.

Dalam siaran pers yang diterima, medali itu diberikan sebagai bentuk penghargaan KSAD Andika atas pengabdian yang luar biasa dan telah memperkuat hubungan Angkatan Darat Indonesia dan AS, sehingga memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan kawasan Indo-Pasifik.

Demikian pula atas inisiatif Andika Perkasa telah dimulai pertukaran latihan satuan pada November 2019 dan pengiriman satuan TNI AD yang lebih besar untuk berlatih di Joint Readiness Training Center (JRTC) Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat pada November 2020.

Pada akhirnya, upaya dan inisiatif yang dilakukan KSAD telah menjadikan hubungan kedua Angkatan Darat semakin erat, baik pada tingkat individu maupun satuan.

Untuk diketahui, medali The Legion of Merit dianugerahkan dalam empat tingkatan (degree): chief commander degree, commander degree, officer degree, dan Legionnaire degree.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS